Skip to main content

20+ Cara Menghemat Baterai iPhone (Semua Tipe iPhone)

Di artikel ini memberikan panduan untuk Anda 20 cara menghemat baterai iPhone, membuatnya lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.

Adakah cara terbaik untuk cara menghemat baterai iPhone? Jajaran iPhone baru saat ini semuanya dilengkapi dengan kapasitas baterai yang cukup tinggi untuk dapat bekerja dengan Anda sepanjang hari, tetapi iPhone generasi sebelumnya, atau iPhone yang telah digunakan dalam waktu yang lama, membuat pengguna sangat tidak nyaman dan tidak tahu cara menghemat baterai iPhone mereka. 

Untuk mendapatkan daya baterai yang lama, Anda harus mengisinya setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan penggunaan yang cukup. Namun jangan khawatir, silakan lihat cara menghemat baterai iPhone yang sangat baik di bawah ini untuk menjaga daya baterai iPhone Anda.

Baca Juga : Ampuh! Cara Melacak HP iPhone yang Hilang (Terbaru 2022)

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone

1. Aktifkan mode hemat baterai di iPhone

Mode Low Power di iOS akan otomatis aktif saat baterai iPhone turun hingga 10% atau 20%, dan jika Anda mengaktifkan fitur ini, masa pakai baterai di iPhone bisa bertahan selama 3 jam lagi. 

2. Kontrol masa pakai baterai

Apakah perangkat Anda selalu menguras baterai pada tingkat yang mengkhawatirkan, menyebabkan Anda sering mengisi daya? Jangan khawatir, di iOS, Anda dapat mengontrol total penggunaan waktu nyata sejak pengisian penuh dan penggunaan baterai dari setiap aplikasi tertentu, ini akan memberi tahu Anda aplikasi mana yang 'memonopoli' baterai. Sebagian besar untuk menyesuaikan penggunaan saat perlu melindungi baterai daya pada saat dibutuhkan atau memaksa untuk mematikan semua aplikasi tersebut, agar tidak menyebabkan baterai terkuras lagi. Anda dapat memeriksanya dengan membuka: Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai.

3. Copot pemasangan aplikasi Facebook

Cara menghemat baterai iPhone yang ketiga adalah berhubungan dengan aplikasi Facebook. Facebook diyakini menggunakan baterai dalam jumlah besar di iPhone Anda. Bahkan jika pengguna menutup aplikasi, itu masih "secara diam-diam" membuat saluran koneksi terus menerus. Saat ini, cara terbaik untuk mengatasi situasi ini sambil menunggu perbaikan dari Facebook adalah dengan menghapus sepenuhnya aplikasi Facebook dari iOS dan mengakses jejaring sosial ini melalui browser seperti Safari,.

4. Kurangi kecerahan layar

IPhone saat ini memiliki resolusi layar yang sangat tinggi, yang tidak dapat dihindari. Seharusnya tidak mengherankan bahwa ini adalah penyebab terbesar baterai terkuras. Dari layar iPhone, geser ke atas dari tepi bawah untuk masuk ke pusat kendali, seret penggeser kecerahan ke bawah ke medium low.

5. Setel layar mati/kunci lebih cepat

Cara menghemat baterai iPhone berikutnya adalah tentang mode layar di iPhone. Layar tetap menyala saat tidak digunakan juga menjadi penyebab banyak konsumsi baterai, atur mode kunci otomatis menjadi sesingkat mungkin untuk meminimalkan hal ini. Buka Pengaturan > Umum > Kunci Otomatis > Pilih waktu tersingkat .

6. Aktifkan mode pesawat di area sinyal lemah

Ponsel akan terus-menerus memeriksa jaringan seluler di sekitarnya dan mengonsumsi lebih banyak daya jika area tersebut "miskin" dengan sinyal, jadi ada kalanya baterai ponsel masih "kurang" bahkan saat tidak digunakan. Jika Anda tidak perlu mengakses data, membuat atau menerima panggilan, dan Anda tidak memerlukan GPS (untuk peta), hanya ingin mendengarkan musik atau bermain game, Anda dapat mengalihkan ponsel ke mode pesawat dan mencegahnya terjadi Blokir semua aktivitas di atas.

Jika Anda perlu menggunakan data, Anda masih dapat menggunakan Wifi saat menyala, klik ikon Wifi di sebelahnya dan sambungkan. Ini adalah ide yang baik jika Anda berada di area dengan cakupan yang lemah. 

