Skip to main content

Cara Bisnis Tanpa Modal, Untung Jutaan Rupiah!

Cara Bisnis Tanpa Modal, Untung Jutaan Rupiah! -  Jika anda bertanya bagaimana cara berbisnis online tanpa modal, maka jawabannya adalah berjualan dengan cara Dropship. Apa itu Dropship?, Dropship adalah sistem berjualan dimana Anda tidak perlu memiliki produk untuk dipasarkan, namun cukup mempromosikan lewat internet, messenger, website, ataupun social media milik Anda. Dan barang yang dipasarkan tersebut, dikirim dari supplier ke alamat si pembeli secara langsung atas nama Anda atau nama toko online Anda.

Okey, sebelum berlanjut, kita akan sedikit membahas dahulu tinjauan hukum Islam tentang metode dropship ini, mengingat ada hadits yang menyatakan bahwa tidak boleh menjual barang yang belum dimiliki. Di riwayatkan oleh Hakim bin Hizam radhiallahu‘anhu, ia berkata: “Wahai Rasulullah, seseorang datang kepadaku untuk membeli suatu barang, kebetulan barang tersebut sedang tidak kumiliki, apakah boleh aku menjualnya kemudian aku membeli barang yang diinginkannya dari pasar?.

Maka Nabi Muhammad shalallahu‘alaihi wa sallam menjawab, “Jangan engkau jual barang yang belum engkau miliki!”. Jangan hanya sebatas memikirkan kemudahan atau besarnya keuntungan. Status halal dan haram setiap jenis usaha yang hendak kita jalankan harusnya menempati urutan pertama dari semua pertimbangan.

Cara Bisnis Tanpa Modal!

Dan untuk mengetahui status hukum halal-haram suatu perniagaan, Kita harus melihat tingkat keselarasan sistemnya dengan prinsip-prinsip dasar perniagaan dalam syariat. Bila perniagaan selaras dengan prinsip syariat, halal untuk Anda jalankan. Namun bila terbukti menyeleweng dari salah satu prinsip atau bahkan lebih, sepantasnya Anda mewaspadainya.

Berikut beberapa prinsip syariat dalam perniagaan sistem dropshipping yang perlu Anda cermati.

- Prinsip pertama : Kejujuran.
- Prinsip kedua : Jangan Menjual Barang yang tidak Anda Miliki.
- Prinsip ketiga : Hindari Riba dan Berbagai Celahnya.

Sistem dropshipping pada prakteknya bisa melanggar ketiga prinsip terebut, atau salah satunya, sehingga keluar dari aturan syariat alias haram. Seorang dropshipper bisa aja mengaku sebagai pemiliki barang atau sebagai agen. Padahal kenyataannya tidak demikian. Karena dusta, konsumen menduga ia mendapatkan barang dengan harga murah dan terbebas dari praktek percaloan, padahal kenyataannya tidak demikian.

Andai ia menyadari sedang berhadapan dengan seorang agen atau pihak kedua, bisa saja ia mengurungkan pembeliannya. Pelanggaran bisa juga berupa dropshipper menawarkan, lalu menjual barang yang belum ia terima, walaupun ia telah membelinya dari supplier. Dengan demikian, dropshipper melanggar larangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana tersebut dalam hadits di atas.

Atau bisa jadi dropshipper menentukan keuntungan melebihi yang diizinkan supplier. Jelaslah, ulah dropshipper merugikan supplier, karena barang dagangan miliknya telat laku, atau bahkan kehilangan pasar. Lantas bagaimana Solusinya?. Ada empat alternatif dalam menjalankan bisnis dropshipping ini yang kesemuanya telah dijelaskan secara mendetil oleh Dr. Muhammad Arifin Badri dalam majalah Pengusaha Muslim edisi 31.

Kesimpulan yang kita dapat dari Artikel tersebut :

Dropship itu boleh asalkan tidak melanggar syariat. kita pilih saja alternatif yang pertama yaitu : menjalin kesepakatan dengan supplier. Jadi sebelum memasarkan sebuah produk, Anda diharuskan menjalin kesepakatan dahulu dengan si suppliernya secara jelas dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Misalnya harga produk yang akan dipasarkan oleh Anda, harus disepakati oleh si supplier.

