Skip to main content

3 Cara Scan Barcode di iPhone (Dengan dan Tanpa Aplikasi)

Bagaimana cara scan barcode di iPhone ditahun 2022 ini? Dulu, untuk memindai barcode di iPhone seperti kode QR sering kali diperlukan instalasi aplikasi tambahan yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Namun, dari versi sistem operasi iOS 11 dan seterusnya, memindai kode batang dengan iPhone menjadi sangat sederhana, hanya perlu aplikasi Kamera default untuk cara scan barcode di iPhone.

Dalam kehidupan modern dan terutama dalam menghadapi situasi epidemi yang rumit yang memerlukan pembatasan kontak, pembayaran, deklarasi medis atau akses informasi menggunakan kode QR adalah tren. Agar pengguna iPhone mengetahui cara memindai kode QR di iPhone dan mendapatkan lebih banyak manfaat, silahkan ikuti petunjuk terperinci pada artikel ini

Baca Juga: 5 Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Cara Scan Barcode di iPhone

Apa itu Barcode atau kode QR atau QR Code?

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara scan barcode di iPhone, mari kita cari tahu dulu apa itu barcode atau kode QR. QR Code atau kode QR singkatan dari Quick Response Code, dikembangkan pada tahun 1994 oleh perusahaan Denso Wave. Artinya adalah respon yang cepat, karena pencipta ingin kode tersebut didecode dengan kecepatan tinggi.

Barcode atau QR Code (atau sering disebut juga matrix barcode) adalah barcode dua dimensi (2D) yang berisi konten konfirmasi seperti alamat website, email, nomor telepon atau teks lainnya. Untuk membaca kode QR, pengguna dapat menggunakan pembaca kode batang atau smartphone dengan fungsi foto dan menginstal aplikasi khusus yang mendukung pemindaian kode batang.

Penggunaan eWallet (dompet elektronik) atau aplikasi pembayaran elektronik melalui kode QR akan membantu pengguna tidak perlu membawa terlalu banyak uang tunai lagi. Muncul dengan keterikatan yang berkurang, menghemat waktu dan semua terbungkus dalam satu pemindaian kamera.

Penggunaan QR Code semakin populer dan dapat ditemukan di banyak tempat mulai dari produk barang, iklan, billboard, toko bisnis, hingga website. Seiring dengan itu, banyak aplikasi yang mendukung pemindaian QR Code baik yang gratis maupun yang berbayar.

Barcode dapat diterapkan dalam berbagai bentuk seperti huruf, angka, tautan, pembayaran elektronik, dll., tergantung pada tujuan penggunaannya. Dalam beberapa tahun terakhir, kode QR telah diterima melalui layanan pembayaran eWallet yang dibangun ke dalam aplikasi perbankan, yang sangat nyaman dan mudah digunakan.

Sekarang dengan dukungan browser Chrome di iOS 11 dan versi sistem operasi yang lebih baru, pengguna dapat dengan cepat mengakses fitur ini dari menu sentuh 3D Touch Chrome atau cukup menulis QR di item Spotlight.

Cara Scan Barcode di iPhone

Pada artikel ini, Montirbox akan memberikan kepada Anda 3 cara scan barcode di iPhone, silahkan pilih cara mana yang cocok untuk Anda terapkan, silahkan dibaca cara scan barcode di iPhone dibawah ini:

1. Cara Scan Barcode di iPhone dengan Kamera

Salah satu cara cepat dan nyaman untuk memindai barcode kode QR di iPhone adalah dengan menggunakan kamera internal perangkat. Namun, jika Anda membiarkannya sebagai default, Kamera tidak dapat langsung memindai QR, tetapi Anda perlu mengatur pengaturan Kamera. 

Ikuti beberapa langkah ini dan Anda dapat memulai pemindaian kode QR di iPhone dengan Kamera:

  • Langkah 1 : Buka Pengaturan > Pilih Kamera
  • Langkah 2 : Balikkan sakelar untuk mengaktifkan fitur pemindaian kode QR
  • Langkah 3 : Buka Kamera / Kamera ponsel Anda dan pindahkan bingkai foto sehingga kode QR masuk ke bingkai.
  • Langkah 4 : Pemberitahuan akan muncul untuk membuka tautan atau menampilkan informasi yang terintegrasi dalam kode QR

Hanya dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat dengan cepat memindai kode QR di iPhone Anda dengan Kamera. Ini adalah cara yang digunakan sebagian besar pengguna produk Apple karena kesederhanaannya dan dapat diatur dalam sekejap. Anda juga dapat menonaktifkan fitur ini dengan cara yang sama seperti mengaktifkannya saat tidak diperlukan.

