MONTIRBOX.COM

Cara Memberbaiki Touchscreen Android yang Rusak Tidak Berfungsi

Cara Memberbaiki Touchscreen – Touchscreen atau layar sentuh pada sebuah perangkat smartphone android memang suatu komponen yang rawan sekali mengalami kerusakan. Baik rusak karena benturan akibat terjatuh, terlindas, tertindih, dan sebagainya. Layar terluar smartphone yang pecah ini terkadang membuat munculnya permasalahan pada touch screen hingga error saat disentuh. Gejala yang nampak biasanya akan timbul garis atau noda berwarna hitam pada layar, yang lama kelamaan membuat layar tidak bisa menerima perintah sentuhan. Ada juga yang tanpa gejala tiba-tiba langsung tidak bisa disentuh sama sekali. Bagaimana cara memperbaiki touchscreen android yang rusak seperti itu? Simak beberapa tips dari kami berikut ini.


Layar yang memiliki fungsi terhubung pada sistem hingga dapat untuk digunakan sebagai pengakses perintah ini adalah yang biasa disebut dengan istilah LCD. LCD ini terkoneksi langsung dengan komponen flexible serta power yang membuatnya bisa menyala dan digunakan untuk memberikan perintah pada smartphone android.


Beberapa tips dan cara memperbaiki touchscreen android yang rusak dibawah ini mungkin bisa sobat coba untuk mengembalikan LCD android sobat yang error.

Cara Memberbaiki Touchscreen Android yang Rusak Tidak Berfungsi



1. Cek Kinerja RAM

Suatu saat jika, kalian mengalamikendala touchscreen android yang tak bergerak sama sekali ketika disentuh, jangan langsung berfikir bahwa terjadi kerusakan pada layar sentuh perangkat sobat, karena itu tidak selalu benar. Bisa jadi stuck pada layar itu akibat kapasitas RAM yang banyak termakan oleh penggunaan aplikasi atau aktivitas lainnya. Alhasil, tingkat responsif layar terhadap sentuhan menjadi delay.

2. Bersihkan layar

Terkadang noda, kotoran, dan cairan juga sering menjadi penyebab terjadinya maslah pada layar android kalian. Maka, pastikan layar bersih dari segala noda, apalagi noda yang berupa cairan.

3. Multitouch Tester

Aplikasi yang satu ini bisa sobat gunakan untuk mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada sensor layar sentuh. Jika menurut sobat sudah mulai ada gejala android yang bekerja tidak seperti biasanya, atau ada error. Coba dengan cara ini untuk mendeteksi apakah benar ada kesalahan pada sensor layar sentuh sebelum sobat memutuskan pergi ke tukang service HP untuk memperbaiki touchscreen android yang rusak/error.

Aplikasi Multitouch tester bisa sobat dapatkan secara gratis di playstore. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut.

  • Setelah download dan memasang aplikasi pada perangkat, jalankan aplikasi Multitouch.
  • Setelah aplikasi terbuka, sobat akan diminta untuk meletakkan jari pada layar.
  • Dari situ sistem aplikasi mulai bekerja untuk menghitung prosentasi responsif sensor sentuh layar. Jika ada yang gagal terhitung, itu berarti ada beberapa sensor sentuh yang mengalami gangguan dan sobat harus segera memperbaiki touchscreen android yang rusak terebut.
4. Kalibrasi Layar

Cara memperbaiki touchscreen yang error kali ini khusus bisa sobat gunakan ketika merasakan bawah sensor sentuhan tidak bisa lancar membaca perintah atau lemot bahkan terkadang tidak bekerja. Tak perlu aplikasi untuk melakukan teknik ini, berikut ini caranya.

  • Buka menu pengaturan perangkat, lalu klik pada opsi display.
  • Lalu buka menu kalibrasi
  • Sesaat kemudian tampilan layar akan blank, lalu muncul beberapa perintah yang harus sobat lakukan untuk mengatur kalibrasi layar.
  • Selesai, jika performa sensor sentuh kembali normal, kalian tak perlu lagi pergi ke counter HP dan mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki touchscreen android yang rusak.

Labels: GADGET, TIPS

Thanks sudah membaca Cara Memberbaiki Touchscreen Android yang Rusak Tidak Berfungsi. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memberbaiki Touchscreen Android yang Rusak Tidak Berfungsi"