Baca Juga : Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol (100% Sukses)

Jika si supplier rela, ikhlas dan ridho bahwa produknya akan dipasarkan kembali oleh Anda dengan harga sekian, dan barang akan dikirim langsung dari si supplier ke alamat si pembeli atas nama Anda, maka itu boleh dan sesuai dengan alternatif yang pertama tadi. Itu tentang hukum jual beli online secara dropship. Selajutnya kita melangkah ke pembahasan berikutnya yaitu kelebihan dan kekurangan bisnis dropship ini.

Kelebihannya :

1. Tanpa modal besar
Ini sangat cocok buat anda yang tidak memiliki modal besar. Cukup bermodal media sosial dan tentu saja pulsa untuk mempromosikan dan menjalin komunikasi dengan calon buyer.

2. Praktis
Anda benar-benar free, karena hanya mempromosikan, lalu ketika ada buyer, tinggal menghubungi supplier, lalu ia akan mengirimkan produk tersebut ke alamat si buyer namun data pengirim adalah nama Anda. Semua proses adalah tanggung jawab supplier.

3. Dapat dikerjakan dimana saja
Cukup bermodal pulsa baik untuk telepon, sms maupun berlangganan internet, Anda bisa mengerjakannya dimana saja.

4. Tidak ada biaya operasional
Tidak seperti bisnis biasa yang butuh biaya operasional, bisnis dengan sistem dropship tidak memerlukan biaya operasional yang besar. Asyik bukan?.

Tapi dimana ada kelebihan, tentu ada kekurangannya. Apa saja kekurangannya?

1.Keuntungannya kecil
Keuntungan yang bisa diambil oleh dropshipper biasanya kecil. bisa saja si penjual menaikkan harga yang lebih tinggi tapi tentu saja itu sangat beresiko karena bisa merusak kepercayaan konsumen. Dropshipper biasanya tidak akan menetapkan harga yang jauh dari harga yang sudah ditetapkan oleh supplier.

2. Info stok barang kurang update
Data mengenai barang tentu saja paling lengkap ada di supplier, terkadang Anda lambat mengetahui update stok barang tersebut.

3. Tidak melihat langsung barang yang dijual
Menurut saya ini adalah kekurangan dropshiper yang paling utama. Dropshipper tidak bisa melihat langsung barang yang dijual. Bahkan terkadang hanya menerka-nerka saja info dari barang tersebut.

4. Beresiko terkena komplain
Karena barang yang tidak dapat dilihat langsung, maka anda beresiko terkena komplain jika barang yang dikirimkan tidak sesuai seperti yang dipromosikan.

Itu kelebihan dan kekurangan dari bisnis dropship ini, mari kita lanjutkan. Apakah diantara Anda ada yang bertanya-tanya, kenapa judul artikel ini bisnis tanpa modal tetapi tadi disebutkan membutuhkan modal?, Meskipun tidak besar. Sebenarnya, semua bisnis membutuhkan modal. Loh kenapa di judulnya bisnis tanpa modal?, Karena kebanyakan dari kita adalah ingin berbisnis tapi tidak ingin mengeluarkan modal.

Itulah sebabnya Anda tertarik untuk membaca artikel ini bukan?. Segala sesuatu itu membutuhkan modal. Hanya saja, modal itu tidak harus berupa nominal atau uang. Anda mempunyai akal, pikiran dan tubuh yang sehat pun merupakan modal yang amat sangat besar. Saya tidak punya modal untuk berbisnis, itulah sebabnya saya tertarik untuk membaca atikel ini.

Ilmu adalah sesuatu yang sangat penting dalam segala hal, termasuk berbisnis. Tanpa ilmu berbisnis, usaha Anda akan lebih sulit untuk dijalankan. Dan ketika Anda sudah memiliki ilmu tentang berbisnis ini, maka Anda sudah menghemat waktu Anda karena Anda tidak perlu mencari sendiri formula bisnis itu.

Itulah sebabnya ilmu termasuk salah satu modal dalam berbisnis disamping modal yang lainnya. Lalu apa saja modal yang harus saya keluarkan untuk memulai bisnis metode dropship ini?

