MONTIRBOX.COM

Cara Memperbaiki Software Hp Android Yang Rusak

Memperbaiki Software Android – Mengingat fungsi dan kegunaan android untuk aktifitas sehari-hari yang begitu penting, jika tiba-tiba saja perangkat android mengalami kerusakan tentu akan sangat mneghambat aktivitas. Apalagi untuk kalian yang menggunakan android sebagai salah satu sarana untuk bekerja. Bagian dari smsartphone android yang seringkali mengalami kerusakan adalah bagian software-nya. Software HP Android yang rusak biasanya menimbulkan gejala seperti HP nge-hang, sering restart sendiri, Bootloop, hingga hardbrick atau mati total. Sebelum kalian memutuskan untuk pergi ke tempat service, cobalah untuk memperbaiki software HP android yang rusak, sendiri di rumah.


Jika kita bisa memperbaiki software android yang rusak sendirian, tentu tak perlu lagi kalian mengeluarkan banyak uang untuk membayar jasa service. Karena kerusakan-kerusakan software android kadang terjadi karena masalah yang sepele dan kalian bisa memperbaiki software android yang rusak dengan cara yang sederhana pula.

Berikut ini tips dari kami untuk memperbaiki software android yang rusak.

Cara Memperbaiki Software Hp Android Yang Rusak



1. Masuk Mode Aman

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa masuk ke mode aman. Tapi sebelumnya, kami akan jelaskan dulu kenapa masuk mode aman menjadi cara memperbaiki software hp android yang harus pertama kali dilakukan? Ya, karena ini adalah teknik dasar untuk mengetahui penyebab kerusakan dari bagian terluar. Bisa jadi kerusakan terjadi setelah kita mengistall satu aplikasi, nah masuk ko mode amanan adalah cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksinya.

Salah satu cara masuk ke mode aman adalah : untuk android versi 4.0 nyalakan android, saat muncul logo tekan volume atas+bawah. Android v5.0 masuk ke opsi pengembang, lalu akses build number di menu about phone sevcara berulang, berikunta tekan tombol power lalu reboot.

2. Unistall Aplikasi

Software android yang rusak bisa jadi karena ada masalah yang diakibatkan oleh aplikasi pihak ketiga yang terinfeksi virus. Selain itu, aplikasi yang terlalu banyak diinstal tentu juga akan memberatkan kinerja sistem RAM dan CPU. Hapus aplikasi yang tidak telalu penting.

3. Reset Ringan (Soft Reset)

Caranya cukup mudah! Matikan hp melalui tombol power, lalu lepas baterai android dan diamkan beberapa saat. Setelah itu pasang dan nyalakan kembali, jika masih terjadi kerusakan yang sama lanjut ke cara memperbaiki software android yang rusak berikutnya.

4. Reset Pabrik (Hard Reset)

Teknik ini digunakan untuk mengembalikan pengaturan dan sistem firmware android pada kondisi seperti saat baru dibeli dari pabrikannya. Cara ini bisa kalian lakukan melalui mode recovery perangkat android. Setelah masuk ke mode recovery, klik pada menu wipe rest data. Tunggu proses berjalan hingga sempurna, done! Tapi jika masih terjadi kerusakan, coba cara memperbaiki software android yang rusak selanjutnya dengan teknik upgrade sistem.

5. Upgrade Sistem

Sosftware android yang telah usang atau dalam versi yang lebih lama, bisa jadi penyebab kesalahan sistem yang sering kali dianggap sebagai kerusakan software. Untuk itu, kalian perlu coba mencoba cara memperbaiki software android yang rusak dengan teknik upgrade OS, yang kalian lakukan langsung denagn metode OTA/melalui HP, atau juga bisa dengan bantuan PC

6. Unroot

Terjadi gangguan pada sistem android setelah melakukan aktivitas rooting? Jangan menunggu software android rusaknya menjalar sampai ke komponen hardware, langsung saja unroot perangkat kalian.

7. Flashing

Nah, ini adalah metode terakhir jika cara memperbaiki hp android yang rusak sebelumnya tidak mampu memecahkan masalah yang kalian alami. Metode flashing sendiri tak bisa sembarangan dilakukan, ada persiapan berupa tools tertentu dan keahlian seputar flashing android tentunya. Jika kalian rasa pengalaman flashing kurang, baru kalian boleh minta bantuan tukang service untuk memperbaiki hp android yang rusak.

Labels: GADGET, TIPS

Thanks sudah membaca Cara Memperbaiki Software Hp Android Yang Rusak. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Software Hp Android Yang Rusak"