Skip to main content

Mengganti neon LCD dengan LED pada TV LCD

Mengganti neon LCD dengan LED pada TV LCD - Kali ini saya akan berbagi cara bagaimana mengganti neon LCD dengan LED pada sebuah pesawat TV lcd, dengan kata lain adalah kita akan me-modifikasi TV yang menggunakan lampu CCFL/neon sebagai backlight menjadi lampu led sebagai pengganti lampu latarnya. Kenapa kita mengganti neon LCD dengan LED?, kenapa tidak memakai lampu CCFL saja seperti bawaan aslinya?, jawabannya adalah karena saat ini lampu neon atau CCFL untuk backlight tv lcd sudah sangat sulit didapatkan, terlebih lagi produsen tv tidak lagi memproduksi LCD TV.

Jadi tujuan kita mengganti neon LCD dengan LED selain lampu CCFL sulit didapat, lampu led sebagai pengganti backlight lebih hemat konsumsi dalam pemakaian daya daripada  tv yang menggunakan lampu ccfl. Ada beberapa pengguna tv lcd yang datang kepada saya, ketika mengalami kerusakan lampu backlight neon nya mereka menginginkan agar backliht neon/ccfl diganti saja dengan backlight lampu led. Memang lampu led memiliki beberapa keunggulan daripada lampu ccfl, namun lampu ccfl memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding lampu led. Bisa kita lihat sekarang, banyak tv led keluaran terbaru saat ini yang sudah rusak/putus lampu led nya padahal masa pakai tv belum sampai satu tahun. Memang segala sesuatu itu pasti ada plus minusnya, termasuk lampu backlight tv.

Kebetulan sebagai bahan praktek, hari ini saya ada masuk sebuah tv lcd dengan merk Polytron dengan ukuran 24 inchi untuk di servis, kerusakan tv tersebut adalah tv hidup dengan normal, suara ada, namun tidak ada nampak cahaya apapun yang keluar dari layar tv. Jika kita senter cahaya ke layar, disitu bisa kelihatan ada bayangan gambar. Pada awal prediksi, saya mengira kerusakan TV LCD Polytron tersebut berasal dari inverter. Setelah melakukan pengecekan ternyata inverter dalam kondisi baik, dan yang menyebabkan masalah pada TV tersebut berasal dari lampu neon/ccfl nya yang sudah rusak.

Lalu bagaimana cara nengganti neon LCD dengan LED pada TV LCD yang ccfl nya sudah rusak?, silahkan baca tutorial sederhannya dibawah ini :

1. Buka tv dan lepaskan panelnya, setelah semua terlepas nanti akan kelihatan batang-batang neon yang merupakan lampu ccfl dari tv lcd. Bagi sobat yang belum berpengalaman dalam membongkar panel, harap berhati-hati. Jika sedikit saja terjadi kesalahan, panel/layar bisa retak/pecah, dan tv tidak akan bisa dipakai lagi. Karena harga panel sangat mahal. Bisa dilihat harganya di Harga ganti layar led tv yang pecah serta biaya servisnya, jadi jika sobat belum mampu sebaiknya serahkan kepada yang lebih ahli dibidangnya.

Mengganti neon LCD dengan LED

2. Lepaskan semua lampu CCFL serta caantolannya agar tidak menghalangi dalam pemasangan lampu led batangan.

Mengganti neon LCD dengan LED

3. Disini saya menggunakan lampu led dengan jumlah lampu sebanyak 10 kancing, tegangan per led 6v. Led akan dikelompokkan menjadi masing-masing 2 led yang disambung secara seri. Untuk supply led saya ambil dari tegangan 12v di PSU, jadi setiap 2 mata led mendapatkan tegangan 12v. Antara 2 led yang satu dengan 2 led yang lain jalurnya harus diputus dulu.

Mengganti neon LCD dengan LED

4. Sobat bisa juga menggunakan led yang 3v. Jadi hitungannya jika supply 12v maka led 3v nya harus dikelompokkan menjadi 4 mata led, bukan 2 mata led seperti led 6v. Mudah-mudahan sampai disini sobat bisa mengerti.

Mengganti neon LCD dengan LED

5. Setelah semua proses pemotongan dan penyambungan jalur selesai, dan kabel dipasang ke PSU (12v), TV siap dicoba untuk dinyalakan. Dan hasilnya semua lampu led menyala dengan normal dan terang.

Mengganti neon LCD dengan LED

6. Langkah selanjutnya, pasang panel untuk melihat hasil gambarnya. Terlihat gambar sudah muncul dan tv sudah menjadi normal kembali.

Mengganti neon LCD dengan LED

Mudah-mudahan artikel tentang cara mengganti neon LCD dengan LED pada TV LCD ini bisa menjadi pedoman buat sobat dalam memodif backlight lcd tv menjadi led tv.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close