Skip to main content

Jenis Penyakit Yang Tidak Membutuhkan Obat

Jenis Penyakit Yang Tidak Membutuhkan Obat - Halo sobat, jumpa lagi kita di blog Montirbox, kali ini kita akan membahas sebuah topik yaitu “Apakah Setiap Penyakit membutuhkan Obat?”. Mengapa kita harus membahas topik ini? Karena banyak orang yang sedikit-sedikit sakit minta obat ke dokter. “Dok, saya kegemukan, obatnya apa?”. “Dok, saya pilek,  obatnya apa, dok?”, dan sebagainya. Sebenarnya tidak semua penyakit itu butuh obat. Apalagi untuk anda yang sakit hati, habis diputusin pacar, Anda tidak butuh obat, tetapi anda butuh ganti pacar baru :D. 

Sekarang kita akan bahas penyakit apa saja yang tidak butuh obat. Yang pertama, contohnya anda yang sekarang sedang pilek. Kebanyakan dari kita kalau pilek, langsung ke apotek. “Mbak, obat untuk pilek apa?”, Anda langsung membeli antibiotik, Anda langsung membeli obat pilek dan sebagainya.  Sebenarnya ketika anda pilek dan itu masih ringan, sebaiknya anda cukup beristirahat, minum air putih yang banyak, makan makanan yang bergizi, itu sudah cukup. Jadi, sebaiknya jangan sedikit-sedikit anda membeli dan minum obat.

Contoh lain adalah obat untuk anda yang sakit kepala. Penyebabnya adalah anemia, misalnya. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan sakit kepala anda jika disebabkan oleh anemia, yang Anda butuhkan adalah zat besi atau zat gizi yang anda peroleh dari makanan, bukan obat.

Kemudian ada yang bertanya lagi, “Badan saya kegemukan, saya harus minum obat apa?”. Penyebab kegemukan itu adalah karena kelebihan kalori, jadi tidak ada obat untuk anda yang kegemukan, hal yang perlu anda lakukan adalah olahraga. Mungkin memang ada obat yang menghambat penyerapan karbohidrat, obat yang menghambat penyerapan zat lemak, tetapi jika dikonsumsi dalam jangka panjang juga tidak baik untuk tubuh. Dan obat itu juga harus di bawah pengawasan dokter tentunya, tidak boleh dibeli sembarangan. Jadi salah satu yang perlu anda lakukan adalah olahraga dengan lebih giat. 

Obat

Lalu ada yang bertanya lagi, “Kalau begitu kapan saya butuh obat?”. Ini merupakan pertanyaan yang bagus, ‘Kapan kita butuh obat?’. Yang pertama, mungkin kalau sakit kepala anda tidak tertahankan dan sangat nyeri, itu boleh minum obat. Atau anda habis kecelakaan dan mengalami keseleo, Anda ingin berjalan sangat susah, terpaksa anda harus minum obat anti nyeri.

Atau Anda mengalami sakit maag, sampai muntah-muntah tidak bisa berhenti. Kita pertimbangkan efek anda muntahnya yang sering, efek anda diare yang sering, itu baru membutuhkan obat. Misalkan anda diare sampai 15 kali, kalau yang seperti itu, memang membutuhkan obat. Tetapi jika anda diare baru 1-2 kali dan anda sudah langsung minum obat, jangan seperti itu. 

Baca Juga : Penyebab Stretch Marks dan Cara Mencegahnya

“Lalu, bagaimana dengan penyakit degenerative?”. Penyakit degenerative contohnya hipertensi atau darah tinggi dan diabetes. Jika anda sudah terkena penyakit tersebut, konsultasikan dengan dokter, jangan membeli obat sendiri. Karena efek samping dari obat tersebut jika tidak dikontrol bisa berbahaya. Selain obat, jika penyakit anda adalah degenerative, maka harus anda kombinasikan dengan makanan yang baik, kemudian olahraga dan bukan hanya mengandalkan obat.

“Lalu apakah kita bisa lepas obat?”. Silahkan kontrol dengan dokter, karena di zaman sekarang, banyak orang sakit bukan hanya karena masalah makanan, pola pikirpun sangat berpengaruh sekali.

Oke Sobat Montirbox, semoga informasi mengenai penyakit yang tidak membutuhkan obat ini berguna untuk anda dan bermanfaat untuk kita semua. Kita doakan semua yang membaca artikel ini selalu sehat dan bahagia. Ingat, jangan lupa bahagia! Karena bahagia itu adalah obat paling mujarab.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close