Skip to main content

7 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone (Untuk Menjaga Privasi)

Bagaimana cara mengunci aplikasi di iphone? Untuk memastikan privasi pribadi, kamu tidak ingin orang lain mengakses aplikasi tertentu di ponsel kamu. Jangan lewatkan artikel tentang cara mengunci aplikasi di iPhone dan iPad di bawah ini!

iPhone dan iPad adalah lini produk yang dilengkapi oleh Apple dengan fitur keamanan tinggi, sehingga informasi pribadi tidak mudah disusupi. Namun, terkadang perangkat kamu tidak kebal terhadap keingintahuan orang lain, sehingga mutlak diperlukan untuk mengunci akses aplikasi. Terkadang iPhone berisi perangkat lunak pribadi atau data pribadi. Oleh karena itu, pengguna iOS tidak ingin orang lain dapat mengakses hal-hal penting tersebut tanpa persetujuan.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Ikuti 7 cara mengunci aplikasi di iPhone, yang akan memandu kamu cara menyembunyikan, mengunci akses aplikasi di iPhone, iPad dengan mudah di bawah ini, dan akan menjadi solusi yang baik untuk kamu.

Baca Juga: Ampuh! Cara Menghapus Cache di iPhone, Biar Tidak Lemot

Manfaat mengunci akses aplikasi di iPhone dan iPad

Perangkat kamu mau tidak mau dipinjamkan atau digunakan oleh orang lain, terutama anak-anak. Mengunci akses aplikasi akan mencegah anak-anak bermain-main yang menyebabkan hilangnya data atau informasi penting. Selain itu, ketika kamu memblokir akses ke aplikasi, itu akan meminimalkan rasa ingin tahu orang lain ketika mereka ingin menemukan informasi pribadi di perangkat kamu.

7 cara termudah untuk mengunci aplikasi di iPhone

Mengunci akses ke aplikasi iPhone apa pun juga merupakan keharusan. Misalnya, ini dapat membantu orang tua mengontrol konten apa yang dilihat anak-anak mereka di perangkat. kamu juga mencegah anak-anak mengakses gambar dan video yang tidak sesuai dengan usia mereka atau hanya melarang mereka bermain game.

Saat ini, pengguna dapat sepenuhnya menggunakan banyak cara mengunci aplikasi iPhone tanpa melakukan jailbreak atau terlalu mengganggu sistem keamanan internal perangkat. Ini membantu menjaga data kamu tetap aman dan tidak menyebabkan kerusakan pada perangkat. Mari kita mengantongi sendiri tips yang sangat menarik dalam artikel ini.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

1. Cara tercepat untuk menyembunyikan atau mengunci aplikasi di iPhone

Pertama, Montirbox akan memandu kamu untuk cara mengunci aplikasi di iPhone atau menyembunyikannya dengan mudah hanya dalam satu catatan untuk kamu. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah terperinci cara kunci aplikasi di iPhone dibawah ini:

Langkah 1: Pengguna akan mengakses bagian Settings dari layar utama iPhone.

Langkah 2: Klik General settings

Langkah 3: Kemudian, gulir ke bawah ke bagian bawah layar dan klik bagian Limits 

Langkah 4: Selanjutnya, pilih Enable Restrictions

Langkah 5: Masukkan kata sandi kunci saat diminta

Langkah 6: Segera setelah itu, serangkaian aplikasi yang dalam keadaan diizinkan akan muncul di layar. Pengguna dapat sepenuhnya menyembunyikan perangkat lunak ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya, pengguna ponsel Apple hanya dapat menyembunyikan aplikasi sistem, tetapi tidak dapat menyembunyikan aplikasi yang diproduksi oleh pihak ketiga lainnya. kamu memilih perangkat lunak yang perlu disembunyikan dan kemudian geser bilah aktivasi ke kiri

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah cara kunci aplikasi di iPhone diatas, kamu dapat kembali ke layar utama dan memeriksa ulang apakah aplikasi yang perlu kamu sembunyikan benar-benar tersembunyi atau tidak. Jika kami tidak perlu lagi menggunakan fitur ini, cukup matikan bagian Limits dan selesai.

2. Cara mengunci aplikasi tertentu di iPhone

Selain tips bagus di atas, cara mengunci aplikasi di iPhone apa pun sesuka hati juga sangat sederhana dan mudah dilakukan. Orang-orang dapat merujuk ke langkah-langkah terperinci di bawah ini dan mengikuti:

Langkah 1: Akses Pengaturan iPhone di layar utama > Klik Durasi Layar. Pastikan kamu mengaktifkan Waktu Layar dan telah menetapkan kata sandi untuk itu. Gambar di bawah ini untuk menggambarkan bahwa saya telah menetapkan kata sandi untuk fitur ini.

