Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Smartphone Android

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD (SD Card) - Memindahkan aplikasi ke kartu SD atau menginstalnya secara langsung ke SD card akan menghemat memori internal yang dapat dengan cepat terisi apabila Anda mempunyai smartphone cerdas dengan penyimpanan memori internal yang terbatas. Pada artikel ini, Montirbox akan memberikan ide bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD, dan juga memindahkan data ke kartu Micro SD dengan memanfaatkan fitur Adoptable Storage yang telah tersedia untuk sementara waktu.

Android tentu saja merupakan sistem operasi yang sangat fleksibel, penggunanya telah mengetahui waktu-waktu ketika itu jauh lebih sedikit daripada hari ini. Menginstal aplikasi pada kartu SD atau memindahkannya ke sana hanya dimungkinkan sejak periode Marshmallow, dengan hadirnya fitur Penyimpanan Adoptabel yang memungkinkan memori eksternal digabungkan dengan memori default smartphone Anda, yang terpenting Smartphone Anda mempunyai slot penyimpanan memori external atau slot microSD.

Perhatikan, bagaimanapun, bahwa tidak semua pengguna dapat memanfaatkan fitur ini karena sebagian produsen seperti Samsung menonaktifkan fitur ini di ponsel cerdas mereka.

Baca Juga : iPhone VS Android, Bagus Mana?

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD (micro SD)

Apabila Anda memakai memori internal di smartphone dan ingin mengupgrade ke penyimpanan memori yang lebih tinggi, Anda harus memindahkan aplikasi dan data Anda ke kartu SD yang baru, atau bahkan menginstal semua aplikasi baru di media eksternal. Awalnya, hanya mungkin untuk memindahkan data dari aplikasi tertentu, yang sudah lumayan. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menggunakan mode Penyimpanan yang Dapat Diadopsi pada ponsel pintar Android Anda (Catatan: tips ini tidak akan berfungsi pada smartphone Samsung):

- Masukkan kartu micro SD ke dalam slot yang disediakan pada smartphone Anda

- Buka menu Pengaturan> Penyimpanan, lalu pilih memori eksternal dengan menekan labelnya

- Pilih dengan mengetuk tiga titik vertikal di bagian sudut kanan sebelah atas, kemudian ketuk Pengaturan Penyimpanan 

- Pada layar yang terbuka, pilih opsi Format sebagai memori internal. Namun sebelum Anda mengambil risiko, pastikan bahwa jika kartu SD tersebut berisi data penting, backup terlebih dulu datanya dan disimpan di media lain, karena semuanya akan terhapus.

Setelah proses format selesai, Anda akan ditawarkan untuk memindahkan semua data Anda ke kartu SD atau melakukannya nanti. Jika Anda memilih untuk mentransfer semua data, hanya media yang akan ditransfer. Aplikasi yang diinstal sebelum penggabungan disimpan di memori internal. Tapi kita bisa melakukan proses transfer secara manual setelahnya. Kartu SD, meski sekarang sudah menyatu dengan memori internal tetap dibedakan oleh sistem.

Pindahkan aplikasi ke kartu SD

Sekarang aplikasi baru yang diinstal dari PlayStore akan diunduh secara default di bagian atau penyimpanan eksternal. Jika Anda masih ingin beberapa dipasang di memori internal, Anda dapat memindahkannya:

- Buka bagian Pengaturan> Aplikasi

- Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, lalu pilih opsi Penyimpanan (Storage)

- Ketuk untuk mengubah jenis penyimpanan

- Pilih dibagian penyimpanan internal, lalu tekan tombol Pindah di layar yang terbuka

Itu saja, sesederhana itu bukan?. Untuk cara memindahkan aplikasi ke kartu sd atau sebaliknya, prosesnya akan sama. Cukup memilih kartu eksternal pada tahap memodifikasi jenis penyimpanan. Apa pun yang Anda pilih, sekarang kecil kemungkinan Anda akan terganggu oleh pesan jenis penyimpanan yang tidak mencukupi di ponsel pintar Android Anda .

Terakhir, sangat berguna untuk menentukan bahwa fitur Penyimpanan yang Dapat Diadopsi tidak hanya memiliki keunggulan. Memori internal umumnya jauh lebih cepat daripada kartu microSD di pasaran, menggabungkannya dapat membuat ponsel Anda sedikit kurang responsif. 

Apabila Anda akan mengembalikan ke pengaturan awal, caranya sangat mudah. Buka saja  Pengaturan> Penyimpanan lagi, ketuk nama micro SD card Anda, lalu ketuk tiga titik vertikal di bagian kanan atas. Buka Pengaturan Penyimpanan dan pilih format sebagai penyimpanan eksternal, dengan mengingat bahwa data akan hilang lagi termasuk semua aplikasi yang dipasang di kartu SD bersama dengan datanya.

Itu tadi beberapa tips untuk cara memindahkan aplikasi ke kartu SD, walaupun cara ini hanya terbatas untuk beberapa merk dan type smartphone saja, setidaknya bisa membantu bagi Anda yang memiliki ponsel yang yang suport dengan cara ini.

Posting Komentar untuk "Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Smartphone Android"