Skip to main content

Jumlah Kafein Yang Aman di Konsumsi Dalam Sehari

Jumlah Kafein Yang Aman di Konsumsi Dalam Sehari - Jika kita berbicara tentang kafein, pasti yang terlintas pertama kali di pikiran anda adalah ‘KOPI’.  Kenapa orang suka minum kopi?, orang suka mengkonsumsi kopi setiap hari atau setiap pagi adalah karena efek kafein yang terdapat di dalam kopi yang dapat menstimulasi otak,  sehingga akhirnya dapat membuat tubuh anda lebih bersemangat.

Namun beberapa orang atau beberapa artikel mengatakan ; Jangan mengkonsumsi kafein berlebihan, karena dapat menyebabkan osteophorosis, dan dapat menyebabkan jantung berdebar, serta efek-efek negatif lainnya. Apalagi bagi anda yang mempunyai masalah dengan lambung, kopi dapat meningkatkan asam lambung anda.

Jadi disini kita akan membahas berapa jumlah kafein normalnya dalam satu hari yang dalam batas aman untuk anda konsumsi. Silahkan disimak artikelnya dibawah ini :

Untuk anak dan remaja dosis aman konsumsi kafein dalam perharinya adalah 2,3 sampai 3 mg/kg berat badan untuk single dose. Jadi satu hari hanya sekali, single dose. Lalu usia 4 sampai 6 tahun adalah 45 mg/hari. Kemudian 7 sampai 9 tahun adalah 62,5 mg perhari. 10 sampai 12 tahun adalah 85 mg perhari. Dan untuk orang dewasa dalam keadaan sehat atau normal, aman dikonsumsi sampai 400 mg perhari, dan beberapa literatur pun mengatakan bahwa aman dikonsumsi sekitar 250 sampai 500 mg perhari.

Jumlah Kafein Yang Aman di Konsumsi Dalam Sehari

Berapa dosis kafein yang tepat untuk saya pribadi atau untuk anda pribadi?’, jawabannya adalah ‘TERGANTUNG’ dan sesuaikan dengan kondisi anda saat ini. Mungkin anda tidak punya penyakit yang lain, tetapi anda punya masalah dengan asam lambung. Mungkin anda hanya minum satu teguk kopi, namun lambung anda sudah terasa tidak enak.

Jika anda memang ingin minum kopi dalam keadaan lambung sedang tidak enak coba encerkan lagi kopinya, atau sebaiknya anda menghindari kopi terlebih dahulu, sembuhkan dahulu penyakit anda, karena untuk beberapa orang yang sensitif, walaupun mereka hanya minum satu atau dua teguk, jantung mereka langsung berdebar. Jadi, dosis yang disebutkan diatas tadi adalah dosis yang dibuat secara umum untuk orang yang normal.
 
Lalu ada yang bertanya : “Dalam satu cangkir kopi, berapa mg kafein yang terkandung di dalamnya?”. Biasanya, rata-rata sekitar 90 sampai 100 mg,  tetapi tergantung dari jenis kopi apa yang anda minum, dan kandungan kafein pada setiap kopi itu berbeda-beda. Jadi yang paling aman adalah sekitar kurang lebih 4 cangkir, itu adalah batas aman yang boleh anda konsumsi ketika anda memasuki usia dewasa dan tubuh anda dalam keadaan normal.

Oke, sekarang kita bahas ‘berapa dosis yang dapat menyebabkan keracunan?’. Disini kita mendapatkan datanya. Jika anda mengkonsumsi sampai 15 mg/kg berat badan, maka anda akan mengalami keracunan.  Contoh, anda adalah seorang pria dengan berat badan 80 kg, Anda mengkonsumsi kafein, yaitu zat aktif di dalam kopi sebanyak 1200 mg, maka anda akan keracunan. Lalu, dosis yang dapat membuat anda sampai meninggal adalah 10 kali lipatnya lagi, yaitu 150 mg/kg berat badan.

Baca Juga : Jenis Penyakit Yang Tidak Membutuhkan Obat

Mungkin anda bertanya, “Mana mungkin saya minum kopi sebanyak itu!”. Yang perlu anda ketahui adalah kafein bukan hanya terdapat di dalam kopi. Kafein juga terdapat di dalam teh, kemudian minuman bersoda, cokelat, dan berbagai jenis suplemen, termasuk obat yang digunakan untuk meredakan nyeri kepala. Dan biasanya, yang paling sering digunakan adalah untuk minuman energi, serta beberapa produk suplemen untuk penurunan berat badan pun juga mengandung kafein. Anda harus membaca berapa mg dosis kafeinnya.

Jika anda minum kopi kemudian minum minuman energi dan anda sering makan cokelat dan lain-lain, maka dosisnya itu akan terkumpul disana. Kemudian ketika mencapai dosis tertentu, maka hal itu dapat meracuni tubuh anda. Jadi bagi anda yang menyukai kopi, silahkan minum 1-2 cangkir sehari, jangan sampai berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik, terutama untuk diri kita sendiri. Semoga bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close