1. Gadget (Handphone)
Pakailah handphone smartphone. Karena kebanyakan orang Indonesia jika ingin membeli sesuatu itu pasti tanya-tanya dulu padahal di deskripsi produk sudah dijelaskan. Oleh karena itu pakailah Smartphone karena kebanyakan calon pembeli bertanya melalui WA atau WhatsApp. Kalau Anda belum memiliki smartphone, belilah smartphone yang murah. Tidak perlu yang harganya sampai jutaan, yang penting bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan calon buyer. Jika bisnis dropship ini sudah berkembang, barulah Anda beli handphone yang agak mahalan dikit yang spek nya lebih tinggi.

2. Rekening Bank
Kalau Anda tidak punya rekening bank, bagaimana Anda bisa menerima pembayaran dari si pembeli dan bagaimana pula Anda bisa membayar si supplier?, jadi rekening bank ini wajib Anda miliki.

3. Fasilitas internet banking atau minimal SMS banking
Jika Anda sudah punya rekening di bank tetapi belum mempunyai fasilitas internet banking atau sms banking, Anda tinggal datangi saja customer service di bank tersebut kemudian Anda minta diaktifkan layanan internet banking atau sms bankingnya. Bagi yang belum punya rekening di bank, pada saat membuka rekening di bank, mintalah untuk langsung diaktifkan fasilitas internet banking atau sms bankingnya.

Ini untuk memudahkan Anda mengecek apakah transfer dari si pembeli sudah diterima atau belum. Dan juga ini untuk memudahkan Anda transfer kepada si supplier tanpa harus bolak balik ke bank.

4. Koneksi internet
Untuk memasarkan produknya di internet, tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet. Itulah modal yang harus Anda miliki supaya bisnis metode dropship ini mudah untuk dijalankan.

Kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya yaitu bagaimana cara memulai bisnis dropship ini?

1. Cari Produk yang akan Anda jual kembali sekaligus cari suppliernya
Dimana mencarinya?, di Tokopedia. Kenapa Tokopedia?, karena banyak sekali supplier yang membuka toko online mereka di Tokopedia. Kita bisa pilih barang apapun dari supplier manapun di Tokopedia. Selain itu, kebanyakan dari mereka yang membuka toko di Tokopedia, dengan senang hati menerima para dropshipper.

Dan yang paling penting adalah belanja di Tokopedia itu aman karena menggunakan rekening bersama milik Tokopedia. Itulah sebabnya, banyak sekali dropshipper yang mengambil barang dari Tokopedia. Pertama-tama, silahkan Anda buka situs Tokopedia di www. tokopedia. com. Nah, disini ada banyak kategori yang bisa Anda pilih.

Saran saya, carilah produk untuk wanita. Kenapa?, karena wanita suka belanja. Wanita itu cenderung menggunakan emosi daripada logika. Berbanding terbalik dengan pria. Mau bukti?, silahkan buka Google Images atau pencarian gambar google dengan cara ketik “images. google. com” lalu enter. Setelah itu ketik “shopping” di kotak pencarian gambar google-nya dan tekan enter. Nah siapakah yang muncul? Pria atau wanita?.

Tetapi ada pengecualian bagi Anda, jika ingin memasarkan produk kepada kaum pria. Carilah produk yang berhubungan dengan hobi seorang pria. Atau cari produk yang bahkan seorang pria pun bisa melupakan pacarnya atau istrinya. Contohnya sepak bola. Anda bisa jual jersey bola, jaket bola, jam tangan bola, batik bola, bantal bola, korek api bola, casing hp bola, dan teman-teman bola yang lainnya.

Kita kembali ke situs Tokopedia. Disini ada beberapa kategori. Sebagai contoh, saya pilih kategori Fashion & AksesorisDisini kategori Fashion & Aksesoris juga ada beberapa kategori lagi. Saya pilih kategori Tas Pria & Wanita. Setelah itu, muncul lagi sub kategori dari Tas Pria & Wanita. Jika Anda ingin yang lebih spesifik silahkan pilih salah satu dari sub kategori tersebut.

Atau jika Anda ingin mengetahui produk-produk dari kategori Tas Pria & Wanita yang laris di Tokopedia secara umum, maka tidak usah di klik sub kategorinya. Setelah itu silahkan Anda klik Urutkan berdasarkan Penjualan. Nah, ini adalah produk-produk yang laris di tokopedia karena sudah kita urutkan berdasarkan penjualan.

