Skip to main content

Omset Ternak Kroto Perbulan Yang Menjanjikan

Omset Ternak Kroto Perbulan Yang Menjanjikan - Usaha budidaya ternak kroto merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan bagi anda yang memahami potensi usaha ini. Bayangkan saja, stok kroto dipasaran selalu saja kurang dibandingkan dengan permintaan pasar. Target pasar dari bisnis kroto ini adalah para pecinta burung. Kenapa para pecinta burung memilih kroto sebagai makanan utama hewan peliharaannya? Karena kroto ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk burung peliharaan mereka.

Dikarenakan kelangkaan kroto di pasaran, harga jual kroto berada di kisaran 200 ribu sampai dengan 300 ribu rupiah per kilogramnya, tergantung dari kelangkaan barangnya. Tapi Anda tahu sendiri kan, orang yang benar-benar hobi memelihara burung, bahkan bisa dibilang terobsesi dengan burung, akan melakukan apa saja asalkan burung peliharaannya tersebut bisa tumbuh sehat dan bersuara merdu.

Dan taukah Anda bahwa salah satu cara agar burung peliharaan bisa bersuara bagus adalah dengan memberinya kroto. Dan taukah Anda bahwa tren dan hobi pecinta burung ini tidak lekang oleh waktu? Ini seperti halnya hobi memelihara kucing atau pun anjing. Nah itulah alasan kenapa bisnis kroto ini bisa dibilang bisnis yang menjanjikan.

Budidaya Ternak Kroto

Disamping harga jualnya yang lumayan tinggi, permintaan pasar banyak, bisnis ini juga tidak lekang oleh waktu. Bagaimana? Anda ingin mencoba?. kelebihan lainnya adalah bisnis budidaya kroto semut rangrang ini adalah bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan, karena Anda tidak harus mengurusnya seharian.

Baca Juga : Peluang Usaha di Desa Yang Menjanjikan Untuk Pemula

Bagaimana cara memulai usaha ternak kroto ini?. Hal pertama yang harus Anda siapkan tentunya adalah modal. Berapa modal awalnya? Untuk memudahkan Anda, kami telah mencari informasi dari masyarakat dan beberapa sumber-sumber yang ada di internet, silahkan Anda cermati uriaiannya berikut ini :

Modal Usaha Awal Bisnis Kroto

1. Jumlah induk Rangrang yaitu berjumlah 100 sarang/Koloni
2. Jangka waktu Budidaya yaitu sekitar 2 bulanan
3. Pembuatan kandang ternak dengan biaya sebesar Rp 200.000
4. Media Toples sebagai sarang sebanyak 100 buah dengan harga @Rp 3.000, atau totalnya Rp 300.000
5. Biaya Perlengkapan kandang 20 buah @Rp 2.000 atau totalnya Rp 40.000

Jadi total modal awal yang kita keluarkan adalah sebesar Rp 540.000. Diharapkan ternak ini akan menghasilkan 4 kali lipat sarang rangrang atau sekitar 400 sarang. Umumnya untuk 100 sarang semut rangrang ini maka kita memerlukan area seluas 4 meter persegi.

Pengeluaran Untuk Produksi per bulan Untuk budidaya kroto

Untuk biaya produksi bisnis ini sebenarnya tidak terlalu banyak karena biasanya cost produksi untuk budidaya ternak kroto hanya untuk biaya pakan dan cairan manis yang cukup kecil atau sekitar Rp 400.000 per 2 bulan atau Rp 200.000 per bulan. Kalkulasi Pendapatan Keuntungan Peternakan Kroto RangrangKita anggap saja tiap sarang kroto mampu menghasilkan 1 ons kroto dengan asumsi harga per kilogram adalah sebesar Rp 200.000

Maka penghasilan kita adalah : Hasil Budidaya Kroto jika telah menghasilkan 400 sarang adalah 1 Ons x 400 sarang = 400 ons atau 40 Kg.

Dengan asumsi harga diatas maka pendapatan kita setiap bulan adalah : 40 kg x 200.000 = Rp 8.000.000 per 2 bulan, atau Rp 4.000.000 per Bulan. Nah dari hitungan diatas kita bisa menghitung keuntungan bersih bisnis ini per bulannya yaitu : Pendapatan per bulan – Biaya Produksi, Rp 4.000.000 – Rp 200.000 hasilnya yang bisa kita dapatkan adalah Rp 3.800.000.

Itulah sedikit gambaran analisa dari bisnis ternak kroto ini yang saya peroleh dari sumber di internet dan berbagai sumber. Okey, setelah Anda siapkan modalnya, jadi berikutnya dimana kita mencari bibitnya?. Cara yang paling mudah adalah cari saja di Google. Cukup ketik saja “Jual bibit kroto murah” atau “jual bibit kroto di bandung” misalnya, atau ganti dengan nama kota Anda, maka akan muncul situs-situs para penjual bibit kroto.

Silahkan klik situs-situs tersebut, bandingkan harganya, pembelian minimalnya berapa toples dari masing-masing penjual tersebut dan lain sebagainya. Cari penjual yang paling dekat dengan daerah Anda supaya nanti Anda bisa langsung mendatangi tempat si penjual bibit kroto tersebut, dan memang sebaiknya Anda mendatangi langsung tempat si penjual bibit kroto tersebut supaya Anda bisa tanya-tanya lebih jauh dan lebih detil tentang usaha ternak kroto ini.

Jika Anda tertarik dengan bisnis tersebut, silahkan cari lebih lanjut informasi lainnya tentang bisnis tersebut. Jangan buru-buru action sebelum Anda mengetahui betul seluk beluk bisnis tersebut. Karena semua usaha mempunyai resiko yaitu kerugian, jika tidak dilakukan dengan serius.

Kesimpulannya, bisnis ternak kroto semut rangrang ini masuk dalam kategori menjanjikan, jadi tidak ada salahnya bagi anda yang ingin mencoba bisnis ini. Nah itulah sedikit analisa usaha bisnis kroto yang bisa kita bahas kali ini, semoga mendatangkan manfaat buat kita.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close