Skip to main content

Cara Menggunakan Bluetooth Headset (Gaptek Juga Bisa!)

Cara Menggunakan Bluetooth Headset - Jadi, Anda memiliki headset Bluetooth tetapi tidak yakin jenis apa yang harus Anda dapatkan, bagaimana cara menggunakannya, atau mengapa Anda bahkan harus menggunakannya. Berikut ini Montirbox akan memandu Anda cara menggunakan Bluetooth Headset, yang tentu saja akan dijabarkan sesimpel mungkin agar lebih mudah dimengerti.

Dengan teknologi yang semakin mendarah daging dalam kehidupan kita, jelaslah bahwa memiliki headset bluetooth untuk melengkapi ponsel cerdas Anda adalah cara yang tepat. Jika Anda mencari cara yang sederhana dan efektif untuk menerima panggilan telepon dan mendengarkan musik, dengan sedikit kerepotan dan kerumitan, maka headset bluetooth sangat masuk akal.

Apa Itu Headset Bluetooth?

Headset Bluetooth adalah perangkat kecil yang memungkinkan Anda menghubungkan smartphone atau perangkat seluler lainnya secara nirkabel. Hasilnya adalah Anda dapat membuat dan menerima panggilan, mendengarkan musik, dan bahkan mengontrol audio video game di ponsel Anda tanpa harus memegangnya di tangan Anda. Sebagian besar headset dilengkapi dengan wadah pengisi daya yang berfungsi ganda sebagai pengisi daya portabel untuk ponsel Anda, jadi headset ini sangat bagus saat Anda sedang bepergian.

Teknologi yang menggerakkan perangkat ini telah ada sejak tahun 1992, tetapi baru belakangan ini perangkat ini menjadi cukup populer untuk dianggap mainstream. Sekarang, perangkat ini digunakan secara luas oleh orang-orang dari segala usia dan pekerjaan, dan perangkat ini tersedia dalam berbagai gaya dan harga, sehingga ada satu untuk setiap anggaran.

Cara Menggunakan Bluetooth Headset

Bagaimana Cara Kerja Bluetooth?

Bluetooth adalah protokol komunikasi nirkabel jarak pendek yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi radio (RF) untuk mengirimkan data dalam jarak pendek (10 meter atau kurang). Pada awalnya dikembangkan oleh Ericsson sebagai alternatif nirkabel untuk kabel serial RS232 yang digunakan pada saat itu untuk menghubungkan perangkat seperti komputer dan ponsel.

Bagaimana Cara Mengatur Headset Bluetooth?

Langkah pertama adalah memasangkan earpiece Anda dengan perangkat Anda. Setelah dipasangkan, Anda akan dapat menggunakannya tanpa perlu pengaturan lebih lanjut. Beberapa perangkat akan memerlukan beberapa langkah tambahan sebelum dapat digunakan secara nirkabel; lihat panduan kami tentang cara memasangkan perangkat Bluetooth untuk informasi lebih lanjut!

Cara Menggunakan Bluetooth Headset

Headset Bluetooth memang nyaman, tetapi bisa jadi sulit untuk dikuasai. Berikut ini cara memulai dengan headset Anda.

Nyalakan Bluetooth headset Anda, jika Anda menggunakan headset Bluetooth untuk pertama kalinya, Anda mungkin harus memasangkannya dengan ponsel Anda. Jika itu masalahnya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Pertama, pastikan bahwa Anda sudah menginstal versi terbaru aplikasi di ponsel Anda. Apabila Anda membuka aplikasi untuk pertama kali. 
  2. Pilih opsi 'Pairing Mode' dari dalam pengaturan Bluetooth ponsel Anda (ini dapat bervariasi tergantung pada model ponsel Anda).
  3. Headset Anda akan secara otomatis mulai mencari perangkat lain (akan muncul sebagai 'BT Device' dalam daftar perangkat yang tersedia). 
  4. Setelah menemukan headset Anda, pilih headset dari daftar perangkat yang tersedia dan masukkan 0000 sebagai kunci sandi (ini adalah empat digit angka). Jika diminta, masukkan 0000 lagi untuk mengonfirmasi bahwa ini memang perangkat Anda. 
  5. Setelah berhasil melakukan pairing, Anda akan mendapatkan pesan konfirmasi yang mengatakan "Connected" (Terhubung) bersama dengan ikon tanda centang di sebelahnya di layar beranda aplikasi.
  6. Jika pairing tidak bekerja secara otomatis, coba matikan Bluetooth dan nyalakan kembali pada kedua perangkat (tahan tombol daya hingga mati sepenuhnya). Anda juga dapat mencoba mematikan Wi-Fi pada kedua perangkat sebelum mencoba lagi.

Headset Bluetooth adalah cara yang tepat untuk digunakan ketika Anda lelah berurusan dengan kabel, Anda dapat berjalan-jalan dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan ponsel di saku Anda, dengan sangat nyaman. Jadi pastikan untuk keluar dan mengambil headset bluetooth untuk diri Anda sendiri hari ini sehingga Anda dapat melakukan hal-hal yang perlu Anda lakukan.

Setelah Anda mengerti cara menggunakan Bluetooth headset, bagian terbaik tentang menggunakan headset Bluetooth adalah Anda dapat menerima atau melakukan panggilan hands-free tanpa lubang suara yang menempel di wajah Anda seperti orang-orang dari tahun 80-an.

Semoga artikel tentang cara menggunakan Bluetooth headset diatas bisa menjadi solusi bagi Anda. Apabila masih mengalami kendala, Anda bisa membaca artikel lainnya di Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Smartphone Android.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close