MONTIRBOX.COM

5 Macam Kerusakan Komputer dan Cara Memperbaikinya

Kerusakan Komputer dan Cara Memperbaikinya – Sangat banyak sekali kasus kerusakan pada komputer yang dialami oleh para pengguna. Tentu menjadi satu kondisi yang snagat mengganggu, jika disela pekerjaan menumpuk yang belum juga rampung kalian harus direpotkan dengan perangkat komputer yang mengalami kerusakan. Tapi jangan khawatir, berikut ini kami bagikan untuk kalian beberapa macam kerusakan komputer dan cara memperbaikinya berdasarkan kasus yang sering terjadi.


5 Macam Kerusakan Komputer dan Cara Memperbaikinya



1. Komputer tidak Nyala

Coba cek di bagian kabel mulai dari kabel pada power outlet yang tersambung pada tombol power. Periksa juga stabilizer PC jika perangkat kamu menggunakan stabilizer. Begitu juga dengan kabel power suplay, pastikan tidak ada masalah. Jika tetap tidak menyala kemungkin kerusakan ada pada power suplay atau bahkan MotherBoard.

2. Komputer Gagal Booting/Tidak Mau Booting

Kerusakan komputer seperti ini bisa diteliti penyebabnya berdasarkan signal suara beep yang terdengar. Agar lebih yakin tentang penyebab kerusakan komputer dan cara mengatasinya kalian bisa memanfaatkan software khusus yang bisa digunakan untuk mendiagnosa kerusakan komputer. Software diagnosa yang bisa kalian gunakan contohnya adalah PX mark05, Sisoft Sandra, PC Mark04, dan lain sebagainya.

3. Komputer Hang

Kadang kondisi kerusakan komputer seperti ini terjadi akibat crash pada software. Cara mengatasinya coba denagn cara klik kombinasi keyboard Ctrl + Alt + Del lalu klik matikan program yang ada notifikasi not responding dengan cara klik End Proccess. Setelah itu restart CPU kalian.

Kerusakan komputer Hang juga bisa karena hardware yang konflik, biasanya terjadi saat kalian mengupgrade komputer denagn menambahkan hardware baru. Kerusakan komputer seperti ini sering terjadi pada komputer yang memiliki sitem operasi Windows. Cara mengatasi kerusakan komputer seperti ini adalah dengan reinstall windows, tapi sebe;umnya copot dulu komponen perangkat keras yang baru ditambahkan. Setelah windows selain di install ulang, sambungkan kembali hardware tersebut lalu koneksikan melalui menu Add New di control panel.

4. Komputer selalu masuk Mode Aman/Safe mode

Kerusakan koputer seperti ini biasanya disebabkan karena adanya maslaah di Hard disk kalian. Tapi untuk lebih memastikan coba restart dulu perangkat komputer. Jika kondisinya masih sama, coba denagn install ulang. Jika masih tetap bermasalah berarti benar ada masalah di HD. Coba scan hard disk kalian.

5. Komputer restart terus/tidak mau booting

Kerusakan komputer seperti ini terbilang sangat sering terjdi. Cara mengatasi kerusakan komputer seperti inipun sebenarnya cukup mudah. Seringkali masalah terjadi karena kipas pada komputer tidak bekerja secara optimal. Coba bongkar dan bersihkan kipas prosesor komputer kalian. Jika masih terjadi kerusakan komputer yang s ama, mungkin kalian harus mengganti kipas prosesor dengan yang baru

Labels: PC

Thanks sudah membaca 5 Macam Kerusakan Komputer dan Cara Memperbaikinya. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "5 Macam Kerusakan Komputer dan Cara Memperbaikinya"