Skip to main content

Cepat! Cara Memindahkan Data Dari Android ke iPhone

Bagaimana cara memindahkan data dari Android ke iPhone? Anda menggunakan ponsel Android, sekarang ingin beralih ke iPhone tetapi khawatir tentang waktu yang diperlukan untuk mentransfer data? Ikuti artikel di bawah ini untuk petunjuk tentang cara memindahkan data dari Android ke iPhone dengan cepat. 

Cara memindahkan data dari Android ke iPhone

Setiap kali kita menggunakan smartphone Android dan ingin beralih ke iPhone, data adalah hal yang sangat penting yang ingin disimpan sebagian besar pengguna. Memindahkan foto, kontak, kalender, dan akun Anda dari ponsel/tablet Android lama ke iPhone/iPad baru menjadi lebih mudah dari sebelumnya dengan aplikasi Apple's Move to iOS. Ini adalah aplikasi Android pertama Apple, menghubungkan Android lama Anda dan perangkat Apple baru Anda melalui koneksi Wi-Fi dan mendukung transfer semua data Anda.

Baca Juga: 3 Cara Scan Barcode di iPhone (Dengan dan Tanpa Aplikasi)

Cara Memindahkan Data Dari Android ke iPhone

Sementara aplikasi Move to iOS mentransfer data Anda, itu tidak mentransfer aplikasi Anda (karena ketidakcocokan), trek, atau kata sandi apa pun di perangkat Android yang lebih lama. Atau, Anda hanya dapat mentransfer data dari ponsel atau tablet Android ke iPhone atau iPad yang menjalankan iOS 9 atau lebih baru. Jika Anda menggunakan iPhone Xs atau Xs Max terbaru, Anda seharusnya dapat mentransfer dengan mudah.

6 langkah tercepat dan termudah untuk mentransfer data dari Android ke iPhone

Saat ini, jumlah pengguna yang beralih ke iPhone daripada Android meningkat karena mereka menyukai stabilitas dan keamanan tinggi yang dimiliki sistem operasi iOS. Namun, cara untuk melakukan transfer data antar perangkat tidak pernah mudah.

Tapi itu hanya cerita sebelumnya karena sekarang Anda dapat mengikuti cara memindahkan data dari Android ke iPhone Anda tepat di bawah ini. Pabrikan Apple telah meluncurkan aplikasi Move to iOS di PlayStore untuk melayani kebutuhan berbagai pengguna ini. Ini adalah software agar kita bisa memindahkan file dari Android ke iPhone seperti foto, kalender, kontak atau banyak hal penting lainnya.

Langkah-langkah Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone

1. Cadangkan semua data di perangkat Android

Jika kamu perlu menyimpan 100% data sepenuhnya saat pindah ke perangkat baru, harap pastikan bahwa semua data pribadi penting telah dicadangkan dengan hati-hati dan aman, lengkap, tidak hilang. Berikut cara melakukannya secara detail:

Langkah 1: Di ponsel Android yang ingin Anda dapatkan datanya di iPhone, buka Pengaturan > Pilih Pengaturan Tambahan > Klik Cadangkan & setel ulang (Cadangkan & setel ulang).

Catatan: Untuk beberapa produk Android tertentu, kamu dapat menemukan opsi ini di bagian Akun (Cloud & akun).

Langkah 2: Selanjutnya, semuanya, silakan masuk ke setidaknya satu akun email di bagian Cadangan akun > Terakhir, navigasikan ke bagian Cadangkan data saya (Cadangkan akun saya) dan kemudian cukup mengaktifkan fitur ini hingga selesai.

2. Instal Google Photos di ponsel Anda

Sebagian besar dari kita memiliki kebutuhan untuk menyimpan gambar yang diambil dan mentransfernya ke perangkat baru. Oleh karena itu, Google Photos adalah asisten yang efektif dalam mentransfer data dari Android ke iOS. Ini adalah langkah yang cukup mudah dan sederhana yang bisa dilakukan siapa saja.

Sistem operasi ponsel terbesar di dunia Android dan iOS kompatibel dengan Google Foto. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan dan menyimpan foto tanpa batas. Oleh karena itu, Anda dapat sepenuhnya menggunakan aplikasi Google Foto ini pada produk apa pun terlepas dari Android atau iOS untuk melayani kebutuhan cadangan Anda kapan saja, di mana saja.

Pengguna dapat mengunduh Google Foto untuk mulai menggunakan di sini:

Unduh Google Foto untuk sistem operasi Android

Unduh Google Foto untuk sistem operasi iOS

Jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda hanya perlu mengizinkan perangkat lunak untuk mencadangkan semua foto di ponsel cerdas. Sebaliknya, jika kami menggunakan iOS, Anda hanya perlu masuk dan semua gambar Anda sudah ada di dalamnya tanpa tindakan lebih lanjut.

3. Mulai proses penyiapan ke bagian Aplikasi & Data di iPhone baru Anda

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas dan mencapai langkah ini dalam cara memindahkan data dari Android ke iPhone, lanjutkan untuk menyambungkan kedua perangkat yang melakukan operasi ke sumber daya untuk mengisi daya. Kemudian lanjut ke langkah nomor 4 di bawah ini.

4. Di ponsel Android Anda, unduh aplikasi Move to iOS

Pertama, kita akan mengakses PlayStore di ponsel Android. Move to iOS adalah aplikasi yang berperan mentransfer banyak data penting dari sistem operasi Android ke iPhone yang menjalankan iOS dengan sangat cepat tanpa manipulasi lain. Beberapa data penting yang dapat Anda transfer adalah pesan, kontak, video, gambar, akun email dan kalender atau bookmark browser.

