MONTIRBOX.COM

Power Supply PS2 Konslet

Power supply PS2 konslet - Hari ini masuk sebuah servisan PS2 type tebal atau sering juga disebut type fat yang kondisinya menurut si empunya dalam keadaan konslet. Saya menanyakan maksudnya konslet seperti apa, dia mengatakan apabila PS2 nya mau dihidupkan atau dicolokkan ke listrik, listriknya menjadi mati atau balik amper nya.

Si user terus terang kepada saya sudah membuka sendiri PS2 nya dan ingin mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Dia bermaksud ingin mengganti langsung satu set power supply dan mencarinya ke toko toko elektronik di daerah saya tapi ternyata tidak ada yang menjual. Karena tidak ada yang jual makanya dia bermaksud ingin memperbaiki saja PS2 nya kepada saya.

Baca Juga

Power Supply PS2 Konslet


Harga power supply PS2 tebal
Sebelum memperbaiki PS2 tersebut, iseng iseng saya browsing dulu ke toko online sekedar ingin mengetahui berapa harga power supply tersebut di jual dipasaran, setelah cek sana sini ternyata harga power supply PS2 yang fat/tebal cukup bervariatif, harganya mulai dari 75 ribu hingga ada yang menjual 200 ribu tergantung dari toko online itu sendiri.

PSU PS2 TEBAL

Power supply PS2 tebal
Untuk power supply PS2 yang fat berbeda dengan PSU PS2 tipe slim. Yang tipe slim memiliki tampilan fisik lebih kecil dari yang tipe tebal. Perbedaan lainnya adalah terletak dari tegangan keluarnya. Jika power supply ps2 slim memiliki supply tegangan 7.5 volt, sedangkan PSU PS2 tebal mempunyai tegangan keluar lebih besar yaitu 12 volt.

PSU PS2 SLIM

Cara memperbaiki power supply PS2 tebal
Oke sobat, kita lanjut bagaimana cara saya memperbaiki power supply yang konslet tadi. Pertama saya cek dulu 4 buah dioda untuk pensupply tegangan 300v, setelah saya cek ternyata semua dioda tersebut kondisinya dalam keadaan baik.

Lalu saya lanjut ke pengecekan selanjutnya yaitu komponen yang dinamakan mosfet/fet. Dan ternyata komponen inilah penyebab baliknya amper atau listrik menjadi mati. Tanpa berpikir panjang lagi saya mengganti nya dengan yang baru, kebetulan untuk tipe mosfet itu saya tidak punya maka saya menggantinya dengan mosfet yang sering saya gunakan untuk perbaikan tv yaitu FS7UM atau bisa jua 7N65.

Berikutnya saya cek juga komponen komponen aktif seperti transistor, photocoupler dan lain lainnya. Ternyata saya jumpai sebuah zener dalam kondisi sudah short, zener tersebut berukuran 18v, langsung saya ganti zener tersebut.

Setelah pergantian komponen yang rusak, langsung saya test ps2 nya, tapi ternyata setelah saya cek tegangan 12v out nya turun naik atau tidak stabil. "duh apalagi nih", saya cek ulang semua komponen tapi tidak ada satupun yang bisa dicurigai.

Pandangan saya langsung tertuju pada trafo switching nya, "apa mungkin ini yang rusak ya.." pikirku. Tanpa pikir panjang lagi langsung saya mencari power supply lain yang sejenis dan mencobanya ternyata... "Got it", tegangannya langsung stabil. Saya coba pasang semua dan tes ke TV dan alhamdulillah PS2 sudah normal.

Itulah pengalaman saya memperbaiki Power supply PS2 yang konslet, semoga pembahasan yang sederhan ini bisa berguna. Terima kasih.

Komponen yang sering rusak

Labels: PS2

Thanks sudah membaca Power Supply PS2 Konslet. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Power Supply PS2 Konslet"