Skip to main content

IPhone VS Android, Bagus Mana?

Sekelumit pandangan dari berbagai sumber tentang  IPhone VS Android, siapa yang menang?

Ada kehebohan di lingkaran media dan telekomunikasi saat pengguna iPhone dan Android bersaing untuk menjadi juara di kelasnya dalam hal teknologi seluler. Dilihat dari sudut pandang produktivitas, kedua perangkat memang memiliki perbedaan dan kesamaan. Namun, bergantung pada kategori masing-masing yang mereka layani, selalu ada satu yang memiliki keunggulan kompetitif. 

Montirbox akan memberikan review dan perbandingan masing-masing perangkat seluler di setiap kategori pilihan untuk memastikan mana yang menonjol antara IPhone VS Android. Area yang sering menjadi pertanyaan dalam smartphone ini adalah: Fitur login, pengambilan foto, melakukan panggilan, mengelola penyimpanan, hiburan pengguna, dan yang terakhir, melibatkan media sosial.

 IPhone VS Android, Bagus Mana?

1. Logging In (Akses Masuk Pengguna)

Masuk ke perangkat seluler adalah hal pertama yang kita lakukan sebelum menggunakan fitur telepon. Teknologi sensor sidik jari TouchID iPhone dianggap sebagai cara paling aman bagi pengguna yang berkepentingan untuk mengakses perangkat, karena setiap sidik jari unik untuk setiap orang di bumi ini tentu saja berbeda. 

walaupun pengguna Android mempunyai teknologi yang sama, iPhone lebih unggul dan benar-benar diakui untuk hal segi ini. Sebagai perbandingan, Android mempunyai teknologi kunci layar pintar yang memakai pengenalan wajah untuk melakukan akses ke smartphone, tetapi sering hal ini terbukti kurang aman daripada fitur TouchID.

IPhone VS Android, Bagus Mana?

2. Melakukan Panggilan Telepon

Saat ini jaga jarak atau social distancing menjadi norma baru di kehidupan masyarakat akibat Corona, panggilan "Facetime" sudah membuktikan keunggulannya dan sekali lagi, iPhone user bisa berbangga dengan fitur ini. Sebanyak yang disukai dalam kategori ini, pengguna Android menjembatani kesenjangan dengan menghadirkan aplikasi pesaing seperti WhatsApp untuk dapat terhubung via virtual dengan kontak mereka. Namun, tentu saja hal ini tidak mirip dengan "Facetime".

Bertentangan dengan yang tadi, teknologi Android hadir dengan fitur daftar kontak yang ramah pengguna dan dianggap lebih unggul dibanding dengan iPhone. Seluruh kontak diatur dengan berurutan ke panggilan terakhir dan yang paling sering dihubungi. Fitur nyaman ini memungkinkan pengulangan kembali panggilan dengan sangat mudah.

3. Selfie dan Bidikan Kamera

Berbicara mengenai pengambilan gambar ke wajah, foto selfie diyakini akan menjadi fitur paling utama untuk sebagian besar pengguna ponsel smart. iPhone lagi-lagi lebih terlihat memimpin dalam hal mengabadikan momen dalam hal kualitas dan presisi. Kedua smartphone berbagi kekurangan dan kelebihan bergantung pada keterampilan penggunanya, satu hal yang paling menonjol pada Android: penyimpanan dan pengaturan foto. Dengan tegasnya Android dapat mengalahkan iPhone dalam category itu, karena memiliki fitur Google Photo yang dapat menyimpan dan mengelola gambar.

3. Storage (Penyimpanan)

Penyimpanan bagi smartphone memainkan bagian besar dari pengumpulan data, dan pengguna bisa memberikan penilaian yang tinggi ketika memutuskan perangkat mana yang akan dipakai. Jika Anda adalah seorang seniman grafis, fotografer, atau entertain yang membutuhkan dari segi pengolahan data, kemungkinan besar Anda lebih memilih smartphone Android. 

Mengapa?, sebab Android tidak membutuhkan upgrade saat kapasitas untuk menyimpan file telah habis. Anda memiliki kartu SD yang dapat di upgrade dan penyimpanan cloud yang bisa diakses.

