Skip to main content

Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

Berikut ini adalah kiat-kiat cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang cukup ampuh untuk dicoba

Ingin tahu cara menjaga battery health iPhone? atau Bagaimana cara menjaga kesehatan baterai iPhone? Seperti banyak perangkat bertenaga baterai lainnya, baterai iPhone pada akhirnya akan mencapai akhir masa pakainya. Untungnya, perangkat lunak iOS memiliki indikator dan opsi yang cukup untuk mengetahui dan mendapatkan status kesehatan baterai iPhone. Itu berarti masa pakai baterai iPhone Anda tidak akan pernah sama seperti pada hari pertama. 

Kemampuan baterai untuk menahan muatan biasanya disebut sebagai kapasitas baterainya. Apple menambahkan kemampuan untuk melihat status baterai iPhone Anda dengan pembaruan iOS 11.3. Selain itu, pengurasan baterai dapat memengaruhi kinerja iPhone Anda. Pengguna dapat memilih antara kinerja yang lebih baik atau masa pakai baterai yang lebih lama setelah kesehatan baterai turun di bawah level tertentu. 

Baca Juga: 3 Cara Memindahkan Data WhatsApp Android ke iPhone

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

Meskipun penurunan kesehatan baterai tidak dapat dihindari, Anda tentu saja dapat mengurangi tingkat hilangnya kemampuan baterai untuk mengisi daya. Berikut adalah cara menjaga battery health iPhone dan beberapa cara menjaga kesehatan baterai iPhone Anda tetap sehat dan memperpanjang umurnya.

Bagaimana kondisi baterainya?

Kondisi baterai merupakan faktor yang digunakan untuk menentukan kapasitas penyimpanan muatan maksimum saat baru. Ketika baterai baru, kapasitas maksimum baterai adalah 100%. Nilai ini menurun seiring waktu. Misalnya, setelah satu tahun penggunaan, baterai iPhone Anda mungkin hanya dapat mengisi daya hingga 90%. Artinya iPhone Anda memiliki kapasitas baterai maksimal 90%.

Semakin tinggi kapasitas maksimal, semakin baik daya tahan yang dapat Anda harapkan. Inilah sebabnya mengapa iPhone baru akan bertahan lebih lama daripada iPhone lama. Menjaga baterai iPhone yang sehat penting untuk membuat ponsel bertahan lebih lama. Baterai yang sehat berarti kinerja yang baik dan masa pakai baterai yang baik.

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai iPhone

Anda dapat memeriksa kesehatan baterai iPhone Anda dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Perhatikan bahwa iPhone Anda harus menjalankan iOS 11.3 dan yang lebih baru agar kesehatan baterai dapat ditampilkan.

  • Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda dan buka bagian Baterai.
  • Langkah 2: Klik "Kesehatan Baterai". Anda akan melihat kapasitas maksimum baterai Anda terdaftar.

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

Anda dapat menjaga baterai iPhone tetap sehat dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Kiat-kiat ini akan berguna baik Anda membeli iPhone baru dengan baterai 100% atau menggunakan perangkat lama dengan kapasitas lebih rendah.

1. Aktifkan pengisian daya yang optimal

cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang pertama adalah dengan mengaktifkan pengisian daya secara optimal. Ini adalah fitur kecil yang rapi yang ditemukan di semua iPhone yang menjalankan iOS 13 atau lebih baru. Cara menjaga battery health iPhone ini mengoptimalkan pola pengisian daya perangkat berdasarkan kebiasaan penggunaan Anda. Ini mempelajari kebiasaan pengisian baterai Anda dari waktu ke waktu dan kemudian memutuskan kapan Anda mungkin perlu mengisi daya iPhone dengan cepat dan kapan dapat mengisi daya lebih lambat.

Misalnya, jika Anda mengisi daya ponsel dalam semalam, kecepatan pengisian akan lebih lambat karena ada cukup waktu untuk mengisi daya baterai. Namun, jika Anda mencolokkan ponsel di tengah hari, pengisian daya akan lebih cepat. Berikut cara mengaktifkannya.

  • Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda dan buka bagian Baterai.
  • Langkah 2: Klik "Kesehatan Baterai" .
  • Langkah 3: Aktifkan opsi "Improved battery charge" .

2. Gunakan kabel dan adaptor yang sesuai standar Apple

Cara menjaga kesehatan baterai iPhone berikutnya, selalu disarankan agar memakai aksesori Apple original yang di bundle bersama pembelian iPhone. Tapi karena Apple sudah menghentikan menyertakan iPhone dengan adaptor chargernya, Anda harus membeli charger secara terpisah. Anda bisa membeli adaptor charger Apple secara resmi atau mencari charger iPhone yang sudah mendapat sertifikasi oleh Apple, atau membeli wall adaptor MFI (yang Dibuat untuk iPhone).

Pengisi daya atau kabel aftermarket yang tidak sah dapat merusak baterai iPhone Anda. Disarankan juga untuk mengisi daya iPhone dengan kabel daripada nirkabel.

3. Jauhkan dari sumber panas langsung

Panas adalah salah satu musuh terbesar baterai apa pun. Hindari memaparkan iPhone Anda ke panas yang ekstrem. Anda dapat melakukannya dengan tidak meninggalkan iPhone di dasbor mobil saat mengemudi di bawah sinar matahari. Cobalah untuk tidak melakukan tugas-tugas sulit seperti bermain game di bawah sinar matahari. Panas dari matahari, serta panas yang berlebihan dari CPU dan layar pada kecerahan maksimum akan mempengaruhi baterai.

4. Jangan melakukan tugas berat saat mengisi daya

Cara menjaga kesehatan baterai iPhone selanjutnya yang cukup penting yaitu hindari menggunakan iPhone Anda saat sedang mengisi daya. Biarkan mereka mengisi daya dengan aman dan tidak membebani perangkat mereka. Menjalankan tugas intensif sumber daya seperti bermain game saat iPhone Anda sedang diisi menghasilkan lebih banyak panas. Panas yang berlebihan juga dapat merusak baterai dari waktu ke waktu.

5. Gunakan Smart Plug untuk mengatur pengisian daya

Jika Anda adalah seseorang yang mengisi daya ponsel mereka dalam semalam, colokan pintar (Smart Plug) dapat membantu Anda mengatur pengisian daya iPhone Anda untuk sebagian besar. Anda dapat menyetel timer dengan steker agar tetap menyala selama beberapa jam. Meskipun iPhone dilengkapi dengan perlindungan overcharge dan banyak mekanisme keamanan lainnya, masuk akal untuk mengatur proses pengisian daya.

Anda dapat menyetel steker untuk menyala otomatis pada pukul 5:7 pagi dan mati pada pukul 10:10 pagi setiap hari. Dengan cara menjaga battery health iPhone ini, ketika Anda bangun di pagi hari, iPhone Anda akan terisi hingga batas yang diinginkan.

6. Tidak sepenuhnya menghabiskan kapasitas baterai

Cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang cukup penting, tidak merupakan ide yang baik untuk benar-benar menguras baterai iPhone Anda hingga nol. Baterai lebih banyak dimuat saat mengisi daya dari keadaan benar-benar kosong. Ini mempengaruhi masa pakai baterai jangka panjang. Coba colokkan pengisi daya saat ponsel Anda di bawah tanda 10% dan jangan menunggu sampai mati sepenuhnya.

Perpanjang umur baterai iPhone Anda

Saran sederhana tentang cara menjaga kesehatan baterai iPhone di atas akan membuat baterai iPhone Anda bertahan lebih lama dan menjaga kapasitas maksimum baterai tetap tinggi untuk waktu yang lama. Anda tidak dapat menghentikan penipisan kesehatan baterai, tetapi Anda dapat memperlambat proses ini sampai batas tertentu.

Baiklah sobat Montirbox, demikian tadi tips singkat mengenai cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang bisa Anda lakukan, semoga kiat cara menjaga battery health iPhone ini berguna bagi Anda.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close