Skip to main content

Baterai hp cepat habis? inilah 8 penyebab dan solusinya

Baterai hp cepat habis? inilah 10 penyebab dan solusinya - Ada fenomena yang selalu terjadi kalau kita berbicara mengenai daya baterai smartphone, baterai hp yang penuh ketika sobat keluar bekerja di pagi hari, namun tiba-tiba berkurang drastis di siang hari tanpa adanya pemakaian yang berarti, bahkan hp yang baru saja di cas, hanya membuka beberapa aplikasi saja baterai hp cepat habis atau muatan baterai hp cepat sekali berkurang muatannya.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?, Banyak faktor yang menyebabkan baterai hp cepat habis, selain tergantung pada umur baterai, ada hal-hal yang harus kita jaga dan perhatikan agar masalah diatas tidak terjadi pada smartphone kita. Baterai hp yang cepat habis bagi pengguna smartphone merupakan tahap yang "wajib" dilalui bagi orang yang menggunakan hp, tapi setidaknya kita bisa "memperlambat" proses tersebut.

Baterai hp cepat habis

Kali ini saya ingin membahas beberapa penyebab dan solusi kenapa baterai ponsel cerdas yang sobat miliki cepat habis, mari kita simak bersama.

Solusi 1. Matikan latar belakang aplikasi

Penyebab pertama adalah aplikasi yang terus berjalan sia-sia di latar belakang layar utama. Ketika sobat keluar dari aplikasi, sobat akan kembali ke layar beranda. Padahal, aplikasi tidak berhenti begitu saja. Walaupun kita beranggapan aplikasi sudah berhenti, ternyata masih bekerja di belakang layar utama, sehingga akan terus mengkonsumsi daya baterai.

Dalam kasus iPhone, metode mengklik dua kali tombol rumah, menggesek jendela aplikasi ke atas secara umum telah digunakan sebagai metode menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang hingga kini, kenyataannya melepaskan dan memuat memori saat meluncurkan dan menutup aplikasi bisa menaikkan konsumsi daya, karena pekerjaan itu juga menghabiskan baterai.

Mungkin sepanjang waktu ada aplikasi yang tidak diinginkan. Untuk jaga-jaga, mari kita periksa aplikasi apa yang sedang berjalan.

<Cara memeriksa penggunaan aplikasi iPhone>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Baterai"
3. Gulir ke bawah dan periksa penggunaan baterai untuk setiap aplikasi dalam %
Rasio persentase ini menunjukkan konsumsi baterai untuk setiap aplikasi.

<Cara memeriksa penggunaan aplikasi Android>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Aplikasi"
3. Geser ke kiri ketika daftar aplikasi yang diunduh muncul
4. Aplikasi yang berjalan ditampilkan
Item ini memungkinkan sobat akan melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sobat dapat melihat aplikasi mana yang menggunakan RAM paling banyak.

Cara mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang
Beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang mungkin menyertakan aplikasi yang biasanya tidak sobat gunakan sama sekali. Tidak ada masalah dengan menjalankan aplikasi pencatatan log dll., Tetapi aplikasi yang jarang digunakan menyebabkan konsumsi baterai menjadi lebih tinggi, jadi untuk menghapusnya :

<IPhone>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Umum"
3. Pilih "Pembaruan latar belakang aplikasi"
4. Matikan aplikasi yang tidak perlu

<Android>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Aplikasi"
3. Geser ke kiri ketika daftar aplikasi yang diunduh muncul
4. Aplikasi yang berjalan ditampilkan
5. Klik nama aplikasi untuk tidak digunakan
6. Klik tombol "Stop"

Solusi 2. Kurangi kecerahan tampilan

sumber utama konsumsi daya di smartphone adalah layar, semakin terang layar, semakin banyak daya yang dikonsumsi. Kurangi konsumsi daya dengan menurunkan kecerahan layar. Selain itu, disarankan untuk menyesuaikan cahaya untuk menjaga kesehatan, karena tampilan yang terlalu terang dapat menyebabkan Anda mendapatkan banyak cahaya biru .

Cara mengurangi kecerahan tampilan
Ada beberapa cara untuk mengurangi kecerahan layar, jadi kali ini kami akan memperkenalkan metode umum sebagai contoh.

