Skip to main content

7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus di Hindari

7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus Anda Hindari - Memulai usaha sendiri bagi pebisnis pemula adalah seperti memulai hidup baru, banyak hal yang belum pernah dialami akan dialami saat berbisnis, hal ini menjadi tantangan yang berat, tetapi layak untuk dihadapi. Tentu saja untuk mendirikan bisnis dan menjadikannya sukses butuh melewati proses yang panjang.

Melakukan kesalahan akan termasuk dalam bagian proses tersebut, namun terkadang kesalahan akan berakibat fatal dan menyebabkan kegagalan. Akan tetapi, ada juga kesalahan yang masih bisa diatasi dan memotivasi pebisnis agar menjadi lebih baik. Meski demikian, kesalahan itu lebih baik dicegah, Anda bisa menghindari kesalahan saat baru pertama kali memulai bisnis sendiri, untuk itu perhatikan tujuh macam kesalahan pebisnis pemula yang harus anda hindari berikut ini :

7 Kesalahan Pebisnis Pemula yang Harus di Hindari

1. Tidak Menguji Ide Bisnis
Ide bisnis Anda mungkin tampak menjanjikan. Namun, Anda harus melakukan validasi untuk membuktikan bahwa ide bisnis Anda berpotensi untuk memberikan hasil yang menguntungkan. Evaluasi terlebih dahulu ide bisnis Anda sebelum direalisasikan menjadi sebuah bisnis. Anda bisa melakukan konsultasi dengan konsultan bisnis atau dengan komunitas pengusaha yang sudah lebih dulu berpengalaman dalam berbisnis.

Anda juga harus melakukan riset untuk mengetahui kondisi pasar, Anda harus menguji ide bisnis Anda sebelum menginvestasika nmodal usaha untuk merealisasikannya.

2. Terlalu mengandalkan produk
kesalahan fatal yang dilakukan oleh pengusaha baru/start up adalah hanya mengandalkan produk, tidak mengandalkan marketing. Tapi jika hanya mengandalkan produk maka jangkauan untuk mencari customer-customer baru akan sangat susah. Memang produk adalah kunci pertama, kalau Anda bisnisnya kuliner maka produknya harus enak, kalau anda produknya fashion harus trendi dan berkualitas. Segi marketing bisa jadi branding yang cocok, warna yang pas dengan produk Anda.

Kemudian website facebook, sosial media, activity, and punishmen/interksi Anda di sosial mediaitu juga sangat-sangat membantu. Ketika Anda memulai bisnis lalu Anda hanya mengandalkan produk dan berharap orang berbondong-bondong membeli produk anda, itu sudah merupakan kesalahan yang sangat-sangat fatal yang dilakukan oleh para pengusaha pemula.

3. Mengerjakan segalanya sendirian
Biasanya kesalahan pengusaha baru yang satu ini terjadi pada bisnis kecil-kecilan. Mulai dari operasional hingga keuangan dijalankan sendirian, padahal belum tentu kemampuan yang dimiliki memadai buat hal-hal tersebut. Alhasil, bisnis jadi sulit berkembang, Hindari ini, Upayakan gandeng rekan kerja yang bisa mengerjakan apa yang gak bisa kamu lakukan. Mendelegasikan pekerjaan juga bisa menghemat banyak waktu yang kamu punya, sehingga bisa memaksimalkan strategi bisnis yang diperlukan

4. Tidak memperluas jaringan
Punya jaringan yang luas dapat membuka kesempatan buat bertemu investor maupun rekan kerja yang potensial. Selain bertemu dengan orang-orang yang tepat dengan membangun jaringan, kamu juga mendapatkan gagasan serta cara pandang baru yang bisa membantu perkembangan bisnis. Sebaliknya, tanpa memperluas jaringan, bisnis jadi sulit berkembang hingga bisa saja jalan di tempat.

Baca Juga : 6 Rahasia Resume Lamaran Kerja Yang Menarik Perhatian

5. Terlalu Banyak Menerima Masukan
Anda perlu menerima kritik dan saran dari orang lain. Namun, Anda tetap harus selektif dalam menerima masukan, Anda harus kritis dan jangan terlalu banyak menerima masukan dari siapa saja. Lebih baik, Anda memperhatikan masukan dari pebisnis yang sudah berpengalaman di bidang bisnis yang Anda pilih.

6. Bekerja Sama dengan Orang yang Salah
Anda harus selektif dalam memilih rekan bisnis. Saat Anda ingin mencari rekan untuk mengembangkan ide bisnis Anda, pilih yang benar-benar memiliki komitmen, perhatikan juga latar belakang orangnya. Sebaiknya, pilih yang memahami bidang bisnis yang dipilih dan memiliki keterampilan di bidang tersebut serta dapat dipercaya, sehingga Anda dan dia dapat saling melengkapi dan mendukung.

7. Perencanaan Bisnis Tidak Matang
Seorang pebisnis memang harus berani menghadapi risiko, namun bukan berarti Anda harus nekat memulai bisnis. Harus ada persiapan yang matang dengan cara membuat rencana bisnis yang terkonsep dengan baik. Dengan adanya rencana bisnis, Anda bisa tahu tujuan bisnis Anda, tahu apa saja yang perlu dilakukan, punya strategi pemasaran, siap menghadapi persaingan, dan kemungkinan gagal jadi lebih kecil.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh Anda yang baru memulai bisnis. Hati-hati dalam berbisnis dan siapkan diri Anda untuk menghadapi segala risiko yang mungkin terjadi. Tetap optimis dan terus berjuang untuk keberhasilan bisnis Anda. Semoga Sukses.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close