Sebelumnya, yang Anda lakukan adalah mem-boot iPhone baru. Pada hp Android, ketuk opsi Pindahkan Data dari Android (Move Data from Android). Selanjutnya kita akan memasukkan 12 angka yang muncul di iPhone ke dalam aplikasi Move to iOS di perangkat Android. Setelah itu, iPhone kita akan secara otomatis membuat jaringan WiFi terpisah hanya untuk 2 perangkat yang terhubung untuk mentransfer data satu sama lain.

Cara Memindahkan Data Dari Android ke iPhone

Aplikasi transfer data dari Android ke iPhone ini juga mendukung pengguna untuk mentransfer foto yang dicadangkan ke Google Foto pada waktu sebelumnya. Terkadang, beberapa orang menganggap ini sebagai langkah yang berlebihan, tetapi bagi Montirbox, menyimpan data baik di ponsel maupun di layanan cloud akan memberi Anda lebih banyak ketenangan pikiran tentang gambar Anda.

5. Mulai mentransfer data dari Android ke iOS

Setelah mengikuti petunjuk transfer data dari Android ke iPhone di atas, Anda perlu menunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Setelah transfer data dilakukan antara kedua ponsel, layar pada perangkat Android akan menampilkan pesan yang menyarankan Anda untuk membawa perangkat tersebut ke Apple Store terdekat untuk di instal ulang. Sebaliknya, Anda akan mendapatkan opsi untuk menyelesaikan pengaturan di iPhone baru.

6. Terakhir, unduh semua aplikasi ke iPhone Anda

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dengan aplikasi transfer data dari Android ke iOS yang disebut Move to iOS, Anda telah menerima iPhone baru dengan sebagian besar data penting yang disimpan dari telepon Android Lama. Tentu saja, file-file ini tidak akan menyertakan aplikasi yang sebelumnya telah Anda instal di perangkat.

Jadi, jika ada kebutuhan untuk menggunakan perangkat lunak apa pun, buat iCloud baru dan kemudian akses App Store untuk mengunduh aplikasi yang diperlukan. Selain itu, jika Anda pernah membeli aplikasi berbayar di Play Store Android sebelumnya, Anda harus membelinya lagi nanti jika diperlukan.

Jadi hanya dengan 6 langkah yang sangat sederhana dan mudah untuk cara memindahkan data dari Android ke iPhone, Anda telah berhasil mentransfer data dari Android ke iPhone menggunakan aplikasi Move to iOS.

Beberapa hal yang perlu diingat saat mentransfer data dari Android ke iPhone

1. Pastikan baterai kedua perangkat di atas 50%

Untuk dapat memastikan proses transfer data dari Android ke iOS lancar, lancar dan tanpa kendala, pertama-tama kita perlu memastikan bahwa kapasitas baterai dari kedua perangkat yang Anda persiapkan untuk tampil harus di atas 50%.

Karena waktu proses ini akan berbeda untuk setiap unit, jumlah baterai yang dikonsumsi oleh perangkat tidak sama. Oleh karena itu, Montirbox menyarankan Anda untuk memastikan baterai cukup tinggi agar kedua produk tidak macet di tengah jalan saat melakukannya. Jika daya dimatikan saat mentransfer data, file mungkin dalam bahaya dan ada risiko kehilangan total.

2. IPhone Anda membutuhkan memori yang cukup

Sebelum melakukan transfer data, pastikan iPhone Anda memiliki banyak ruang kosong yang tersisa untuk menyimpan semua yang Anda bawa dari perangkat Android Anda. Misalnya data yang perlu Anda transfer memiliki kapasitas sekitar 7-8GB, kita perlu menyiapkan sekitar 10GB memori bebas untuk menyimpannya serta nyaman untuk pembaruan perangkat lunak nanti.

Tidak berhenti sampai di situ, Montirbox juga menyarankan Anda memilih untuk membeli model iPhone dengan memori besar untuk penggunaan jangka panjang. Tidak seperti smartphone dari Android, ponsel iPhone tidak akan memiliki slot kartu MicroSD ekspansi sehingga kita dapat menambahkan lebih banyak penyimpanan saat kita perlu menggunakannya. Oleh karena itu, iPhone dengan memori dari 256GB akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk Anda.

3. Status koneksi jaringan

Sebelum masuk ke langkah-langkah mentransfer data dari ponsel Android ke iPhone, tautkan kedua perangkat ke jaringan WiFi agar lebih cepat pindah ke kecepatan unduh aplikasi iOS tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu. Pada saat yang sama, ini juga akan membantu mengurangi interupsi yang tidak terduga selama eksekusi.

4. IPhone harus dipulihkan sebelum proses transfer data dimulai

Ini adalah langkah penting yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan transfer data dari Android ke iOS. Alasannya adalah karena Anda perlu memastikan iPhone Anda baru sehingga Anda tidak mengalami kesalahan atau masalah saat menerima file yang berasal dari Android.

Selain itu, langkah ini juga membantu ponsel Anda menyingkirkan aplikasi dan data yang berlebihan agar siap menerima yang terbaru dari smartphone Android Anda. Ini adalah langkah yang sangat diperlukan, terutama bagi pengguna yang baru saja memilih untuk membeli sendiri iPhone lama yang telah digunakan oleh orang lain. Bagaimana sobat, sangat mudah bukan cara memindahkan data dari Android ke iPhone diatas?

Ringkasan

Itulah tadi tips dan cara mentransfer data dari perngkat Android ke hp iPhone yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Semoga setelah membaca artikel 6 cara memindahkan data dari Android ke iPhone di atas, Anda dapat menyimpan semua file penting saat beralih menggunakan ponsel iPhone baru. Semoga Anda sukses.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close