Skip to main content

Bagian-bagian AC dan Bagaimana Memahami Cara Kerja Serta Fungsi AC

Bagian Bagian AC dan Cara Kerja Serta Fungsi AC - Tiga bagian utama unit AC adalah kompresor, kondensor, dan evaporator. Kompresor dan kondensor terletak di bagian luar AC dan evaporator terletak di bagian dalam.

Fungsi Dasar AC

Fungsi dasar AC didasarkan pada prinsip pemanasan dan pendinginan berturut-turut dari cairan yang sangat mudah menguap, seperti Freon. Cairan pertama-tama memasuki kompresor, di mana ia dikompresi menjadi gas. Ini melepaskan panas dan membuat cairan menjadi lebih dingin. Panas yang hilang dipancarkan ke luar dengan bantuan kipas angin. 

Cairan kemudian memasuki kondensor, di mana ia menyerap panas dari lingkungan untuk diubah menjadi gas. Makanya, lingkungan menjadi sejuk. Seluruh proses berlanjut secara siklis dan ini menyebabkan terjadinya pendinginan ruangan.

bagian bagian ac


Selain tiga bagian dasar Air Conditioner, bagian bagian AC lainnya adala koil. AC juga memiliki koil panas di bagian luar untuk menghilangkan panas, koil dingin di bagian dalam untuk menyerap panas, dua kipas (satu di luar dan satu di dalam) dan sirkuit kontrol untuk mengubah suhu. Ini dilakukan dengan mengubah kecepatan putaran kipas menggunakan potensiometer.

Kompresor sebagai komponen penting AC

Bagian AC (Air Conditioner) yang paling penting dan mahal adalah kompresornya. Perusahaan memberikan garansi pada kompresor, dan kompresor yang berkualitas baik dapat berfungsi secara efisien selama beberapa tahun. Kompresor baru dapat dibeli dan dipasang ke AC jika yang asli mengalami kerusakan. 

Sangat ideal untuk membeli kompresor pengganti (jika kompresor asli telah rusak) yang di produksi oleh perusahaan yang sama dengan pendingin udara yang kita pakai. Namun, perlu juga disebutkan bahwa hanya sedikit perusahaan yang memproduksi kompresor mereka sendiri, biasanya para teknisi AC lepas akan mencari tipe dan spesifikasi kompresor yang dibutuhkan. 

Kondensor dan evaporator juga bisa mengalami kerusakan dan bisa diganti. Kasus yang sama berlaku untuk koil pendingin dan pemanas. Masalah pada kumparan menyebabkan disipasi panas yang salah, sehingga menyebabkan hasil yang tidak memuaskan. Kipas adalah komponen unit AC yang paling mudah diganti. Mereka hanya dipasang dengan sekrup di bagian luar AC dan dengan kabel ke papan sirkuit utama AC.

Cover AC tidak hanya sekedar penutup AC

Satu lagi komponen AC lainnya adalah penutup luarnya (cover atau casing AC). Cover AC memiliki fungsi lain disamping untuk memberikan daya tarik estetika pada AC. Biasanya penutup unit AC terbuat dari plastik yang dicetak dan tersedia dalam berbagai warna dan desain. Hal yang sama juga berlaku untuk tombol dan kenop. 

Fungsi lain dari cover AC adalah untuk melindungi AC dari kondisi cuaca yang tidak menguntungkan seperti kondensasi, embun, angin dingin, panas yang ekstrim, dll. Mereka juga menjauhkan debu dan serangga kecil dari badan AC dan berbagai komponennya.

Cover terbuat dari bahan sintetis seperti vinil, plastik, terylene atau Dacron. Mereka dapat dicuci, dipasang, dan dilepaskan pada AC dengan pengait plastik atau pengencang Velcro. Cover ini dapat digunakan untuk menutupi seluruh bodi AC, kecuali area yang berisi saluran pembuangan dan tombol kontrol. 

Cover AC tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Sebagian besar dibuat dalam ukuran AC standar dan bisa dibeli langsung dari toko. Beberapa perusahaan juga memproduksi custom Cover setelah mengambil spesifikasi dari perusahaan pemesan. Beberapa cover yang baik dan berkualitas dapat menyerap getaran AC, dan mengurangi kebisingan yang ditimbulkannya.

Dan yang terakhir adalah selang atau pipa AC, pipa ini dibutuhkan sebagai saluran pembuangan (berupa air) yang disebabkan oleh proses kondensasi yang terjadi pada unit AC. Biasanya selang atau saluran pembawa air ini ditempatkan dan diarahkan menuju keluar rumah (exterior).

Baca Juga : Penyebab Ada Bunga Es di Pipa Outdoor AC dan Jendela AC

Itu tadi bagian bagian AC serta kegunaannya, semoga artikel ini dapat memberikan pembelajaran buat kita tertama bagi kita yang sedang belajar tentang elektronika, khususnya dibidang AC.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar