Skip to main content

Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Smartphone Android

Pengaturan koneksi headset Android dan Bluetooth

Karena banyaknya headset Bluetooth yang sangat populer, menghubungkan smartphone dan perangkat lain melalui Bluetooth menjadi hal yang umum. Hal ini memiliki keuntungan membuat perangkat berkabel menjadi nirkabel, dan memiliki keuntungan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan koneksi Wi-Fi.

Namun, bagi yang belum pernah dan belum mengetahui cara menggunakan headset bluetooth, beberapa pengaturan awal menjadi agak rumit dan sulit dipahami. Artikel ini akan menunjukkan cara menggunakan headset bluetooth dan menghubungkan headset ke smartphone Android Anda menggunakan Bluetooth.

* Dalam prosedur berikut, kami telah mengonfirmasi pengoperasian menggunakan Android 9, Sharp SH-M07, dan headset Bluetooth Elecom LBT-HS20MPC.

Sebelum masuk ke cara menggunakan headset Bluetooth pada hp Android, silahkan baca dulu hal-hal pendukung dibawah ini.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Versi Bluetooth

Saat menghubungkan perangkat (komunikasi) dengan Bluetooth, perlu diketahui versi Bluetooth dari kedua perangkat. Meskipun dengan perangkat Bluetooth yang sama, kinerja seperti kecepatan dan jarak komunikasi akan berubah tergantung pada versinya, jadi harap periksa tabel spesifikasi pabrikan. Sebagian besar smartphone Android umum terbaru memiliki versi 4.2, dan model kelas atas terbaru memiliki versi 5.0.

Kompatibel setelah 4.0

Kinerja Bluetooth berbeda-beda tergantung pada versinya, untuk versi 4.0 keatas sebagian besar akan kompatibel dan koneksi (komunikasi) dimungkinkan meskipun memiliki tipe yang berbeda. Perlu berhati-hati untuk perangkat dengan Bluetooth 3.0 atau yang lebih lama, ada beberapa smartphone yang dapat terhubung dan sebagian lagi tidak.

Kecepatan komunikasi dan jangkauan komunikasi telah berkembang di 5.0

Apa yang telah berkembang dalam Bluetooth versi 5.0 adalah kecepatan komunikasi dan jangkauan komunikasi maksimum. Dibandingkan dengan versi 4.0, kecepatan komunikasi maksimum Bluetooth versi 5.0 menjadi dua kali lipat dan jangkauan komunikasi maksimum menjadi empat kali lipat.

Pada Bluetooth versi 4.0 yang memiliki kecepatan komunikasi 1 Mbps dan jangkauan komunikasi 100 m, sudah cukup memiliki performa yang memadai untuk headset dan earphone untuk musik. Namun untuk menjelajahi Internet dari PC melalui ponsel cerdas, kecepatan komunikasi 5.0 akan ikut berperan.

Aliran koneksi

Saat menghubungkan (komunikasi) antara smartphone dan headset Bluetooth, prosedur keseluruhannya adalah sebagai berikut.

1. Mode pemasangan headset

2. Nyalakan Bluetooth pada smartphone Anda

3. Temukan dan hubungkan headset dari smartphone Anda

Letakkan headset dalam mode berpasangan (Pairing)

Metode cara menggunakan headset bluetooth untuk memasukkan headset ke mode pairing akan berbeda-beda tergantung pada perangkatnya, jadi periksa instruksi manual yang tertera pada buku panduan. Untuk headset Bluetooth ELECOM LBT-HS20MPC, jika Anda menahan tombol fungsi di samping selama 3 detik atau lebih, itu akan berada dalam mode berpasangan. Dengan mengaturnya ke mode pairing, Anda akan dapat mengenali headset di ponsel cerdas Anda.

* Lampu akan berkedip merah dan biru secara bergantian

Nyalakan Bluetooth pada smartphone Anda

Selanjutnya, aktifkan fungsi Bluetooth pada smartphone Anda. Anda dapat mengaktifkan / menonaktifkan Bluetooth smartphone dengan satu ketukan dari bilah status. 

Temukan dan hubungkan headset dari smartphone Anda

Terakhir, biarkan smartphone mengenali headset dan mengatur pasangan. Pemasangan Bluetooth dilakukan dari menu pengaturan Android.

1. "Pengaturan" -> "Perangkat yang terhubung" -> "Sandingkan dengan perangkat baru"

2. Nama perangkat (nama headset) ditampilkan di kolom perangkat yang tersedia

3. Tap (pilih) nama perangkat dan pilih "Pair"

Pengaturan ini hanya untuk pertama kali, dan dari waktu berikutnya, saat headset dihidupkan, akan secara otomatis terhubung ke smartphone.

Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak dapat terhubung

Bluetooth mungkin tidak dapat terhubung dengan benar meskipun prosedurnya sama, tergantung pada kondisi gelombang radio di sekitarnya atau menghubungkan perangkat Bluetooth lainnya. Penyebab umum kegagalan koneksi adalah headset tidak dalam mode berpasangan (menunggu koneksi). Anda bisa restart smartphone, tekan tombol koneksi ulang pada perangkat yang akan dihubungkan.

Bluetooth dengan konsumsi daya rendah

Apabila Anda belum berhasil juga memakai cara menggunakan headset bluetooth diatas, Anda dapat menghubungkan dengan perangkat Bluetooth lain dengan prosedur serupa. Sejak 4.0 dan yang lebih baru, perangkat Bluetooth mengkonsumsi lebih sedikit daya, headset dan earphone untuk musik lebih mudah digunakan daripada versi pendahulunya.

Oke sobat Montirbox, itu tadi tutorial cara menggunakan headset bluetooth pada smartphone Android, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar