MONTIRBOX.COM

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Tidak Berputar

Cara memperbaiki mesin cuci – Bagi kehidupan rumah tangga saat ini, mesin cuci seakan telah menjadi kebutuhan priemer. Bukan tanpa alasan, karena adanya mesin cuci pekerjaan berat para ibu rumah tangga bisa diselesaikan dengan cepat dan tanpa menguras banyak tenaga. Tapi bagai mana jadinya jika mesin cuci dirumah rusak? Jangan khawatir ya ibu-ibu, minta aja suami anda memperbaiki mesin cuci sendiri dirumah. Gampang kok! Berikut ini kami bagikan tutorialnya tentang cara memperbaiki mesin cuci yang rusak denagn berbagai masalah.


Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Tidak Berputar


Mesin cuci dua tabung adalah satu jenis mesin cuci yang banyak digunakan. Kenapa demikian? Karena jenis mesin cuci bukan hanya bisa digunakan untuk proses membersihkan baju dari noda pakaian dengan cara penggilingan saja, tapi mesin cuci dua tabung juga bisa digunakan sebagai pemanas yang mana berfungsi untuk mengeringkan baju. Dengan demikian, tak perlu waktu lama untuk menjemur pakaian yang baru dicuci, karena setelah di panaskan dalam mesin ini 70% baju sudah kering, dan hanya butuh beberapa menit penjemuran saja agar pakaian anda benar-benar bisa digunakan kembali.

Berikut ini solusi dan tutorial cara memperbaiki mesin cuci dua tabung anda yang mengalami kerusakan.

1. Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Air Keluar Terus

Kerusakan ini bisa terjadi karena beberapa masalah, yakni :

  • Seal pembuangan yang kotor

Ini adalah hal yang wajar, karena mesin cuci telah lama digunakan maka bukan hal yang tidak mungkin jika seal pembuangan menjadi kotor. Kotoran berasal baik dari luar maupun dari mesin cuci itu sendiri. Menumpuknya kotoran ini yang mengakibatkan fungsi katup pada seal tidak bisa tertutup dengan rapat hingga air akan terus keluar. Cara memperbaiki mesin cuci yang rusak karena masalah tersebut cukup gampang. Anda hanya perlu melepas sealnya, bersihkan lalu pasang kembali

Seal pembuangan sudah usang

Harusnya seal pembuangan ini memiliki fisik yang elastis. Kondisi ini memang terkadang tidak bsia dibedakan, namun cirinya jika seal sudah dibersihkan tapi masalah serupa masih terjadi maka tandanya anda harus mengganti seal dengan yang baru. Bawa contoh seal tersebut ke toko spare part mesin cuci agar tidak salah jenisnya.

  • Per buangan berkarat

Masalah ini juga sangat sering terjadi. Per ini yang berfungsi untuk mendorong seal pembuangan agar bisa dibuka dan ditutup. Jika per rusak, satu-satunya solusi adalah dengan menggantinya denagn yang baru.

2. Cara memperbaiki Mesin cuci 2 Tabung Tidak Bisa Berputar

  • Komponen Kabel Putus

Coba cek bagian belakang mesin cuci, mungkin ada kabel yang terputus terutama di bagian kabel panel timer mesin cuci. Solusinya anda bisa menyambung kembali kabel yang terputus sesuai denagn pasangannya yang bisa dibedakan dari warna bungkus kabel tersebut.

  • Switch Door Tidak Berfungsi

Solusinya cukup sederhana, cukup bongkar bagian itu dan bersihkan dengan amplas.

  • Kapasitor Rusak

Kapasitor ini adalah komponen penting yang digunakan untuk fungsi mesin cuci. Ciri jika mesin cuci rusak kapasitornya adalah muncul suara mendengung, yang berarti dinamo menyala, tapi tidak bisa berputar. Satu-satunya cara memperbaiki mesin cuci yang mengalami kerusakan pada kapasitor adalah dengan mengganti baru komponen tersebut

Labels: TIPS, UMUM

Thanks sudah membaca Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Tidak Berputar. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Tidak Berputar"