--> Skip to main content

Penyebab Kaki Mendadak Lemas Secara Tiba-tiba

Penyebab Kaki Mendadak Lemas Secara Tiba-tiba - Pernahkah kaki anda tiba-tiba lemas tanpa sebab? mungkin anda akan bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi? padahal sebelumnya anda tidak melakukan kegiatan yang berat atau melakukan aktivitas yang membuat kaki anda cedera, kira-kira apa yang menyebabkan kaki tiba-tiba terasa lemas?

Kaki yang tiba-tiba terasa lemas bisa diakibatkan oleh berbagai kondisi, mulai dari kondisi ringan hingga menandakan anda mengalami kondisi kesehatan yang lebih serius. Berikut beberapa penyebab kaki anda tiba-tiba terasa lemas :

Penyebab kaki tiba-tiba lemas yang pertama adalah disebabkan oleh serangan stroke. Stroke terjadi ketika suplay darah ke otak terhambat karena adanya penyumbatan, hal ini yang membuat kaki anda tiba-tiba lemas. Namun stroke tidak hanya menyebabkan lemas pada kaki, stroke juga mengakibatkan lemas pada tangan, wajah dan beberapa anggota tubuh lainnya.

Selanjutnya gejala lain yang akan timbul akibat stroke ini seperti kesulitan berbicara, sakit kepala parah, hingga sebagian wajah menjadi lemas. Jika anda mengalami gejala lain sebaiknya anda segera menghubungi bantuan medis agar segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Penyebab Kaki Mendadak Lemas

Penyebab kaki lemas yang kedua, neuropati perifer. Penyakit ini terjadi ketika adanya gangguan atau kerusakan pada sistem saraf, perifer. Hal ini disebabkan oleh berbagai kondisi seperti infeksi, cedera, hipertiroidisme, hingga diabetes. Neuropati perifer ini menyebabkan kaki melemah hingga disertai dengan gejala lain, seperti kesulitan berjalan hingga sensasi terbakar. rasa sakit yang parah akan terjadi di malam hari.

Penyebab kaki lemas tiba-tiba selanjutnya yang ketiga adalah ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis. Ini merupakan penyakit neurologis progresif yang merusak sel saraf, penyakit ini ditandai dengan kelemahan pada kaki, kesulitan menelan, berbicara cadel dan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : 5 Terapi Yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan

Yang keempat karena penyakit parkinson. Penyakit ini adalah gangguan neurode generatif yang mempengaruhi otak, gejala kondisi ini muncul secara bertahap selama bertahun-tahun. Beberapa gejala yang muncul selain kaki yang mendadak lemas yaitu terjadi tremor, gerakan melambat, suara berubah, masalah berjalan atau keseimbangan.

Penyebab kaki lemas yang kelima yaitu multiple sclerosis. Ini merupakan salah satu penyakit autoimun dari sistem saraf pusat, penyakit ini bisa menimbulkan banyak gejala seperti kelemahan otot remor, kesulitan berjalan, mati rasa, lemas, hingga gangguan visual.

Itulah penjelasan mengenai penyebab kaki mendadak lemas, terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close