Skip to main content

Spesifikasi PS5 Hadir Dengan Penyimpanan SSD Ultra Cepat

Spesifikasi PS5 Hadir Dengan Penyimpanan SSD Ultra Cepat - Setelah Microsoft mengungkapkan spesifikasi lengkap untuk konsol Xbox Series X generasi terbaru awal minggu yang lalu, Sony juga telah mengikuti jejaknya dengan melakukan presentasi pra-rekaman dari arsitek desain PlayStation 5, Mark Cerny. Para ahli di Eurogamer's Digital Foundry juga menerbitkan analisis terperinci dari spesifikasi PS5, dan mengungkapkan hal yang sangat menarik dari konsol PS5 ini.

Meskipun Sony dan Microsoft sama-sama memilih CPU Zen 2 dan GPU RDNA 2 Kustom dari AMD untuk konsol baru mereka, Sony memilih frekuensi variabel untuk GPU dan CPU PlayStation 5. "Ini paradigma yang sama sekali berbeda", jelas Cerny. "Daripada berjalan pada frekuensi konstan dan membiarkan daya bervariasi berdasarkan pada beban kerja, kami pada dasarnya menjalankan daya konstan dan membiarkan frekuensi bervariasi berdasarkan pada beban kerja", ungkapnya lagi.

Spesifikasi PS5

Memang 36 Compute Unit dalam GPU PS5 akan dapat mencapai frekuensi maksimum 2.23Ghz, yang lebih tinggi dari frekuensi 1.825GHz untuk 52 CU di Xbox Series X GPU. Secara keseluruhan, GPU PS5 akan menghadirkan daya komputasi sebesar 10.28 teraflops, yang kurang dari 12 teraflops untuk GPU Xbox Series X.

Di sisi CPU, 8 Zen 2 core di PS5 CPU akan dapat berjalan pada frekuensi variabel maksimum 3.5Ghz, sebanding dengan 3.8Ghz (3.6 Ghz dengan hyper-threading) untuk 8 Zen 2 core di Xbox CPU Series X.

Spesifikasi PS5
Spesifikasi PS5

Apa yang benar-benar mengesankan sejauh ini tentang PlayStation 5 adalah SSD yang dirancang khusus, yang akan memberikan kecepatan yang sangat inovatif. Sony mengumumkan bandwidth 5.5GB per second yang dapat mencapai 8-9GB per second dengan algoritma kompresi data. Itu jauh lebih cepat daripada SSD di Microsoft Xbox Series X, yang memiliki bandwidth 2.4 GB per detik.

Dengan hanya penyimpanan 825 GB, SSD di PlayStation 5 juga lebih kecil dari SSD 1 TB di Xbox Series X, tetapi PlayStation 5 akan datang dengan slot NVMe untuk SSD eksternal yang sudah disertifikasi oleh Sony. Microsoft memilih rute yang berbeda dengan kartu ekspansi 1 TB eksklusif yang dibangun oleh Seagate, meskipun penyimpanan eksternal yang lebih lambat masih diperbolehkan untuk game Xbox One dan game Xbox 360 dan OG Xbox yang kompatibel.

Berbicara tentang kompatibilitas untuk generasi PlayStation sebelumnya, Sony saat ini bekerja untuk mendukung 100 game PS4 teratas saat diluncurkan. Itu perbedaan yang nyata dibandingkan dengan Xbox Series X, yang akan mendukung semua game Xbox One yang ada, serta game Xbox 360 dan OG Xbox yang sudah kompatibel sebelumnya.

Sony juga menyebutkan teknologi audio 3D-nya yang ditenagai oleh Tempest Engine-nya, yang dapat mendukung ratusan sumber audio yang berbeda. Teknologi ini akan suport dan bekerja dengan baik pada perangkat audio seperti headphone, speaker TV, dan perangkat audio lainnya, serta memiliki pengaturan multi-speaker.

Apa yang belum diperlihatkan Sony hari ini adalah desain konsol barunya, yang masih menjadi misteri. Microsoft memilih desain "monolith" untuk Xbox Series X-nya, meskipun tinggi Xbox generasi terakhir kira-kira sama dengan panjang Xbox One X. Gambar-gambar kit pengembangan PS5 berbentuk V sudah banyak beredar secara online, tetapi desain final konsol mungkin bisa saja berbeda.

Microsoft berjanji bahwa Xbox Series X akan menjadi konsol generasi berikutnya yang paling kuat, dan itu pasti benar dalam hal kekuatan GPU. Namun, SSD ultra-cepat bisa menjadi game-changer sejati, seperti yang ditunjukkan Digital Foundry John Linneman beberapa hari yang lalu.

Hal paling gila tentang PS5 adalah kecepatan SSD 5.5 GB per detik. Diatas kertas hal ini tentu saja membuktikan bahwa konsol PS5  jauh lebih cepat daripada Xbox Series X. Walaupun Microsoft memiliki konsol next-gen paling kuat di atas kertas, Sony berhasil menjual lebih dari 100 juta konsol PS4 selama generasi konsol ini, dan kita tidak boleh meremehkan kekuatan ekosistem dan loyalitas merek.

Sony juga memiliki jajaran bintang eksklusif di PS4, dan ini kemungkinan akan berlanjut dengan PS5. Perang konsol pasti akan terus terjadi dan berjalan sengit, tetapi Xbox Series X, Xbox Game Pass, dan Project xCloud, Microsoft tentu saja tidak mau kalah dengan kompetitornya Sony dan Nintendo. - Spesifikasi PS5 Hadir Dengan Penyimpanan SSD Ultra Cepat

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke [email protected].
Buka Komentar
Tutup Komentar
close