7. Cara menghemat baterai iPhone dengan memutuskan koneksi saat tidak digunakan

Seperti disebutkan di atas, jika Anda harus menghidupkan telepon untuk melakukan panggilan, Anda juga perlu memperhatikan memutuskan koneksi lain saat tidak digunakan, karena mereka akan selalu dalam keadaan deteksi perangkat, selalu berjalan di latar belakang, yang akan menyebabkan ponsel gagal. Ponsel Anda terus menguras baterai bahkan saat tidak digunakan.

Matikan koneksi 4G LTE. Koneksi 4G juga menjadi salah satu penyebab baterai iPhone terkuras cukup banyak.

Jika Anda tidak menggunakan koneksi 4G, Anda dapat beralih ke gelombang 2G untuk menghemat lebih banyak baterai. Mengaktifkan Mode Data Rendah juga akan membantu mengurangi penggunaan Wi-Fi dan data seluler.

Matikan Bluetooth, Wifi saat tidak digunakan: 

Koneksi Bluetooth tidak menghabiskan terlalu banyak daya, tetapi membantu iPhone menghemat baterai dalam jangka panjang. Anda menggesek kembali dari bagian bawah layar iPhone untuk membuka Pusat Kontrol dan dapat dengan cepat menonaktifkan Bluetooth dan Wifi saat tidak digunakan.

Matikan fitur AirDrop: 

AirDrop adalah fitur yang sangat istimewa dari iPhone, termasuk versi iOS lama dan baru, fitur ini memiliki efek berbagi musik, foto ... ke perangkat Apple lain dalam jangkauan operasi. Ini juga berarti akan selalu dalam keadaan deteksi perangkat, selalu berjalan di latar belakang, yang akan membuat ponsel Anda terus-menerus mengurangi baterai, membuat masa pakai baterai tidak cukup lama untuk kebutuhan.

Selain itu, ketika Anda perlu menggunakan Wifi, Anda akan menyalakannya dan mencari, meskipun Anda tidak boleh meninggalkan ponsel dalam mode terus-menerus mencari sinyal sehingga kami dapat mematikannya untuk membatasi mode konsumsi baterai. Buka Pengaturan > Wi-Fi > Memerlukan Jaringan dan alihkan ke Mati.

8. Matikan penyegaran aplikasi latar belakang

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah menonaktifkan Aplikasi yang bekerja di latar belakang. Penyegaran yang berjalan di latar belakang proses Anda juga perlu diperbarui agar berfungsi dengan baik, tetapi terkadang tidak perlu memperbarui ke yang terbaru karena versi yang lebih lama juga dapat memenuhi fitur telepon, jadi Anda harus menonaktifkan fitur ini untuk menyimpan lebih banyak baterai.

Buka  Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang. Ini tidak akan memperbarui aplikasi secara otomatis atau hanya untuk beberapa aplikasi penting.

9. Cara menghemat baterai iPhone dengan membatasi Pencarian Spotlight

Jika Anda tidak sering menggunakan pencarian atau hanya mencari sampai batas tertentu, Anda harus membatasi kemampuan pencarian di Spotlight, karena terkadang Anda tidak menyadari fitur ini juga menguras baterai Anda. Buka  Pengaturan > Umum > Pencarian Spotlight > Hapus item pencarian yang tidak perlu.

10. Fitur pengurangan gerakan (Motion reduction)

Di iPhone, ada fitur untuk mendukung pengurangan gerakan bagi pengguna, yaitu layar akan memperbaiki kesalahan atau perubahan untuk membuat pengguna merasa nyaman, tetapi jika tidak terlalu diperlukan, kami tidak membutuhkan fitur iOS ini, jika mungkin, sebaiknya tidak menggunakannya. Masuk Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Motion Reduction  > Nyalakan Motion Reduction 

11. Matikan getar saat berdering

Jika menggunakan nada dering, matikan getaran, ini salah satu cara menghemat baterai iPhone akan menghemat banyak baterai setiap hari. Memasuki Pengaturan > Suara > Getar saat Dering > Mati.

12. Kurangi penggunaan kamera

Kamera adalah aplikasi yang menghabiskan banyak baterai jika digunakan terus menerus. Jika Anda membutuhkan daya tahan baterai, pastikan untuk hanya mengambil foto yang paling Anda butuhkan dan tidak menggunakan LED Flash.