2. Cara Scan Barcode di iPhone dengan Pusat Kontrol (Control Center)

Selain memindai kode QR di iPhone menggunakan aplikasi fitur Kamera, Anda juga dapat mengubah pengaturan Pusat Kontrol agar pembaca memahami Kode QR, sehingga mengeluarkan data yang perlu Anda pindai.

  • Langkah 1 : Buka Pengaturan > Pilih Pusat Kontrol
  • Langkah 2 : Pilih item Sesuaikan kontrol
  • Langkah 3 : Klik ikon + di Pembaca Kode QR (QR Code Reader) untuk menambahkan fitur ini ke Pusat Kontrol
  • Langkah 4 : Selanjutnya, untuk ponsel dengan takik (dari generasi iPhone X dan yang lebih baru), geser dari atas ke bawah layar. Sedangkan untuk ponsel lawas tanpa desain notch (dengan tombol Home), geser ke atas dari bawah layar.
  • Langkah 5 : Ketika panel kontrol yang berisi ikon fungsi muncul, pilih ikon pemindaian kode QR di atasnya
  • Langkah 6 : Terakhir, berikan pemindai kode QR apa pun yang mirip dengan cara memindai kode QR di iPhone menggunakan Kamera

Informasi yang dilampirkan pada QR Code akan muncul, bisa berupa link ke halaman informasi tertentu, atau bisa langsung menampilkan informasi event yang terkait dengan kode tersebut.

Terkadang pengguna akan merasa bahwa cara scan barcode di iPhone ini sedikit lebih rumit dari cara pertama, namun cara ini juga bisa diterapkan dan dapat mengoptimalkan fungsi Control Center. 

3. Cara Scan Barcode di iPhone Menggunakan Aplikasi (Cocok untuk iOS 10 atau lebih lama)

Dua cara scan barcode di iPhone, untuk memindai kode QR pada iPhone yang diperkenalkan di atas dapat dilakukan dengan mudah, tetapi Anda tidak dapat menerapkan metode ini ke ponsel yang menjalankan iOS 10 dan sebelumnya. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana cara memindai barcode dengan ponsel iphone dibawah iOS 10 ini?

Sangat sederhana, sekarang Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemindaian kode QR di iPhone, memberikan kemampuan untuk memindai kode QR yang tidak ada di dalam telepon. Saat ini, banyak aplikasi yang digunakan untuk memindai kode QR, memindai kode batang tersedia di Appstore dan memilih aplikasi yang paling cocok adalah yang menyebabkan banyak pengguna iPhone pusing.

Beberapa aplikasi berikut yang memiliki fungsi pemindaian kode QR yang direkomendasikan oleh banyak pengguna akan menjadi saran yang berguna bagi Anda dalam menemukan aplikasi pemindaian kode QR untuk ponsel kesayangan Anda:

  • Quick Scan
  • QR Reader
  • Bakodo
  • Qrafter
  • ICON
  • Barcode ME
  • iCheck

Anda bebas memilih salah satu aplikasi yang direkomendasikan di atas untuk membantu ponsel Anda memindai Kode QR. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda hanya perlu membuka aplikasi, lalu temukan fitur Pindai dan gerakkan bingkai kamera ponsel ke arah Kode QR yang akan dipindai, mesin akan secara otomatis memindai dan mengembalikan hasilnya.

Memiliki sejumlah kelemahan dibandingkan model yang lebih baru, ponsel iPhone generasi lama sulit untuk diupgrade ke sistem operasi paling canggih, atau pemilik tidak ingin melakukan upgrade untuk menghindari alat berat. Oleh karena itu, fitur Pindai Kode QR tidak ada di dalam perangkat. Tetapi dengan aplikasi yang dibuat khusus untuk tujuan memindai kode QR, Anda dapat yakin bahwa aplikasi tersebut mudah dipasang dan digunakan sambil tetap memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat mengubah ponsel Anda menjadi "Scanner Smartphone” serbaguna.

Aplikasi Quick Scan, iCheck dan Bakodo, selain memindai kode QR juga digunakan untuk melakukan fungsi lain yang bahkan ingin diinstal oleh orang yang sudah memiliki smartphone generasi terbaru. Selain itu, beberapa aplikasi juga dapat memindai Barcode untuk mengambil informasi, asal produk, sangat nyaman bagi wanita saat berbelanja.

Selain aplikasi dengan fungsi utama terutama untuk memindai kode QR, Anda juga dapat menggunakan fitur pemindaian kode QR bawaan di beberapa aplikasi jejaring sosial saat ini seperti Zalo, Viper atau Facebook.

Ringkasan

Semoga dengan 3 cara scan barcode di iPhone yang dibagikan di atas, Anda akan tahu cara menggunakan ponsel Anda untuk memindai kode QR dalam kasus-kasus yang diperlukan seperti pernyataan medis, pembayaran online, dll, Baik itu iPhone yang lebih baru atau iPhone yang lebih lama, ada cara scan barcode di iPhone untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close