Setelah itu, kita seleksi lagi dan klik tombol Gold Merchant. Toko-toko yang mempunyai label Gold Merchant ini artinya toko tersebut sudah sudah kebanjiran order karena dengan fasilitas Gold Merchant ini si pemilik toko online dapat menambahkan fitur tambah admin. Dan kenapa si pemilik toko berani bayar ke tokopedia untuk tambah admin?, sudah pasti karena dia sudah tidak bisa menghandle toko online nya sendirian karena banyaknya orderan.

Kenapa ordernya banyak? Karena produknya bagus dan diminati banyak orang. Itulah sebabnya saya menyarankan Anda untuk lebih baik memilih toko online di tokopedia yang mempunyai label Gold Merchant, singkatnya seperti itu.

Setelah itu, kita pilih salah satu produk dengan cara di klik, misalnya ini “Foldable Shopping Trolley Bag”. Dan Anda bisa lihat, produk ini telah terjual lebih dari 500 buah. Berarti produk ini laku keras.  Anda bisa memasarkannya kembali misalnya harganya menjadi 50ribu rupiah, berarti keuntungan Anda adalah sebesar Rp.12.500.

Dan untuk lebih memastikan serta lebih meyakinkan Anda, apakah produk ini laris manis di pasaran, silahkan buka Google, kemudian ketik foldable shopping trolley bag di kotak pencarian google. Nah, jika Anda menemukan iklan produk ini di google berarti produk ini adalah produk yang laris di pasaran.

Selain itu, Anda bisa lihat sendiri, produk ini juga dijual di situs2 jual beli online ternama seperti lazada, tokoone, elevania, qoo10, bukalapak, bahkan situs luar negeri juga menjualnya seperti aliexpress, alibaba, amazon, ebay. Ini menandakan bahwa produk ini adalah produk yang laris manis di pasaran.

Kita kembali lagi ke Tokopedia. Dan bisa Anda lihat, Nilai Rating dari produk ini di toko ini adalah 4.3 Sebuah nilai yang hampir mendekati sempurna yaitu bintang 5. Anda juga bisa lihat review/testimoni dari para pembeli produk ini di bawahnya. Kita lihat, di review atau testimoni ini juga ada pelaku dropship seperti yang akan Anda jalankan. No Complain artinya produk ini sudah sampai ke si pembeli dan tidak ada komplain dari si pembeli kepada si dropshipper ini.

Kemudian lihat, Thanks, dropship aman, recommended seller. Ini juga pelaku dropship dan ambil barangnya dari toko ini sebagai suppliernya. Setelah itu silahkan klik dulu nama toko online-nya. Dan kita lihat disini, DS Welcome, atau Dropship welcome. Artinya yang mau dropship dari toko ini, diperbolehkan.

Tapi sebelumnya, kita lihat dulu bahwa Toko ini terakhir login 20 jam yang lalu dan bukan masalah. Asalkan jangan login terakhir 3 hari yang lalu apalagi 1 minggu yang lalu. Dan kita bisa lihat, reputasinya Lencana Gold level 4. Reputasi yang amat sangat bagus. Di sebelah kiri, ada Catatan toko. Silahkan dibaca semuanya dan Anda akan menemukan informasi-informasi penting disana.

Kita coba klik salah satu yaitu yang WAJIB BACA. Nah disini kita mendapati ketentuan bagi Anda yang ingin menjadi dropshipper dari toko ini. Jadi Anda harus mematuhi segala aturan dan ketentuan yang diberlakukan oleh toko ini. Setelah Anda baca semua catatan toko tersebut, selanjutnya silahkan Anda kirim pesan kepada si pemilik toko untuk meminta izin menjadi dropshippernya.

2. Jika Anda kesulitan memasarkan produk-produk yang laris dikarenakan banyaknya pesaing, sebaiknya cari produk-produk yang unik atau pun produk model terbaru.

Itulah sedikit pembahasan tentang Cara Berbisnis Tanpa Modal dengan metode Dropship, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin memulai bisnis dropship.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close