<IPhone>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Tampilan dan Kecerahan"
3. Geser slider yang dapat mengatur tingkat terang ke kiri dan menurunkan tingkat terang ke tingkat yang tidak masuk akal

<Android>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Pilih "Pengaturan tampilan" dari "Terminal"
3. Klik pada "Kecerahan Layar"
4. Geser penggeser yang dapat mengatur tingkat terang ke kiri dan menurunkan tingkat terang ke tingkat yang tidak masuk akal

Solusi 3. Matikan semua komunikasi yang tidak perlu

Dalam kasus iPhone, ada juga cara untuk mematikan Wi-Fi dan Bluetooth dari pusat kontrol. Namun, iOS11 atau pada versi yang lebih baru tampaknya telah berubah menjadi konten " memutuskan sambungan " alih-alih mematikan fungsi sepenuhnya dari pusat kontrol. Karena itu, jika sobat ingin mematikan sepenuhnya, matikan dari "Pengaturan".

Solusi 4. Matikan Notifikasi yang Tidak Perlu

Mematikan "pemberitahuan" aplikasi juga bisa mengurangi penggunaan konsumsi daya. Simpan hanya pemberitahuan penting seperti SMS, WA, Messenger, dan matikan pemberitahuan untuk aplikasi lain yang tidak perlu .

Cara mematikan pemberitahuan aplikasi
<IPhone>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Pemberitahuan"
3. Buka kolom aplikasi yang tidak perlu pemberitahuan dan matikan sakelar "Izinkan pemberitahuan"

<Android>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Aplikasi"
3. Pilih aplikasi yang ingin Anda matikan notifikasi dari "Semua aplikasi"
4. Klik "Pemberitahuan"
5. Hidupkan sakelar "blokir semua"


Solusi 5. Copot aplikasi yang tidak perlu

Jika sobat meninggalkan aplikasi terinstal yang tidak sobat gunakan, itu akan membutuhkan memori tambahan dan menyebabkan pengurangan daya baterai. Copot aplikasi yang tidak perlu.

Cara menghapus aplikasi
<IPhone>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Umum"
3. Klik "Penyimpanan iPhone"
4. Klik aplikasi yang tidak perlu dan tekan "Hapus Aplikasi"
5. Munculan konfirmasi akan muncul, tetapi tekan "Hapus Aplikasi"

<Android>
1. Buka aplikasi "Pengaturan"
2. Klik "Aplikasi"
3. Klik aplikasi yang tidak perlu dan tekan "Uninstall"
4. Munculan konfirmasi akan muncul, tetapi tekan "OK"


Solusi 6. Cas baterai hp ketika sudah ada pemberitahuan baterai lemah.

Hal ini menjelaskan bahwa pengisian daya yang terlalu sering tidak baik, apalagi saat daya baterai masih ada tersisa. Jika sobat tidak menggunakan smartphone untuk waktu yang lama tanpa pengisian dan baterai habis dengan sendirinya, hal ini bisa menyebabkan melemahnya  akselerasi baterai dan kerusakan baterai akan semakin cepat.

Solusi 7: Jangan meninggalkan smartphone/baterai ditempat yang panas dan lembab untuk waktu yang lama.

Baterai lithium-ion rentan terhadap panas dan terdegradasi oleh panas jika digunakan atau dibiarkan dalam lingkungan yang panas dan lembab, Tidak hanya baterai tetapi juga perangkat smartphone itu sendiri bisa mengalami kerusakan.

Solusi 8. Ganti baterai

Jika  baterai smartphone sudah tidak dapat digunakan lagi, itu artinya baterai sudah mencapai akhir masa pakainya. Usia rata-rata baterai umumnya dua hingga tiga tahun pada ponsel Android dan tiga hingga empat tahun pada iPhone . Tentu saja masih dapat digunakan sesudah masa itu, tetapi sebaiknya sobat mengganti baterai dengan yang baru, karena jika terus menggunakan baterai yang rusak tentu saja akan mengganggu kinerja dari smartphone itu sendiri.

Semoga artikel tentang solusi untuk baterai hp cepat habis ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita, terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close