--> Skip to main content

Cara Memasukan Kode Remot TV Mudah dan Cepat

Cara Memasukan Kode Remot TV - Remot tv universal atau yang biasa juga disebut remot tv multi atau joker memudahkan Anda mengontrol TV dan komponen lainnya, namun tidak serta merta remot TV universal langsung bisa digunakan untuk perangkat televisi atau perangkat lainnya, kita harus memasukkan kode remot agar remot bisa bekerja. Disini Montirbox akan memberikan panduan untuk Anda bagaimana cara memasukkan kode remot TV joker.

Untuk cara setting remot tv universal, pastikan Anda sudah memasang baterai ke Remote. Opsi dan langkah pemrograman mungkin bisa berbeda untuk setiap merek dan model remote control universal. Berikut ini adalah contoh opsi cara memasukan kode remot tv yang mungkin disediakan, dan langkah-langkah yang mungkin diperlukan saat setting remot tv multi yang Anda miliki.

Kode Remot TV

Cara Memasukan Kode Remot TV


A. Entri Kode Langsung

Cara memasukan kode remot tv paling mudah atau memprogram remote tv universal adalah dengan memasukkan kode yang mengidentifikasi produk yang ingin Anda kontrol. Kode dapat diberikan melalui lembar kode berupa kertas atau halaman web, dimana kode terdaftar berdasarkan merek dan jenis perangkat (TV, pemutar Disk Blu-ray, Penerima Home Theater, cable box, VCR, dan terkadang streamer media).

Cara Memasukan Kode Remot TV

Langkah-langkah cara memasukan kode remot tv joker secara manual

1. Nyalakan perangkat yang ingin Anda kontrol.

2. Tekan dan tahan tombol SET+POWER di remot tv joker Anda, lalu lepaskan (beberapa remote mengharuskan Anda menekan tombol pengaturan sebelum menekan tombol perangkat). jika remot tv multi Anda memiliki led, maka led akan menyala.

Tips: Meskipun tombol dapat dilabeli untuk perangkat tertentu, Anda dapat menggunakannya untuk perangkat yang kompatibel, Anda hanya perlu mengingat tombol mana yang sesuai dengan perangkat yang Anda kontrol setelah pemrograman selesai.

3. Masukkan kode remot yang sudah Anda catat tadi (biasanya kode remot berjumlah 3 angka). Jika suatu merek memiliki lebih dari satu kode, mulailah dengan kode yang pertama. Saat Anda selesai memasukkan kode remot, led atau tombol daya pada remote akan mati.

4. Setelah memasukkan kode remot selesai, coba tekan tombol remot. Jika led di remot menyala dan tetap menyala, Anda telah memasukkan kode yang benar.

5. Jika tombol daya berkedip beberapa kali, maka kode yang Anda masukkan salah. Setiap kali Anda tidak berhasil, ulangi langkah entri kode untuk setiap kode hingga mendapatkan kode yang benar dan berhasil.

6. Setelah pemrograman, lihat apakah remote universal mengontrol fungsi dasar perangkat Anda. Untuk TV, Anda harus dapat mematikan dan menghidupkannya (turn on/off), menambah dan mengurangi volume, mengubah saluran, dan setingan lainnya.

Tips: Jika menggunakan cara memasukan kode remot tv dengan entri kode langsung, tulis kode yang berhasil di buku catatan Anda untuk referensi di kemudian hari.

B. Cara Memasukan Kode Remot TV Otomatis

Pencarian Kode Otomatis dapat digunakan jika Anda tidak memiliki akses ke kode spesifik untuk merek atau jenis perangkat yang ingin Anda kontrol. Remote Universal akan mencari melalui seluruh daftar kode yang ada dalam databasenya, menguji beberapa kode sekaligus.

Berikut adalah contoh langkah-langkah cara memprogram remot tv joker secara otomatis:

1. Nyalakan TV Anda atau perangkat lain yang ingin Anda kendalikan.

2. Tekan dan tahan tombol "SET" di remot joker serta arahkan remot ke produk yang ingin Anda kontrol (TV, dll.).

3. Perhatikan pada lampu led di remot, jika lampu led mulai berkedip-kedip, lepaskan jari Anda pada remot. Remot akan mulai mencari kode secara otomatis.

4. Sambil remot tv joker tetap diarahkan ke tv dan lampu led remot berkedip-kedip, tetap perhatikan layar TV Anda.
5. Jika pada layar televisi muncul display pengaturan volume, Anda harus cepat-cepat menekan tombol volume min (-) atau plus (+) pada remot TV joker.

6. Apabila berhasil maka display volume di layar tv akan hilang, itu berarti Anda telah berhasil memasukkan kode remot TV joker secara otomatis.

7. Selanjutnya Anda bisa mengecek semua tombol di remot, apakah semua tombol bisa berfungsi dengan baik.


C. Cara Memasukan Kode Remot TV Via PC atau Komputer

Opsi pemrograman lain yang tersedia untuk beberapa Remote Universal adalah dengan PC. Salah satu merek yang mendukung opsi ini adalah Logitech Harmony.

Alih-alih mencari kode yang benar, Anda cukup mencolokkan Logitech Harmony Remote langsung ke PC Anda melalui koneksi USB dan melakukan semua pemrograman Anda secara online melalui situs web Logitech Harmony, yang tidak hanya memiliki database yang diperbarui secara terus-menerus dari sekitar 250.000 kode kontrol, tetapi juga menghemat semua preferensi pengaturan pemrograman Anda untuk akses mudah saat dibutuhkan.

Cara Memasukan Kode Remot TV

Pengaturan khusus meliputi:

1. Pilih atau masukkan nomor model Remote Control Logitech Harmony Universal Anda.

2. Tentukan jenis dan merek perangkat yang ingin Anda kontrol.

3. Buat Aktivitas yang memungkinkan Anda untuk menghidupkan dan melakukan beberapa tugas tambahan di beberapa perangkat secara bersamaan.

Kesimpulan

Remote TV universal tidak selalu merupakan pengganti keseluruhan untuk yang asli. Beberapa hanya mengontrol fungsi-fungsi dasar, sementara yang lain mungkin menyediakan akses ke pengaturan gambar, suara, jaringan, dan Smart TV. Namun, penggunaan remote asli mungkin masih diperlukan untuk beberapa atau semua fitur canggih. Tidak semua Remote multi bisa cocok dengan perangkat Anda. Saat membeli Remote Universal, perhatikan opsi pemrograman apa yang tersedia, dan bagaimana cara memasukan kode remot TV dengan mudah serta tepat.

Periksa apakah remote universal tersebut memiliki memori sementara yang menyimpan informasi kontrol selama beberapa menit ketika Anda harus mengganti baterai. Jika tidak, Anda mungkin harus memprogram ulang remote. Seperti yang disebutkan di bagian atas halaman, opsi dan langkah pemrograman dapat berbeda dari satu Merek atau Model Universal ke yang lain. Baca panduan pengguna Anda untuk detail spesifik.

Oke sobat Montirbox, itu tadi tutorial cara memasukan kode remot tv dengan menggunakan remot tv joker atau remot tv universal, ataupun sering juga disebut dengan remot tv multi. Semoga informasi dan tutorial ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close