MONTIRBOX.COM

Cara memperbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector Parah

Memperbaiki Hard Disk Rusak – Memperbaiki komponen komputer yang rusak memang tidak mudah bagi sebagian orang, terutama yang tak memiliki kemampuan di bidang tersebut. Nah, untuk membantu sobat yang mengalami kondisi tersebut, berikut ini akan kami bagikan beberapa cara memperbaiki hard disk rusak atau bad sector.


Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak Atau Bad Sector

Baca Juga


Ditinjau dari segi permasalahannya, sebenarnya cukup banyak yang bisa menjadi pemicu hard disk rusak atau bad sector ini. Bad sector dikategorikan menjadi dua jenis yang berbeda, berdasarkan letak kerusakannya. Kedua jenis kerusakan hard disk atau bad sector tersebut adalah bad sector fisik atau haedware dan bad sector software.

Bad sector fisik biasanya terjadi karena hard disk kotor terkena banyak debu, suhu yang tak bersahabat (terlampau panas) dan terkena guncangan yang terlalu keras (jatuh). Sedangkan bad sector fisik umumnya terjadi karena serangan virus, atau kebiasaan penggunaan komputer yang kurang baik seperti sering men-shutdown paksa komputer dengan langsung mematikan tombol power.

Cara memperbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector Parah


Lalu, bagaimana cara mengatasi hard disk rusak atau bad sector tersebut? Simak beberapa langkah dibawah ini.

Langkah-langkah Memperbaiki Hard Disk Rusak Atau Bad Sector

1. Menggunakan Aplikasi HardDisk Drive Bad Sector Repair

Aplikasi ini akan berjalan sesuai dengan nomo seri hard disk 541DX Maxtor. Proses yang dilakukan akan berjalan otomatis dimulai dengan pendeteksian penyebab kesalahan sistem yang terjadi. Setelah itu, Aplikasi tersebut akan memperbaiki kesalahan hingga Hard disk bisa digunakan secara normal seperti sediakala.

2. Aplikasi HardDisk Drive Low Level Format Tool

Aplikasi utnuk memperbaiki hardisk rusak atau bad sector yang kedua adalah HardDisk Drive Low Level Format Tool. Berbeda dengan yang pertama, sebelum menggunakan aplikasi ini kalian harus terlebih dahulu melakukan pembackupan terhadap file-file yang dirasa penting, karena cara kerja aplikasi satu ini akan membersihkan harddisk secara totoal seperti semula.

3. Software Recovery

Jika aplikasi yang kedua tadi bekerja dengan menghapus semua data, nah yang ketiga atau yang terkahir dalam daftar ini berbeda.; Justru sebaliknya Software recovery ini akan membantu sobat mengembalikan file-file dari dalam hard disk yang terhapus, terformat secara tak disenaja, dan permasalahan lainnya yang menyebabkan beberapa file penting hilang dari dalam penyimpanan.

Salah satu software recovery yang bisa sobat gunakan contoh salah satunya adalah Recuva. Namun setelah ketiga langkah diatas tidak berhasil dalam memperbaiki hard disk bad sector sobat, berarti kerusakan terjadi pada bagian hardware nya, tentu saja untuk kerusakan hardware, sobat harus menyerahkan kepada ahlinya untuk diperbaiki.

Nah, itulah tadi beberapa tips dari kami tentang Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak Atau Bad Sector. Sebelum kalian membawa hard disk ke tempat service, atau mungkin sebelum kalian mentelantarkan perangkat penyimpanan data di komputer tersebut, silahkan Coba dulu Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak Atau Bad Sector, siapa tau hard disk klaian bisa sembuh seperti semula.

Labels: TIPS

Thanks sudah membaca Cara memperbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector Parah. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara memperbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector Parah"