Cara memperbaiki kipas angin berdengung tidak berputar

Cara memperbaiki kipas angin berdengung - Apakah sobat mempunyai kipas angin yang rusak tidak berputar dan kalau kita dengar sekilas ada suara dengung yang keluar dari mesin atau spul nya?, jangan dibuang atau dijual ke rongsokan dulu kipas angin nya sob, gampang kok cara memperbaiki kipas angin berdengung seperti itu, walaupun sobat tidak memiliki keahlian, sangat mudah sekali untuk memperbaikinya. Tapi jika sobat masih awam, pada artikel ini MONTIRBOX.COM ingin berbagi sedikit ilmu bagaimana cara memperbaiki kipas angin berdengung dan tidak mau berputar, buat pemula aja ya sob, bagi yang mahir mohon kasi masukan.

Cara memperbaiki kipas angin berdengung tidak berputar

Sedikit cerita, tukang rongsokan didaerah saya sering mendapatkan kipas angin yang dia beli dalam keadaan rusak, rata-rata setelah membeli dan dikumpulkan, langsung dia bawa kipas angin tersebut ke tukang sevis untuk diperbaiki, termasuk ke bengkel servis saya. Suatu saat tukang rongsokan itu berkeinginan dan meminta agar saya mengajarkan kepadanya cara memperbaiki kipas angin, dan tentu saja dia akan memberikan sedikit imbalan, beliau berkeinginan belajar cara memperbaiki kipas angin karena banyaknya kipas angin rusak yang sudah dia beli dan sudah menumpuk di gudangnya, diperkirakan masih akan terus bertambah. "Tidak usah bayar pak" jawab saya, "kalau mau belajar cara memperbaiki kipas angin, baca saja caranya di blog saya ada". jawab saya sekalian promosi :D.

Jadi pada artikel tentang cara memperbaiki kipas angin berdengung kali ini sebenarnya hanya sekedar untuk menambah pengetahuan khususnya buat si bapak tukang rongsokan tadi mengenai bagaimana cara memperbaiki kipas angin, baik yang tidak mau berputar maupun kipas angin yang berdengung. Perlu sobat ketahui (bagi yang belum tahu :D), kebanyakan rata-rata kerusakan kipas angin yang tidak berputar ya itu tadi, kalau tidak spul nya yang terbakar, sekring kipas anginnya yang putus, dan suaranya yang berdengung. Kalau untuk kerusakan spul yang terbakar, kita wajib mengganti spul dengan yang baru, atau menggulungnya.

Oh ya sob, selain artikel cara memperbaiki kipas angin berdengung ini, bagi sobat yang ingin membaca atau mengetahui cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar pada artikel lainnya, sobat bisa temukan pada tulisan saya sebelumnya yaitu Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Tidak Berputar, pada artikel tersebut sudah saya paparkan secara detail mulai dari membongkar kipas angin dari awal hingga membongkar spulnya, disitu penyebab utama kipas angin tidak berputar terletak pada sekring kipas angin nya yang sudah putus.

Baiklah sob, kita kembali ke masalah cara memperbaiki kipas angin berdengung. Cara memperbaikinya sangat gampang sekali, tinggal ikuti saja panduan yang akan saya berikan pada langkah dibawah ini, sekali lagi ini khusus buat pemula ya sob :D.

1. Siapkan dulu alat-alat pendukungnya seperti obeng plus dan minus, oli atau minyak lahar, dan lain sebagainya.

2. Buka kipas angin. Untuk cara membukanya sobat bisa baca lagi di Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Tidak Berputar, disana sudah secara detail saya paparkan.

3. Setelah semuanya dilepas, bersihkan karat-karat yang menempel, bisa dengan pisau cutter (lihat pada gambar)

Cara memperbaiki kipas angin

4. Setelah karat dibersihkan, beri minyak mimis/lahar, atau bisa juga menggunakan oli.

Cara memperbaiki kipas angin

5. Siramkan juga oli pada bushing kipas angin, lalu masukkan obeng dan goyangkan agar bushing kipas angin tidak seret.

Cara memperbaiki kipas angin berdengung tidak berputar

6. Lakukan juga seperti langkah ke 5 pada bushing kipas angin satunya lagi.

Cara memperbaiki kipas angin berdengung tidak berputar

Setelah semua selesai, pasang kembali kipas angin seperti semula, jangan ada part yang ketinggalan. Insya Allah problem kipas angin yang berdengung sudah bisa teratasi.

Bagaimana sob, mudah bukan Cara memperbaiki kipas angin berdengung tidak berputar yang sudah saya paparkan pada artikel ini?, jika ada kendala silahkan tanya di kolom komentar ya sob...

Belum ada Komentar untuk "Cara memperbaiki kipas angin berdengung tidak berputar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close