Skip to main content

5 Larangan Untuk Ibu Hamil Agar Kesehatan Diri dan Janin Terjaga

5 Larangan Untuk Ibu Hamil Agar Kesehatan Diri dan Janin - Menjaga kesehatan saat hamil bukan hanya menjaga kesehatan tentang ibu saja, tetapi juga kesehatan janin. Sehingga Anda harus menghindari kebiasaan buruk yang dapat membahayakan dan juga mempengaruhi perkembangan janin Anda selama 9 bulan kedepan.

Pemilihan gaya hidup yang sehat sangatlah dianjurkan, karena hal ini akan berdampak langsung pada kesehatan janin yang sedang tumbuh, agar kelak bayinya dapat lahir dengan keadaan sehat dan juga sempurna. Berikut ini ada beberapa keadaan sepele namun berbahaya yang harus dihindari oleh seorang ibu hamil.

Larangan Untuk Ibu Hamil

5 Larangan Untuk Ibu Hamil Agar Kesehatan Diri dan Janin Terjaga

1. Konsumsi Junk Food
Yang pertama adalah mengkonsumsi Junk Food atau makanan cepat saji. Mengkonsumsi makanan cepat saji yang memiliki kadar lemak dan gula yang tinggi akan berdampak buruk pada kesehatan janin, dan juga dapat menyebabkan masalah yaitu itu seperti tekanan darah tinggi, peningkatan kadar kolesterol, dan kadar gula darah yang tinggi. Jadi sebaiknya dihindari mengkonsumsi Junk Food, apalagi mengkonsumsinya secara berlebihan.

2. Konsumsi Kafein
Larangan untuk ibu hamil yang kedua adalah mengkonsumsi terlalu banyak kafein. Kafein ini sendiri berfungsi sebagai stimulan dan juga diuretik, efek stimulan ini termasuk meningkatkan tekanan darah dan juga detak jantung. Keduanya berbahaya dan sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.

3. Meminum obat tanpa resep dokter
Pantangan untuk ibu hamil yang ketiga adalah minum obat sendiri. Sering kali karena sakit kepala, tidak enak badan, ataupun meriang, banyak orang bergantung pada obat-obatan bebas untuk mengobatinya sendiri.

Tetapi selama kehamilan, penggunaan obat apa pun harus di monitor dengan hati-hati, karena apapun yang anda konsumsi termasuk obat-obatan, dapat mencapai janin dan berpotensi membahayakan janin yang belum lahir. Oleh karenanya sangat penting untuk mengkonsultasikan ke dokter obat-obatan yang aman untuk anda konsumsi.

Baca Juga : Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk

5 Larangan Untuk Ibu Hamil Agar Kesehatan Diri dan Janin Terjaga

4. Kebiasaan Menunda Minum Air Putih 
Kebiasaan ibu hamil terkadang malas minum air putih karena takut sering buang air kecil. Kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi & aliran oksigen yang tidak lancar didalam darah, akibatnya suplai ke janin juga ikut mengalami kekurangan.

5. Pola Makan Tidak Teratur
Hal ini dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin/anak, sehingga anak akan mengalami keterlambatan berbicara atau kesulitan belajar nantinya.

Demikianlah informasi kita kali ini mengenai 5 Larangan Untuk Ibu Hamil Agar Kesehatan Diri dan Janin Terjaga, semoga informasi ini bermanfaat, khususnya untuk ibu atau calon ibu yang sedang hamil.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close