Skip to main content

Penyebab Gigi Sensitif dan Solusinya

Penyebab Gigi Sensitif dan Solusinya - Assalamualaikum, halo sobat Montirbox. Mungkin sobat ada yang memiliki masalah dengan gigi sensitif, apa yang menyebabkan gigi kita menjadi sensitif? Sebenarnya yang menyebabkan gigi sensitif itu karena kehilangan lapisan terluar dari gigi yang biasa orang-orang ketahui sebagai email atau enamel.

Enamel atau email gigi (bukan e-mail surat ya :D) itu adalah lapisan yang paling luar dari gigi. Kenapa bisa hilang lapisannya? atau lapisannya bisa berkurang? biasanya karena gaya hidup sehari-hari. Seperti menggosok gigi yang terlalu keras, atau pemilihan sikat gigi yang dipilih terlalu kasar.

Gigi senstif juga disebabkan karena penggunakan pasta gigi yang mengandung butiran-butiran yang terlalu keras, dan juga bisa karena mengkonsumsi makanan-makanan yang terlalu asam. contohnya makanan-makanan yang terlalu asam itu bagimana? contohnya seperti mengkonsumsi jajanan pempek, atau tertalu banyak minum soft drink.

Sebenarnya pempeknya tidak mengandung asam, yang mengandung asam adalah kuahnya (mengandung cuka). Lalu jika orang-orang yang misalnya hobi makan pempek itu sebaiknya bagaimana? setelah makan dikumur-kumur atau bilas rongga mulut dengan air putih, bukan teh atau kopi.

Mungkin sobat Montirbox ada yang bertanya, "untuk gigi sensitif itu biasanya mulai usia berapa?" jawabannya tergantung dari gaya hidup masing-masing, anak kecil juga bisa terkena gigi sensitif, anak kecil sudah bisa terkena pengelupasan email gigi. Jika anak kecil terlalu suka minum soft drink atau mungkin punya kebiasaan buruk lainnya, maka anak kecil juga akan rentan terhadap gigi sensitif.

Gigi Sensitif

kemudian apakah ada terapi atau pencegahan untuk gigi sensitif? Bagi Anda yang belum terkena gigi dan giginya masih bagus bagaimana cara mencegahnya supaya tidak mengalami gigi sensitif? Pencegahan gigi sensitif yang pertama tentu saja tidak boleh sikat gigi yang terlalu keras, pemilihan sikatnya harus benar. Konsumsi makanan juga harus dijaga agar jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu asam.

Oke sobat Montirbox, tadi kita sudah membahas bagaimana caranya untuk mencegah gigi sebelum terjadinya gigi sensitif, nah sekarang jika sudah terlanjur terkena gigi sensitif bagaimana solusinya? Apakah ada cara agar tidak mengalami ngilu atau mungkin email gigi bisa diperbaiki atau tumbuh kembali?

Baca Juga : Manfaat Protein Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Sebenarnya kalau untuk menumbuhkan enamel tidak bisa lagi, solusinya bisa dengan ditutup atau dibuntu. ditutup atau dibuntu itu dengan datang ke dokter gigi, biasanya dokter gigi akan memberikan treatment untuk membuntu atau melapisi bagian yang sudah ter-ekspose. Treatment ini berguna jika terkena air dingin tidak mengalami ngilu lagi.

Apakah bisa treatment gigi sensitif dengan pasta gigi? jawabannya jika gigi sensitifnya belum terlalu parah bisa dicoba dulu dengan pasta gigi untuk gigi sensitif, namun apabila dengan pasta gigi anti sensitif tadi sudah tidak mempan lagi, Anda harus pergi ke dokter gigi untuk treatment gigi sensitif seperti yang telah disebutkan diatas tadi.

Ok sobat Montirbox, demikian artikel mengenai Penyebab Gigi Sensitif dan Solusinya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close