13. Matikan notifikasi untuk aplikasi

Cara menghemat baterai iPhone berikut adalah mematikan notifikasi untuk aplikasi. Pemberitahuan push terus-menerus di ponsel Anda saat terhubung ke internet adalah penyebab kerusakan signifikan pada masa pakai baterai. Jika bukan aplikasi yang perlu diberi tahu segera, seperti: Telepon, Pesan, dll., maka Anda harus memblokir semua pemberitahuan, sebagian untuk mengurangi gangguan. Buka Pengaturan > Pemberitahuan > Pilih Aplikasi > Izinkan Pemberitahuan atau Tidak.

14. Mail, Kontak, Kalender

Di bagian ini Anda juga dapat membatasi pembaruan data baru secara konstan dengan menonaktifkan fungsi "Ambil data baru" (Fetch new data), yang hanya akan berjalan jika Anda mengizinkannya. Buka Settings > Mail, Contacts, Calendars > Fetch New Data dan matikan.

15. Matikan pengiriman otomatis data diagnostik dan penggunaan

Biasanya fungsi ini juga jarang digunakan, tidak terlalu berguna sehingga Anda tidak boleh membiarkannya terkirim secara otomatis, itu juga cukup banyak mempengaruhi baterai, tergantung kasusnya, bagi sebagian orang mungkin perlu, dengan yang lain tidak. Buka Pengaturan > Privasi > Analisis & Peningkatan > Jangan Kirim Berbagi Analisis iPhone. 

16. Aktifkan pelacakan iklan batas

Dari iOS 8 ada bagian support untuk kamu matikan tracking iklan, hal-hal yang tidak perlu jangan biarkan berjalan lagi. Buka Pengaturan >  Privasi > Periklanan > Aktifkan Batasi Pelacakan Iklan. Hal ini juga ampuh untuk cara menghemat baterai iPhone.

17. Fitur sinkronisasi iCloud

Sedangkan untuk iCloud, biasanya setelah 2 minggu akan otomatis tersinkronisasi agar Anda tidak kehilangan data. Namun, itu berarti akan berjalan di latar belakang untuk mengetahui dengan tepat kapan harus menyinkronkan ketika ada data, jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya dan ingin menyinkronkannya secara manual, Anda harus mematikannya, atau membiarkannya menyinkronkan secara otomatis. pergi ke Pengaturan > iCloud > sesuaikan aplikasi yang tidak perlu untuk menyinkronkan secara otomatis ke Mati (Off).

18. Matikan Pembaruan Waktu Otomatis

Sistem operasi iOS secara otomatis memperbarui waktu, untuk melakukan ini memerlukan lokasi dan menguras baterai lebih cepat. Untuk menonaktifkan, buka Pengaturan > Umum > Tanggal & Waktu > Setel Secara Otomatis > Mati (Off).

19. Panggilan, SMS di iPhone melalui komputer Mac

Sejak iOS 8.1 dan OS X 10.11, fitur sinkronisasi telah sangat dipromosikan antara iPhone, iPad, MacBook. Sederhananya, ketika Anda perlu menghemat baterai untuk iPhone dan memiliki komputer Apple yang tersedia, Anda dapat menelepon, mengirim SMS, tanpa telepon, menghemat sedikit baterai.

20. Matikan asisten suara Siri

Cara menghemat baterai iPhone yang terakhir yaitu dengan mematikan asisten suara Siri. Asisten suara Siri tidak terlalu sering digunakan bahkan di negara-negara di mana Siri mendukung bahasa tersebut. Oleh karena itu, mematikan fitur ini dapat membantu menghemat masa pakai baterai. 

Buka Pengaturan > Umum > Siri dan alihkan ke Mati untuk menonaktifkan Siri sepenuhnya. Selain itu, pengguna yang masih membutuhkan Siri tetapi tidak sering dapat menonaktifkan fitur Voice Feedback karena fungsi ini menggunakan sensor untuk mengaktifkan Siri yang menghabiskan baterai, ini cukup efektif untuk solusi cara menghemat baterai iPhone.

Semoga dengan 20 tips cara menghemat baterai iPhone di atas, baterai di iPhone Anda akan "hidup" seharian penuh dengan fitur-fitur bermanfaat yang tetap digunakan. Bagikan pengalaman Anda di bawah ini di komentar dan beri tahu kami tentang catatan masa pakai baterai iPhone, dan tips rahasia tentang cara menghemat baterai iPhone versi Anda sendiri.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close