Skip to main content

Cara mengukur Transistor Regulator TV rusak atau tidak dengan cara cepat

Cara mengukur Transistor Regulator TV - Postingan kali ini sebenarnya di khususkan bagi sobat pemula yang baru mempelajari dunia servis per televisian, yang mana mereka mengalami sedikit kesulitan untuk cara mengukur Transistor regulator TV, baik pengukuran tansistor secara "open" (tanpa terhubung dengan komponen lain) maupun pengukuran pada saat transistor regulator tersebut masih terpasang pada board pcb nya. Cara mengukur transistor regulator TV sama caranya dengan cara mengukur transistor horizontal, hanya sedikit perbedaan pada transistor horizontal yang memiliki dumper "Built in" pada emitor-basis dan emitor-colector.

Sebelum memasuki cara mengukur transistor regulator TV, MONTIRBOX.COM ingin sedikit membahas apa yang dimaksud dengan Transistor, Transistor adalah suatu perangkat semikonduktor yang digunakan sebagai penguat, memodulasi sinyal, alat stabilisasi tegangan, sebagai switching atau penyambung atau pemutus pada rangkaian dan berbagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi diibaratkan sebagai keran listrik, yang didasarkan pada arus input (BJT) atau tegangan masuknya (FET), yang memungkinkan aliran listrik yang sangat tepat dari rangkaian sumber listrik.

Cara mengukur Transistor Regulator TV rusak atau tidak dengan cara cepat

Secara umum transistor memiliki tiga terminal, yaitu Base (B), Collector (C) dan Emitter (E). Tegangan di terminal seperti Emitter dapat digunakan untuk mengatur arus dan tegangan lebih besar dari arus input Base, yaitu tegangan keluaran Kolektor dan output arus.

Transistor adalah suatu alat yang sangat penting dalam dunia elektronik. Pada rangkaian sirkuit analog, transistor dipakai untuk penguat (amplifier). Sirkuit analog meliputi speaker (pengeras suara), sumber daya stabil (stabilisator) dan penguat atau amplifier sinyal radio. Di sirkuit digital, transistor dipakai sebagai sakelar kecepatan tinggi. Untuk beberapa transistor juga dapat berfungsi sebagai logic gate, memori dan berbagai fungsi lainnya, dengan syarat harus dirangkai sesuai fungsinya. (Source : Wikipedia)

Cara mengukur Transistor Regulator TV

Oke Sobat, kembali kita tentang bagaimana Cara mengukur Transistor Regulator TV. Silahkan diikuti langkah-langkahnya dibawah ini : (cara ini bisa juga dilakukan untuk mengukur transistor selain transistor regulator TV)

1. Cara pertama (Skala multi tester Ohm x1)

  • Siapkan multitester analog
  • Siapkan transistor regulator tv 
  • Tempel probe hitam multitester kebagian kiri (Basis) transistor regulator
  • Tempel probe merah ke bagian tengah (Kolektor) transistor regulator, jarum multitester akan bergerak kekanan sekitar setengah 
  • Selanjutnya pindahkan probe merah ke sisi kanan transistor regulator (Emitor), posisi probe hitam tetap pada Basis transistor regulator, juga jarum akan bergerak kekanan sekitar setengah layar multitester
  • Jika pergerakan jarum ditengah, menunjukkan kondisi transistor regulator dalam keadaan baik, jika jarum full mentok ke kanan, transistor sudah dalam keadaan rusak.

2. Cara kedua (Skala multi tester Ohm x1)

  • Tempel probe hitam pada kaki Emitor transistor regulator TV
  • Tempel juga probe merah secara bergantian pada kaki Basis dan Kolektor, jarum jangan sampai bergerak, jika bergerak berarti transistor sudah rusak.

3. Cara ketiga (Skala multi tester Ohm x1)

  • Tempel probe hitam pada kaki Kolektor transistor regulator TV
  • Tempel juga probe merah secara bergantian pada kaki Basis dan Emitor, jarum multitester juga harus tidak bergerak, kalau jarum bergerak berarti transistor sudah mengalami kerusakan.

4. Cara ke empat (Skala multi tester Ohm x10k)

  • Lakukan pengukuran seperti cara kedua dan ketiga, perbedaannya hanya pada skala multitester ohm yang berada pada posisi 10k.

5. Cara mengukur Transistor Regulator TV berikutnya kita lakukan pada posisi transistor regulator masih berada atau masih terpasang pada board rangkaian televisi. Tips ini merupakan cara cepat mengukur transistor rusak tanpa dilepas dari PCB. Pada posisi skala multitester Ohm x1, tempelkan saja probe hitam di Kolektor transistor, probe merah tempelkan bergantian ke kaki Basis dan Emitor, jarum jangan sampai bergerak, jika jarum menyimpang ke kanan berarti transistor regulator TV sudah rusak.

Bagaimana, sudah mengerti kan sobat?, semoga artikel tentang cara mengukur Transistor Regulator TV rusak atau tidak dengan cara cepat ini bisa bermanfaat khususnya buat pemula seperti saya, terimakasih.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close