Skip to main content

Peluang Usaha di Desa Yang Menjanjikan Untuk Pemula

Peluang Usaha di Desa Yang Menjanjikan Untuk Pemula - Membuka usaha atau bisnis di desa tentunya akan berbeda dengan membuka usaha di kota. Hal ini dikarenakan perilaku konsumen dan kebutuhan konsumen yang berada di desa berbeda dengan perilaku konsumen dan kebutuhan konsumen yang berada di perkotaan. Beda tempat sudah pasti beda kebiasaan, beda budaya dan juga beda kebutuhan.

Tidak semua bisnis di kota bisa dijalankan di desa. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, sebelum membuka usaha di desa, Anda perlu mengetahui dahulu, peluang-peluang usaha apa saja yang cocok untuk dijalankan di desa dan sudah terbukti menguntungkan. Apa sajakah peluang usaha di desa itu? Kita sudah merangkumnya untuk Anda menjadi 7 peluang usaha di desa yang sudah terbukti menguntungkan.

Peluang Usaha di Desa

1. Jual Beli Hasil Pertanian & Perkebunan
Jika anda memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat membuka usaha sebagai pengepul hasil panen masyarakat di desa Anda. Selain memberikan harapan akan keuntungan yang lebih bagi masyarakat desa yang juga merupakan tetangga Anda. Anda juga dapat menghindari perlakuan semena-mena dari para tengkulak yang berasal dari kota yang membeli hasil pertanian dengan harga yang sangat murah.

Dan ingat, Anda juga harus menerapkan harga yang sesuai kepada para petani, jangan Anda malah menjadi seperti para tengkulak yang membeli dengan harga semurah-murahnya agar mendapatkan keuntungan yang tinggi. Karena tanpa adanya para petani, tidak akan ada yang namanya beras dan nasi. Lagipula jika para petani senang dengan penetapan harga yang Anda berikan kepada mereka, bisa dipastikan mereka akan loyal kepada Anda, akan setia kepada Anda untuk terus memasok hasil panen mereka.

2. Bisnis Sewa Mesin Pertanian
Pertanian saat ini sudah tidak bisa lepas dari yang namanya mesin pertanian, ini adalah usaha yang terbukti menguntungkan. Anda bisa menyewakan mesin traktor atau membuka usaha mesin penggilingan padi atau mesin-mesin yang lainnya yang tentunya sangat berguna untuk daerah pedesaan. Selain usaha menyewakan mesin-mesin pertanian, Anda juga bisa membuka toko alat-alat pertanian seperti cangkul, sabit dan sebagainya, kemudian benih padi, pupuk, pestisida dan lain sebagainya, yang biasanya barang-barang tersebut dijual di Koperasi Tani.

3. Bisnis Ternak Hewan
Sudah bukan rahasia umum lagi apabila ternak hewan menjadi primadona usaha di desa yang menguntungkan, salah satu alasan mengapa banyak orang yang ternak hewan adalah tersedianya makanan hewan yang melimpah yaitu rumput. Hewan yang bisa anda ternak cukup banyak seperti sapi, kerbau, kambing, ayam dan lain sebagainya. Usaha ini juga memerlukan modal yang tidak sedikit, tapi hasil yang akan didapatkan bisa berkali-kali lipat.

Baca Juga : Cara Menjual Rumah Agar Cepat Laku

4. Usaha Budidaya Ikan 
Peluang usaha di desa berikutnya adalah budidaya ikan. Usaha ini bisa di coba dari hobi anda yang suka dengan ikan, Anda harus menentukan jenis ikan apa yang anda budidaya apakah anda ingin budidaya ikan pedaging atau ikan hias. Salah satu jenis ikan yang mudah perawatannya ialah ikan lele, karena ikan ini bisa bertahan hidup meski di dalam air keruh. Dalam usaha budidaya ikan lele ini ada yang namanya ternak lele dengan sistem bioflok.

5. Bisnis Olahan Pangan
Ini adalah salah satu keuntungan dari segi bisnis jika Anda tinggal di desa, yaitu tersedianya bahan baku untuk usaha makanan, kuliner atau olahan pangan. Di desa, banyak sekali kebun pisang, singkong, kentang, ubi dan sebagainya yang kesemuanya itu mudah didapatkan, masih fresh dari pohonnya dan tentunya murah karena langsung dibeli dari para petaninya.

Misalnya dengan membuat olahan pangan dari singkong menjadi keripik singkong atau keripik pisang atau olahan pangan yang lainnya. Pembuatan olahan pangan makanan ringan seperti keripik, dodol, jenang, kerupuk jajanan khas suatu daerah, memang mempunyai potensi untuk dipasarkan di wilayah desa tersebut, dikirim ke pasar atau ke kota dan bisa juga di distribusikan ke daerah lain untuk dijual di daerah tersebut. Anda bisa juga mengemas makanan ringan tersebut dibungkus dengan kemasan yang lebih kecil dan di jual ke warung-warung terdekat di daerah Anda

6. Bisnis Bibit Tanaman
Sebagai pilihan lain untuk Anda yang berada di kawasan pedesaan, bisnis pembibitan tanaman dapat menjadi pilihan dalam menjalankan bisnis pertanian yang menguntungkan. Alasannya bibit tanaman ini sangat cocok jika dikembangkan di wilayah pedesaan yang biasanya udaranya masih bersih dari berbagai polusi dan masih banyaknya tanah yang tersedia.

Beberapa bibit tanaman juga memilki harga jual yang tinggi serta di barengi dengan kebutuhan yang banyak seperti misalnya bibit pohon jati, jati emas, cendana, cengkeh dan bibit-bibit tanaman yang keberadaannya sulit atau langka di temukan. Mungkin ada yang belum tahu, coba Anda kembangkan usaha bibit pohon gaharu. Harganya lumayan mahal bila dijual.

7. Usaha PPOB
PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Membuka loket pembayaran dan transaksi online dapat menjadi peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan, Anda bisa membuatnya seperti loket yang mirip sebuah lembaga bank yang dapat melayani berbagai transaksi pembayaran online, mulai dari bayar listrik, beli token listrik, beli pulsa, beli tiket pesawat, tiket kereta api dan sebagainya, termasuk juga melayani transfer uang antar bank.

Kebanyakan warga masyarakat di kampung dan di desa enggan untuk pergi mengantri ke bank atau alasan lainnya karena mereka belum mengetahui bagaimana caranya melakukan transfer uang, atau menerima tranfer di bank. Hal tersebut dapat kita manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Lalu bagaimana cara membuka loket pembayaran yang bisa melayani segala bentuk transaksi online?

- Yang pertama, memasang koneksi internet di rumah. bisa dengan layanan speedy atau indihome. Jika speedy atau indihome jangkauannya belum sampai ke desa Anda, bisa diganti dengan modem, yang penting bisa tersambung ke internet.
- Kemudian menyediakan seperangkat komputer yang standar saja
- Mendaftar sebagai mitra bisnis PPOB.

Untuk informasi lengkapnya silahkan ketik di Google “bisnis PPOB”, maka akan muncul website-website layanan PPOB dan kita bisa mendaftar sebagai mitra mereka secara online. Cara mendaftar dan menjalankannya pun biasanya cukup mudah ada ada petunjuknya di website masing-masing

Itulah tadi pembahasan tentang Peluang Usaha di Desa Yang Menjanjikan Untuk Pemula. Semoga bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close