MONTIRBOX.COM

Cara menurunkan tegangan backlight TV Led

Cara menurunkan tegangan backlight tv led - Pusing juga menghadapi pekerjaan yang berulang ulang, sudah 3 kali TV Led LG 32LB530A ini bolak balik ke bengkel kerja saya dengan kerusakan yang sama yaitu lampu backlight nya putus lagi !, padahal lampu backlight saya ganti semua dengan yang baru. Walaupun jeda kerusakan antara kerusakan yang pertama kedua dan ketiga jaraknya sekitar 3 bulanan tetap saja saya merasa bersalah terhadap user nya.

Saya mencoba merenung dan berfikir kenapa ya lampu backlightnya belum sampai setahun sudah putus lagi, Usaha sudah begitu maksimal saya lakukan, salah satunya dengan penggantian led baru dan ori, dan juga melakukan pengaturan di menu dengan mengurangi setingan lampu latar atau backlightnya pada posisi setengah dari setingan maksimum.



Baca Juga

led tv backlight inverter


Tegangan backlight pada backlight inverter sudah saya cek juga, pada saat pertama start hidup tegangan sekitar 80v, lalu pelan pelan turun ke posisi 45v. Apakah tegangan saat start pertama 80v ini yang bikin backlight mati? Saya berfikir bisa jadi ini kemungkinannya yang membuat lampu backlight mendapat tegangan kejut dan bisa mati, karena kalau dihitung hitung supply tegangan yang sesuai menurut jumlah led adalah  :
3 batang x 7 led perbatang x 3v = 63v
Jadi tegangan maksimum yang di terima led tersebut seharusnya lebih kurang sekitar 63v, kalau mendapat tegangan kejut 80v bisa jadi putus lagi led nya, bener gk ya... :D

Dengan penasaran saya coba juga bertanya tanya kepada para master TV lcd/led apakah ada solusi lain agar lampu backlight nya tidak cepat putus, saya ceritakan semua kronologisnya dan apa saja usaha yang sudah saya lakukan, setelah beberapa kali bertanya sana sini, banyak yang menyarankan untuk menurunkan tegangan backlight pada rangkaian inverternya.

Saya pikir tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena merasa tidak mempunyai cara lain untuk dilakukan, saya langsung membuka TV nya lagi yang sudah sempat terpasang setelah pergantian lampu backlight. Saya perhatikan bagian rangkaian inverternya, disitu terdapat empat baris resitor kutu yang menuju fet, para master menyarankan untuk mengurangi tegangan backlight cukup dibuka saja resitor tersebut, maksimal 3 biji, jangan dibuka semua ya sob.

Saya mencoba mengikuti saran teman2 dengan hanya membuka satu resistor saja terlebih dahulu, setelah dibuka saya coba ukur saat start pertama ternyata tegangannya yang tadinya 80v turun menjadi 72v, saya coba buka satu biji resistor lagi, tegangan turun menjadi 64v, "hmm...sudah cukuplah" pikirku, karena kalau dibuka terlalu banyak akan memperberat kerja Fet nya.

Setelah itu langsung saya pasang kembali TV nya dan coba running test beberapa jam dan tidak ada masalah. Semoga solusi yang diberikan para master TV led ini berhasil dan backlightnya bisa bertahan lebih lama. Oh ya sobat, untuk komponen mana yang saya buang silahkan dilihat pada gambar dibawah ini.


Labels: LCD LED TV

Thanks sudah membaca Cara menurunkan tegangan backlight TV Led. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara menurunkan tegangan backlight TV Led"