Skip to main content

Telapak Tangan Gatal? Inilah Arti Yang Sebenarnya

Telapak Tangan Gatal? Penyakit Ini Yang Anda Alami - Pernahkah anda mengalami gatal pada telapak tangan?, atau mungkin hal ini sering sekali anda alami?, ada mitos yang mengungkapkan bahwa ketika telapak tangan gatal, ini menjadi pertanda bahwa anda menerima uang dalam waktu dekat :D. Namun tahukah anda ada penjelasan medis mengenai hal ini?,  kira-kira apa ya yang menyebabkan telapak tangan bisa gatal?. Rasa gatal pada telapak tangan bisa membuat aktivitas anda terganggu, terlebih gatal yang anda rasakan tidak kunjung hilang dalam beberapa hari.

Telapak Tangan Gatal

Berikut ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan telapak tangan gatal :

1. Reaksi alergi
Reaksi alergi ini biasanya terjadi setelah anda menyentuh atau terpapar bahan kimia tertentu. Ini disebut juga dengan dermatitis, kontak reaksi ini umumnya akan muncul setelah 48 hingga 96 jam setelah tangan terpapar bahan kimia. Beberapa alergen yang memicu timbulnya rekasi alergi ini seperti parfum sabun, sarung tangan karet, disinfektan, logam, debu atau tanah hingga air, terklorinasi.

Jika sebelumnya anda pernah mengalami telapak tangan gatal karena hal tersebut diatas, sebaiknya anda menjauhi atau menghindari penggunaan benda yang bisa memicu alergi dan menyebabkan telapak tangan menjadi gatal

Baca Juga : Cara Mengobati Bengkak Akibat Benturan

2. Gangguan syaraf
Penyebab telapak tangan gatal berikutnya adalah karena gangguan syaraf. Ganggunan syaraf akibat kondisi diabetes juga bisa memicu rasa gatal di telapak tangan. Selain itu, syndrome carpal tunnel juga bisa memicu rasa gatal tersebut. Namun hal ini ditandai dengan rasa lemas, mati rasa hingga nyeri

3. Eksim tangan
Telapak tangan gatal juga bisa disebabkan karena adanya eksim ditangan Anda.  Selain menyebabkan rasa gatal, eksim membuat telapak tangan menjadi merah, pecah-pecah, kering bahkan hingga melepuh. Seseorang yang lebih rentan mengalami eksim yaitu seseorang yang bekerja dan terpapar bahan kimia.

Telapak Tangan Gatal

4. Psoriasis
Psoriasis adalah peradangan yang terjadi dikulit dengan ciri-ciri ruam merah, kulit yang kering, bersisik, tebal, dan gampang terkelupas, serta membuat telapak tangan menjadi sangat gatal. Kondisi ini menyebabkan sel-sel kulit tumbuh tidak terkendali, sehingga kulit sulit untuk mengelupas dan terus menumpuk di permukaan. Kulit tersebut menyebabkan gatal, kemerahan, melepuh, kulit pecah, bahkan hingga sakit.

5. Alergi obat
Penyebab telapak tangan gatal yang terakhir adalah disebabkan oleh alergi terhadap obat. Mungkin ada dari anda yang alergi terhadap jenis obat tertentu. Ini juga bisa menyebabkan telapak tangan menjadi gatal, terkadang gatal pada telapak tangan anda bisa terjadi begitu saja, artinya gatal yang anda alami tidak terkait dengan kondisi kesehatan yang serius bahkan tanpa pengobatan, bisa hilang dengan sendirinya.

Namun jika gatal pada telapak tangan anda terus menerus, pastikan anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Beberapa cara yang bisa anda lakukan yaitu menjaga kelembapan tangan. Pastikan tangan anda tidak terlalu kering, Selain itu, ketika anda sering terpapar bahan kimia, anda bisa menggunakan sarung tangan.

Itulah penjelasan mengenai telapak tangan terasa gatal dan berbagai macam cara pencegahan serta pengobatannya. Semoga bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close