Sebaliknya, iPhone mempunyai penyimpanan file cloud di iClouds yang mirip dengan Google Photo, namun perbedaannya penyimpanan internal pada iPhone (slot SD) tidak dapat diganti saat pengguna melebihi kapasitas penyimpanan fisik.

Iphone harus meng-upgrade ponsel smartphone nya ke perangkat yang terbaru dan lebih diperbaharui. Jika Anda adalah seorang yang bergerak dibidang multimedia dan memiliki budget yang lebih, saran yang cerdas adalah memilih iPhone karena fitur keluaran terakhir mengalahkan semua fitur lainnya.

4. Hiburan

Musik dan video memberikan persentase yang besar bagi pengguna ponsel untuk memiliki perangkat yang memberikan kualitas gambar dan suara yang presisi. IPhone tentu lebih unggul hingga saat ini. Dikutip dari laman Majalah CNN Business, iPhone adalah perangkat utama untuk repertoar musik yang tidak terbatas dan tetap konsisten mengikuti teknologi bagi penggunanya. 

Namun yang membedakan dengan platform Apple, iPhone adalah musiknya tidak gratis sedangkan pengguna Android menikmati musik gratis yang kita semua tahu di support oleh iklan.

5. Media Sosial

Sementara iPhone mengklaim dominasinya dari segi hiburan, sedangkan Android menantang kompetitornya dalam hal keterlibatan sosial media. hal tersebut menjadi fakta yang mengkhawatirkan karena aksesnya yang tidak terbatas yang berasal dari biaya terjangkau Android.

Bertentangan dengan ini, iPhone diketahui memiliki banyak fitur yang dapat menguras kantong konsumen. Namun, ada garis batasan dalam hal fitur baru dan peningkatan jika seseorang tidak memilih iPhone, dia mungkin tertinggal di bidang teknologi.

Dalam dunia bisnis, aplikasi baru bermunculan setiap hari untuk meningkatkan produktivitas. Apabila Anda adalah seorang manajer di sosial media, akan cocok bagi Anda untuk memilih ponsel cerdas dengan perangkat terbaru untuk menjangkau pasarnya. IPhone mengungguli Android dari segi memenuhi tuntutan teknologi tinggi tersebut. tetapi untuk hal kemudahan komunikasi dan manfaat yang ramah bagi pengguna, Montirbox tidak perlu meragukan lagi bahwa Android lebih menonjol.

Berdasarkan sumber CNET, baik iPhone ataupun Samsung sudah memiliki strategi pasar dalam hal manfaat dan fitur bagi penggunanya masing-masing. Sebuah artikel khusus dari CNET memaparkan bahwa komunikasi memegang kunci penting pada perangkat yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi dengan pasangannya masing-masing, itu berarti apapun perangkat yang kita pakai dalam berkomunikasi, tradisi, budaya, dan harapan sangat berperan dalam memutuskan mana yang lebih efektif dalam berkomunikasi.

Kesimpulan

Perbedaan dan persamaan memperlihatkan keuntungan dan kerugian di setiap fitur dan kategori, kita bisa memutuskan perangkat mana yang memberi kepuasan bagi masing-masing pribadi. Kita tidak bisa mengatakan mana yang lebih dominan dan lebih disukai daripada yang lain, karena segala sesuatunya akan berbeda dan memiliki keunikan tersendiri bagi penggunanya.

Dalam menentukan siapa yang menang (IPhone VS Android), seseorang tidak bisa hanya bergantung pada keputusan user saja, tetapi pihak ketiga yang juga menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan. Oleh sebab itu, Montirbox menyerahkan kepada setiap pembaca untuk menentukan siapa yang paling unggul: iPhone VS Android. Namun tentu saja keduanya memiliki tempat masing-masing di dunia telekomunikasi.

Oke sobat Montirbox, demikian tadi sedikit pandangan mengenai mana yang terbaik antara IPhone VS Android, mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi gambarannya. Namun pandangan yang terbaik mengenai IPhone VS Android ini tentu saja berbeda-beda untuk setiap orang.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close