Skip to main content

Persamaan tuner TV led Toshiba TDSS G221D

Persamaan tuner TV led Toshiba TDSS G221D - Hari ini Alhamdulillah MONTIRBOX.COM mendapatkan sebuah tv led yang hendak di servis yang dibawa oleh seorang pelanggan ke bengkel servis saya. TV led tersebut ber merk Toshiba dengan type 23PU200EJ, gejalanya adalah tv hidup dengan normal, disambungkan ke siaran parabola atau dvd menggunakan kabel HDMI maupun kabel AV, gambar dan suara bagus.

Tapi setelah di tes menggunakan antena dan dilakukan pencarian siaran baik secara manual maupun auto tuning, tidak ada satupun siaran tv yang nyangkut. "Hmmm... pasti masalah ada pada tunernya nih" pikirku. Karena TV dengan merk Toshiba, baik TV Led ataupun TV LCD, Tunernya sangat rentan sekali mengalami kerusakan, khususnya TV led Toshiba yang memakai tuner TDSS G221D.

Baca Juga : Cara memperkuat sinyal antena TV indoor

TDSS G221D

Terbukti sudah beberapa kali saya mendapatkan kerusakan TV led Toshiba yang tidak bisa menangkap siaran dari antena, tinggal mengganti tunernya saja, siaran langsung ada dan tv bisa normal kembali. Namun akhir-akhir ini tuner TV led Toshiba untuk seri TDSS G221D ini sangat sulit sekali untuk kita dapatkan. Saya mencoba searching di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, atau situs jual beli online lainnya kebanyakan stok sudah kosong.

Jikapun ada, harga tuner TV led Toshiba TDSS G221D yang ditawarkan lapak tersebut cukup lumayan mahal, belum lagi dengan ongkos kirim yang mesti kita tanggung, sedangkan biaya perbaikan yang kita minta untuk memperbaiki TV yang tidak ada siarannya tersebut hanya ala kadarnya saja :D. Saya pernah juga mencoba mencari persamaan tuner TV led Toshiba TDSS G221D ini, tetapi belum menemukan hingga saat ini.

Baca Juga : Cara Memperbaiki TV yang Tidak Ada Gambarnya

Jadi bagaimana jalan keluar untuk mencari pengganti tuner TV Toshiba yang sudah langka ini?, sukur-sukur ada tuner yang satu type, tapi bagaimana kalau kita tidak punya?, bisa-bisa kita tidak jadi gajian Sob :D. Tapi jangan khawatir sobat, sekarang sudah banyak tersedia dipasaran tuner pengganti untuk TV led Toshiba untuk seri tuner TDSS G221D ini, tapi kita harus sedikit memodifikasi tuner tersebut agar cocok dan bisa dipakai.

Yap, tuner ini memiliki type TDSS G201D. Tuner seri ini cukup banyak tersedia di pasaran, dan harganya lumayan murah dibandingkan tuner dengan seri TDSS G221D. Bagaimana cara memodifikasinya agar bisa dipasang untuk pengganti TDSS G221D?. Sobat bisa lihat caranya pada gambar dibawah ini, caranya adalah pasang tuner pengganti(TDSS G201D), lalu jumper pin 6 ke pin 10 dan jumper juga pin 8 ke pin 11. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar.

Persamaan tuner TV led Toshiba TDSS G221D
Foto : Haris Saeful

Bagaimana sobat, sudah bisa kan mendapakan persamaan tuner TV led Toshiba TDSS G221D ini?, selain harga tunernya yang murah, cara modifnya juga sangat gampang sekali. Semoga berguna.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close