Langkah 2: Pada tab Waktu Layar, klik perangkat yang kita gunakan. Biasanya, pengguna hanya perlu mengklik nama perangkat mereka yang terletak di bagian atas jika mereka tidak memiliki banyak perangkat lain. Kemudian, di tab 7 hari terakhir, pilih aplikasi yang kamu perlukan untuk menguncinya. Di sini, saya akan memilih Facebook karena ini adalah jejaring sosial yang sangat pribadi.

Langkah 3: Setelah kamu memilih perangkat lunak yang perlu kamu kunci, klik aplikasi tersebut. Gulir ke bagian bawah layar dan pilih Tambah batas. Selanjutnya kita lanjutkan dengan memasukkan kode waktu yang digunakan untuk dapat mengunci aplikasi tersebut setelah waktu yang diperbolehkan habis.

Langkah 4: Setelah itu, orang akan memilih waktu singkat yang terletak di interface pengatur waktu di bagian atas layar iPhone. Montirbox menyarankan agar setiap orang memilih kerangka waktu yang singkat, sekitar 1 menit. Selanjutnya, klik tombol Lainnya yang terletak di sisi kanan sudut atas layar.

Langkah 5: Selanjutnya, coba gunakan perangkat lunak yang diinstal di komputer kamu hingga waktu penginstalan berakhir. Jika kamu ingin lebih cepat, kamu dapat menguranginya menjadi 1 menit. Pada saat itu, fungsi batas aplikasi ini akan mulai berlaku dan langsung mengunci aplikasi yang kamu pilih di atas.

Namun, pengguna juga akan menerima pemberitahuan tentang berapa banyak waktu yang tersisa untuk terus menggunakan aplikasi. Selain itu, aplikasi yang kamu kunci di layar juga akan digelapkan dan ikon jam pasir akan muncul di sebelah nama aplikasi.

Jika ada seseorang yang terus mencoba membuka aplikasi yang terkunci itu, iPhone akan meminta kata sandi yang kamu atur di fitur Durasi Layar pada langkah 3 di atas. Jika kamu memasukkan kata sandi yang benar, kamu juga dapat memilih jangka waktu untuk dapat terus menggunakan aplikasi ini di perangkat kamu.

3. Kunci aplikasi dengan fitur batas aplikasi di iPhone

Untuk iOS 12 dan versi yang lebih baru, Apple sangat jeli saat menambahkan fitur Batas Aplikasi untuk pengguna ponsel cerdas dengan menetapkan kata sandi batas untuk perangkat. Kemudian, kamu dapat sepenuhnya bebas memilih aplikasi yang ingin kami atur waktu penggunaan. Pengguna iPhone harus memperbarui ke versi perangkat lunak terbaru hari ini, iOS 15.2 untuk menggunakan fitur ini dan mengalami hal-hal keren lainnya.

Aplikasi yang dipilih akan dikunci secara otomatis oleh iPhone setelah periode penggunaan yang diizinkan berakhir. Jika ingin membuka aplikasi lagi, pengguna akan diminta memasukkan set password. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk cara mengunci aplikasi di iPhone tanpa harus terlalu mengganggu sistem internal. kamu dapat sepenuhnya mengontrol perangkat lunak pada mesin sesuai dengan keinginan kamu

4. Cara mengunci aplikasi di iPhone dengan ID Wajah

Cara selanjutnya dalam tutorial mengunci aplikasi iPhone adalah dengan menggunakan keamanan Face ID. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, kamu harus menggunakan aplikasi Pintasan. Ini adalah aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di iPhone. Jika kamu tidak sengaja menghapus yang sebelumnya, silakan unduh lagi di tautan di bawah ini.

Tautan unduh aplikasi Shortcut

Langkah 1: Luncurkan software Shortcut > Klik bagian Automation > Klik Create personal automation > Selanjutnya, klik pada kotak Application.

Langkah 2: Di bagian ini, kamu akan dapat memilih aplikasi yang ingin kamu kunci sesuai dengan kebutuhan kamu. Terlebih lagi, kami benar-benar memiliki kemampuan untuk memilih beberapa aplikasi secara bersamaan jika kami mau.

