Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Pengering Tidak Berputar

Alasan mengapa pengering Anda tidak bisa berputar, dan cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar

Apa yang harus dilakukan ketika pengering Anda tidak mau berputar? Ikuti tips ini untuk melihat apakah ada solusi DIY yang mudah sebelum menghubungi teknisi perbaikan.

Ini masalah umum: Anda memasukkan banyak handuk basah ke dalam pengering, hanya untuk mengetahui bahwa pengering Anda tidak mau berputar. Ada berbagai masalah yang mungkin menyebabkan pengering mesin cuci Anda tidak berputar, jadi bagaimana Anda bisa menentukan sumber masalahnya?

Mulailah dengan memeriksa apakah pengering mesin cuci Anda terhubung dengan listrik atau tidak. Jika ya, periksa kotak pemutus sirkuit Anda untuk memastikan bahwa kedua pemutus sirkuit pengering dihidupkan. Jika tidak, nyalakan ulang.

Jika steker dan pemutus sirkuit baik-baik saja, periksa sakelar pintu pengering. Saat Anda menutup pintu pengering, pasak plastik akan berbunyi klik dan memungkinkan sakelar untuk memulai pengering. Jika pasak bengkok atau patah, Anda harus meluruskan atau mengganti pasak. Jika pasak baik-baik saja, sakelar mungkin rusak dan perlu diganti.

Baca Juga : Kode Error Mesin Cuci Lengkap Berbagai Merk

Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar

Dibawah ini Montirbox akan menjelaskan lebih lanjut mengapa pengering Anda berhenti berputar dan bagaimana cara menghidupkannya kembali.

Mengapa pengering mesin cuci tidak berputar? Bagaimana cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar?

Ada beberapa alasan umum (beberapa lebih sulit didiagnosis daripada yang lain) mengapa pengering mesin cuci Anda rusak atau tidak berputar. Jika pengering Anda menyala, tetapi drum tidak mau berputar, mungkin karena salah satu alasan umum berikut:

  • Steker listrik pengering mesin cuci dicabut/tidak menyala.
  • Pemutus sirkuit mati.
  • Sekering termal putus.
  • Saklar pintu tidak berfungsi.
  • Sabuk penggerak mesin cuci rusak.
  • Rol drum mesin cuci rusak.
  • As roda rol aus.
  • Bantalan drum mesin cuci telah memburuk.
  • Motor/dinamo rusak.

Mari kita mulai dengan perbaikan yang paling mudah, lalu gali solusi yang memerlukan beberapa langkah lagi atau memerlukan bantuan dari ahli alat. Harap jangan mencoba memperbaiki apa pun yang melibatkan listrik bertegangan tinggi atau gas yang mudah terbakar tanpa pelatihan yang tepat.

Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar

Steker listrik pengering mesin cuci dicabut/tidak menyala

Alasan paling umum pengering Anda—atau alat apa pun—berhenti bekerja adalah karena stekernya dicabut. Kedengarannya sederhana, kita tahu. Tetapi pastikan untuk memeriksa apakah kabel atau stekernya longgar. Jika demikian, pasang kembali.

Pemutus sirkuit mati

Jika pengering Anda dicolokkan tetapi tetap tidak berputar saat Anda menekan start, centang kotak pemutus sirkuit Anda untuk memastikan bahwa pemutus pengering dihidupkan. Jika tidak, setel ulang.

Sekering termal putus

Jika pengering Anda tidak mau berputar, mungkin alat menjadi terlalu panas dan sekring termalnya putus, fitur keselamatan yang dirancang untuk menghentikannya agar tidak memicu kebakaran.

Anda mungkin dapat mengatur ulang sekering, tetapi biasanya perlu diganti. Sebelum melakukannya, Anda perlu mencari tahu mengapa sekring bisa putus, itu bisa menjadi tanda peringatan bahwa pengering Anda adalah bahaya kebakaran. Penting bagi Anda untuk meminta ahli perbaikan alat memeriksanya untuk memahami dan mengatasi penyebab masalah yang mendasarinya.

Saklar pintu tidak berfungsi

Jika pengering Anda masih tidak berputar, periksa pasak plastik di sakelar pintu. Saat bekerja, pasak berbunyi klik dan memungkinkan pengering untuk memulai saat Anda menutup pintu. Jika pasaknya bengkok, coba luruskan. Jika pasak terlihat baik-baik saja dan pengering masih tidak mau menyala saat Anda menutup pintu, Anda mungkin perlu mengganti sakelarnya.

Sabuk penggerak mesin cuci rusak

Salah satu alasan paling umum pengering Anda tidak berputar adalah karena sabuk penggerak rusak. Untuk mengetahui apakah ini masalahnya, buka pintu pengering, raih, dan coba putar gelas bundar besar drum dengan tangan. Jika terlalu mudah berputar, sabuk mungkin putus dan perlu diganti.

Rol drum mesin cuci rusak

Jika rol drum roda kecil yang menahan drum di tempatnya saat berputar—terjebak atau tidak dapat berputar dengan bebas, rol tersebut mungkin aus. Cara sederhana untuk memeriksa apakah bagian-bagian ini tidak berfungsi adalah dengan membuka pintu pengering dan melihat ke dinding belakang. Jika ada celah antara drum dan dinding, kemungkinan Anda perlu memasang roller drum baru.

Untuk mengetahui dengan pasti, cabut steker pengering, buka tutup pengering (atau kembali tergantung model Anda), lepaskan sabuk dari pengering, dan putar drum dengan tangan. Jika satu atau lebih rol macet atau tidak dapat berputar dengan bebas, Anda mungkin perlu menggantinya. Jika mereka berbelok dengan bebas, kemungkinan besar mereka baik-baik saja.

As roda rol aus

Setelah melepas tutup pengering atau bagian belakang, periksa untuk melihat apakah poros rol, komponen utama yang juga dikenal sebagai poros rol, goyang saat Anda memutar rol drum. Jika itu terjadi, aatnya untuk mengganti yang baru.

Bantalan drum mesin cuci telah memburuk

Bantalan drum adalah bagian yang menopang bagian belakang drum. Saat Anda melepas sabuk pengering, putar drum dengan tangan. Jika tromol benar-benar terjepit atau berderit atau tergores saat Anda memutarnya, bantalan kemungkinan rusak atau aus dan membuat motor tegang. Mungkin sudah waktunya untuk penggantian.

Dinamo pengering rusak

Motor atau dinamo yang berfungsi sangat penting agar pengering Anda berfungsi dengan baik. Jika drum pengering Anda tidak berputar, mungkin motor kelebihan beban, tegang, atau aus. Dalam hal ini, Anda harus menggantinya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Tidak Berputar

Oke sobat Montirbox, itu tadi beberapa tips dan cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar, semoga masalah pengering mesin cuci Anda yang tidak berputar sudah bisa terselesaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Pengering Tidak Berputar"