MONTIRBOX.COM

TV Led Polytron mati standby

TV Led Polytron mati standby - Setelah selesai dengan servisan TV LED LG 32 inchi pagi tadi,  siang ini saya kedatangan lagi servisan TV LED Polytron 40 inchi dengan type atau model PLD 40T851 yang kondisi kerusakannya sendiri masih sama dengan TV Led LG tadi pagi yaitu standby. Memang akhir akhir ini banyak masuk servisan ke bengkel saya dengan kondisi kerusakan standby yang rata rata kena petir, karena cuaca sekarang ini yang memang lagi musim penghujan yang terkadang diikuti dengan adanya sambaran petir.

Menurut yang punya TV LED Polytron tersebut kondisinya menjadi standby di akibatkan karena terkena petir saat sedang nonton, si user tahu persis tv tersebut terkena petir karena sambaran terjadi saat tv tersebut dalam keadaan menyala.

Sebelum TV LED Polytron 40 inch ini di bawa ke bengkel service saya, menurut yang punya tv tersebut sudah pernah dibuka dan di cek oleh tukang service lain dan di vonis mainboard atau mesin nya harus diganti satu blok, menurut tuser tersebut mainboardnya sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena untuk memperbaiki tv yang terkena petir sangat sulit. Karena biayanya cukup mahal buat user itu maka tv tersebut tidak jadi diservis.

Baca Juga

TV led Polytron mati standby


Oke sobat kita lanjut, tanpa menunggu lama lagi TV langsung saya bongkar. Apa saja yang akan saya lakukan untuk memperbaiki TV LED Polytron Standby kena petir itu?.  Hal pertama yang harus saya lakukan setelah membongkar TV polytron yang rusak standby tersebut adalah kita harus mengecek semua tegangan output pada Power Supply nya.

Secara umum pada TV LED dengan merek Polytron biasanya terdapat dua tegangan utama yang men supplay pada mainboard, yaitu tegangan 12 volt dan 5 volt, saya cek tegangan tersebut baik tanpa mainboard maupun dengan mainboard yang terpasang, dan setelah saya ukur menggunakan tester ternyata semua tegangan keluar dengan normal.

Pengecekan dilanjutkan pada bagian mainboard, berhubung menurut pemiliknya, mainboard ini pernah di vonis oleh tukang service sebelumnya harus diganti satu blok, maka saya langsung mengecek kondisi dari mainboard itu, ada baiknya sebelum mengganti satu blok mesin atau mainboard, kita harus berusaha melakukan service atau perbaikan terlebih dahulu, untuk menghindari biaya yang membengkak.


Setelah dilakukan pengecekan ternyata dugaan saya benar, kemungkinan mainboard ini masih bisa di service, setelah diraba raba ternyata kondisi dari IC Program TSUMV59XES-Z1 sangat panas, pastinya IC SMD dengan type TSUMV59XES-Z1 ini sudah rusak, langsung saya cek stok untuk ic tersebut apakah masih ada atau tidak, ternyata stok masih tersedia.

Langsung saya hubungi pemiliknya untuk memberitahukan mengenai biaya servis TV tersebut, dan setelah deal dengan harganya saya pun menyalakan Hot Air dan mengganti IC Program TSUMV59XES- Z1 tersebut dengan yang baru. Setelah IC berhasil saya ganti dengan yang baru jangan lupa sebelum ke tahap pengetesan cek terlebih dahulu kaki dari IC Program tersebut, karena proses penggantian komponen IC SMD diperlukan ketelitian yang lebih.

Kaki dari komponen ini sangat kecil dan banyak, perhatikan lagi apakah ada yang belum menempel dengan baik, pastikan lagi tidak ada kaki yang short atau menyatu dengan yang lain. Jika dirasa sudah pas dan menempel dengan baik dan solderannya rapi saatnya lakukan pengetesan.

TV saya coba nyalakan dan hasilnya...Alhamdulillah... TV nya bisa menyala dengan normal, pasang antena dan lakukan pencarian saluran secara otomatis, hasilnya oke. Semua Channel ada dan suara keluar dengan normal, itu berarti saatnya untuk membungkus TV LED Polytron 40T851 tersebut dan mengirimkan kembali ke pemiliknya.

Labels: LCD LED TV

Thanks sudah membaca TV Led Polytron mati standby. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "TV Led Polytron mati standby"