Langkah 3: Pada antarmuka berikutnya, klik tombol Tambahkan tugas > Tekan Cari, lalu pilih Mulai pengatur waktu.

Langkah 4: Kemudian, pilih timeline hanya 1 detik karena ini adalah waktu yang sangat singkat dan cukup untuk mencegah siapa pun mengganggu aplikasi pribadi pengguna.

Langkah 5: Akhirnya, kamu menekan bilah pemicu di Ask before running ke kiri dan mengonfirmasi bahwa Jangan tanya lagi, selesai.

Langkah 6: Selanjutnya, coba akses aplikasi yang terkunci di perangkat. Tepat setelah 1 detik, iPhone akan secara otomatis mengunci layar dan meminta pengguna untuk membukanya kembali dengan ID Wajah atau ID Sentuh untuk dapat masuk kembali ke aplikasi.

5. Setel kata sandi untuk aplikasi perpesanan di iPhone

Saat ini, sederet aplikasi messaging populer iPhone juga telah mengintegrasikan fitur penguncian aplikasi melalui password. Nama yang cukup familiar seperti Zalo atau Messenger juga telah ditambahkan dengan fungsi berkualitas tinggi ini. Pengguna dapat sepenuhnya mengaktifkan kunci aplikasi perpesanan di iPhone dengan mengakses pengaturan aplikasi tersebut.

6. Unduh aplikasi kunci aplikasi di iPhone

Selain cara manual dan sederhana di atas, cara mengunci aplikasi di iPhone melalui aplikasi yang dirilis pihak ketiga juga akan menjadi solusi yang patut dipertimbangkan. Aplikasi tersebut biasanya dapat diunduh sepenuhnya dari Appstore di iPhone kamu.

Aplikasi yang ingin Montirbox perkenalkan disebut Locker. Setelah menginstal aplikasi ini di iPhone, kamu melanjutkan untuk mengatur kata sandi pada perangkat lunak keamanan itu. Setelah itu, pengguna akan menambahkan aplikasi pribadi yang perlu dikunci pada perangkat ke Locker yang diunduh.

Namun, pendekatan ini juga akan memiliki kelemahan residual. Aplikasi tidak akan muncul di layar utama iPhone dan masih akan muncul di bagian Galeri Aplikasi.

7. Kunci aplikasi iPhone dengan batasan wilayah

Cara kunci aplikasi di iPhone terakhir yang ingin Montirbox perkenalkan ke pembaca Montirbox hari ini adalah dengan menggunakan batasan wilayah. Ketika kita pertama kali mendengar namanya, kebanyakan dari kita akan berpikir ini adalah metode yang agak sulit dan ambigu, tetapi implementasinya sangat sederhana. Cukup ikuti langkah-langkah rinci cara mengunci aplikasi di iphone berikutnya di bawah ini:

Langkah 1: Akses ke Pengaturan di layar utama iPhone > Klik Umum.

Langkah 2: Gulir ke bawah ke bagian bawah layar lalu pilih Aksesibilitas > Klik Leaning > Klik Guided Access 

Langkah 3: Pindahkan bilah aktivasi item ini ke atas sehingga berubah menjadi hijau > Pada antarmuka Akses Terpandu, klik Pengaturan Kode Sandi > Klik Guided Access Passcode untuk melanjutkan menyiapkan kata sandi serta memasukkan kata sandi untuk aplikasi.

Langkah 4: Kembali ke layar utama ponsel > Pilih aplikasi penting yang ingin kamu kunci.

Langkah 5: Tekan tombol Home 3 kali > Tunggu perangkat untuk menampilkan bagian Guided Access > Klik tombol Start dan kemudian lanjutkan ke zonasi area pada smartphone yang kamu tidak ingin orang lain mengintip. Selain itu, pengguna juga dapat melingkari semua aplikasi jika diperlukan > Klik Mulai.

Langkah 6: Tetapkan kata sandi untuk mengunci aplikasi > Verifikasi kode sandi lagi. Selanjutnya, area yang dilingkari akan diburamkan.

Ringkasan

Semoga panduan Montirbox tentang cara mengunci aplikasi di iphone di atas juga membantu kamu untuk meningkatkan keamanan ponsel mereka. Semoga kamu sukses.

Jangan lupa untuk terus mengikuti halaman Montirbox untuk dapat memperbarui informasi terbaru tentang teknologi saat ini. Terima kasih semuanya sudah membaca postingan cara mengunci aplikasi di iphone ini.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close