Skip to main content

Cara memperbaiki Hair Dryer (Pengering Rambut)

Cara memperbaiki Hair Dryer (Pengering Rambut) - Pengering rambut atau yang biasa disebut Hair dryer adalah alat untuk mengeringkan rambut setelah mandi atau keramas. Alat ini biasa digunakan secara pribadi oleh wanita, dan banyak juga digunakan di salon kecantikan, perusahaan sablon, pencetakan foto, dll. Pada tulisan kali ini MONTIRBOX.COM akan berbagi tips tentang cara memperbaiki Hair Dryer (Pengering Rambut), yang bisa sobat coba lakukan sendiri dirumah.

Hair Dryer (Pengering Rambut) seiring waktu, alat ini akan mengalami penurunan daya tahan dan kualitas pada komponen-komponennya, selain itu kerusakan dapat terjadi karena usia tua atau penggunaan yang berlebihan. Sebelum menganalisis cara memperbaiki Hair dryer, akan lebih baik bagi kita untuk mengetahui bagian-bagian alat ini dan bagaimana cara kerja Hair dryer tersebut.

Cara memperbaiki Hair Dryer (Pengering Rambut)

Bagian-bagian Hair dryer :
- Kabel penghubung alat ke stop kontak listrik
- Badan alat
- motor pengatur kecepatan kipas
- filamen/lilitan pemanas

Cara memperbaiki Hair Dryer (Pengering Rambut)

Cara kerja Hair dryer :

1. Pada saat kabel penghubung terhubung ke stop kontak listrik maka listrik akan masuk ke saklar pengatur kecepatan.

2. Ketika kita menekan tombol kontrol kecepatan, listrik akan mengalir dari kabel koneksi ke sakelar dan kemudian diteruskan ke motor kipas dan filamen (koil pemanas), kemudian motor berputar untuk menggerakkan / memutar kipas, dan filamen akan memanas karena dialiri listrik.

3. Dengan berputarnya kipas dan memanasnya filamen maka udara dari luar akan dihembuskan atau didorong oleh kipas untuk melewati lorong yang dindingnya dikelilingi oleh filamen panas, dengan begitu udara yang dihembuskan oleh kipas akan terdorong keluar dalam keadaan panas karena dipanaskan oleh filamen.

4. Ketika tombol kontrol kecepatan berada di posisi rendah, putaran motor penggerak kipas berada dalam posisi rotasi lambat sehingga udara dihembuskan lebih sedikit.

5. Jika sakelar pengatur kecepatan dinamo berada di posisi tinggi, maka putaran kipas akan lebih cepat, sehingga udara yang dihembuskan panas akan lebih tinggi. sehingga kipas dan filamen akan bekerja bersama ketika tombol kontrol putaran mesin menyala.

Cara memperbaiki Hair Dryer (Pengering Rambut)

Gejala kerusakan yang sering terjadi pada Hair dryer:
1. Mati total
2. Kipas tidak berputar tapi badan alat terasa panas
3. kipas berputar tetapi Hair dryer tidak panas
4. Kipas berputar tapi udara uang keluar tidak panas
5. Putaran Hair dryer tidak normal, seeprti tersendat-sendat tau lambat.

1. Mati total
Hal ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh kabel penghubung listrik terputus atau kabel yang masuk ke sakelar pengatur kecepatan terlepas. Periksalah secara fisik kabel penghubung mungkin ada yang putus akibat digigit tikus. Atau periksalah menggunakan AVO meter R X 1 Kohm, bila sobat tidak memiliki AVO meter di rumah maka sobat dapat menggunakan tespen sebagai gantinya, dengan cara membuka badan Hair dryer sampai terlihat seluruh bagiannya kemudian masukkan kabel penghubung ke stop kontak. Tempelkanlah ujung tespen ke setiap konektor di dalamnya, tandai bagian yang tidak dapat menyalakan tespen, bila sudah ketemu yang rusaknya segeralah perbaiki dengan komponen yang sesuai.

Cara memperbaiki Hair Dryer (Pengering Rambut)

2. Kipas tidak berputar tapi badan alat terasa panas
Hal ini dapat terjadi karena pada motor penggerak kipas terjadi kerusakan, mungkin saja karbon brush yang sudah habis atau lilitan pada motor terbakar.Karbon brush adalah konektor yang menghubungkan kabel dengan motor agar dapat berputar. Carbon brush dapat habis akibat bergesekan dengan motor yang selalu bergerak.

3. Kipas berputar tetapi Hair dryer tidak panas
Hal ini diakibatkan filamen/lilitan pemanas putus, bila lilitan putus segeralah ganti dengan yang baru.

4. Putaran Hair dryer tidak normal, seperti tersendat-sendat atau lambat
Ada dua kemungkinan bila hal itu terjadi, yaitu:
- carbon brush yang sudah tipis
- kapasitor motor mati.
Untuk carbon brush yang sudah tipis dan kapasitor yang sudah mati dapat menggantinya dengan yang sesuai.

Demikian tadi paparan artikel mengenai Cara memperbaiki Hair Dryer (Pengering Rambut), semoga bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close