Skip to main content

Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk

Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk - Berat badan adalah masalah yang sangat umum yang ada pada masyarakat, atau bahkan mungkin pada pada diri kita sendiri. Sebenarnya apa yang bisa membuat tubuh seseorang menjadi gemuk, dan apa pula yang menyebabkan tubuh seseorang menjadi kurus atau sulit untuk menjadi gemuk?, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai  penyebab badan kurus dan susah menjadi gemuk, mari kita baca dulu apa saja penyebab sesorang bisa menjadi gemuk dibawah ini :

Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk

Penyebab seseorang menjadi gemuk

1. Pola Makan
Penyebab kegemukan yang pertama karena pola makan yang tidak tepat. Misalnya, seperti ini, mungkin dia makannya memang sedikit dalam bentuk jumlahnya. tetapi, jumlah kalori yang terkandung pada setiap makan yang dimakannya itu sangat tinggi. Maka, tentu saja hal ini akan mempengaruhi berat badan.

2. Faktor Genetik
Kita ambil contoh misalkan keluarganya itu bawaannya memang sudah gemuk, biasanya anaknya juga ikut gemuk. Hal ini juga berkaitan dengan faktor genetik yang diturunkan oleh orang tua.

3. Kebisaaan Orang Tua
Penyebab gemuk yang ketiga yaitu kebiasaan asuhan ketika dia masih kecil. artinya kalau kedua orang tuanya gemuk dan kemudian anaknya ini mengikuti pola makan orang tuanya tentu hal ini akan mempengaruhi pola makan anak itu dikemudian hari, sehingga membuat ia ikut menjadi gemuk juga.

4. Kurang Aktifitas Fisik
Selanjutnya yaitu kurangnya aktivitas. kurangnya aktivitas dapat membuat seseorang menjadi gemuk. Kenapa? Hal ini di sebabkan karena kalori yang dihasilkan dari makanan yang dimakan apabila tidak digunakan maka akan menjadi timbunan lemak. Timbunan lemak ini secara terus menerus, tentu saja akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Kemudian apa penyebab badan kurus dan susah gemuk serta seseorang sulit untuk menaikkan berat badannya?

1. Tidak Cukup Kalori
Penyebab badan kurus susah gemuk yang pertama adalah karena pola makan yang tidak cukup kalori. kalau yang tadi, gemuk karena kelebihan asupan kalori, kalau kurus karena tidak cukupnya asupan kalori.

2. Kekurangan Zat Gizi
Penyebab sesorang sulit menjadi gemuk berikutnya adalah kurangnya salah satu zat gizi. Misalkan kurang karbohidrat, protein, lemak dan lain sebagainya.

3. Olah Raga Yang Berlebihan
Penyebab badan kurus susah gemuk selanjutnya adalah karena terlalu berlebihan melakukan olahraga, sehingga energi cadangan yang ada di tubuh pun ikut terkuras.

4. Stres 
Stres ini merupakan penyebab dari banyak hal buruk yang terjadi pada tubuh, termasuk sebagai faktor penghambat dalam usaha menaikkan berat badan.

5. Penyakit
Penyebab seseorang yang kurus sulit menjadi genuk berikutnya adalah karena penyakit kronis. Misalnya, seperti gangguan hormonal yaitu hipertiroid, hipotiroid, diabetes. kemudian ada kanker, penyakit paru obstruksi kronis, asma atau ada gangguan pada anatomi saluran pencernaan, seperti mengalami gangguan sulit menelan.

Jadi, apa yang bisa dilakukan agar berat badan bertambah?

Pertama adalah apabila ada penyakit yang mendasarinya maka harus segera diatasi. jika hal itu bukan disebabkan karena penyakit kronis, maka bisa mencoba dengan cara seperti ini :

- Yang pertama pola makannya harus tepat, tentunya harus dengan gizi yang seimbang.
- Kemudian olahraga. Untuk olahraga seharusnya juga harus dikombinasikan, jangan hanya aerobik dan lari saja, tapi juga dikombinasikan dengan angkat beban misalnya, cukup dengan beban yang ringan-ringan saja, sesuai dengan batas kemampuan tubuh kita.
- Lalu tidur yang cukup. Jangan keseringan bergadang.
- Kemudian kendalikan stress dengan baik.

Selanjutnya makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi agar berat badan bertambah? 

Yaitu pola makan yang baik, yang mencakup makro nutrien dan mikro nutrien. Jadi mencakup karbohidrat 60%, lemak nya 30%, kemudian sisanya protein. dan mesti ada serat, vitamin dan mineral. Lalu selanjutnya, batasi konsumsi gula, garam dan juga minyak.

Dan perlu diingat, bahwa apa saja yang kita makan harus sesuai dengan yang kita keluarkan. Jadi jangan sampai energi yang masuk lebih banyak dibandingkan yang keluar, karena dapat memicu terjadinya obesitas.

Ok sobat, sekian pembahasan mengenai Penyebab badan kurus susah gemuk pada artikel kali ini, Jika informasi pada tulisan ini masih kurang, sobat bisa baca di postingan Cara Menggemukkan Badan Alami dan Sehat Tanpa Obat. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close