Kenapa iPhone cepat panas? Ini Penyebab dan Solusinya!

Kenapa iPhone cepat panas? pertanyaan tersebut yang sering terlontar dibenak para pengguna iPhone. Tidaklah menyenangkan mengangkat telepon Anda dan merasa panas saat disentuh, bahkan ketika Anda tidak menggunakannya. Mengapa iPhone Anda begitu panas? Ada beberapa alasan mengapa iPhone Anda terlalu panas, dan Anda dapat memperbaiki atau mencegah semuanya. Teruslah membaca untuk mencari tahu mengapa iPhone Anda menjadi panas dan bagaimana cara memperbaikinya.

Kenapa iPhone cepat panas?

IPhone Anda menjadi panas karena baterai dan perangkat keras lain di dalamnya menghasilkan panas setiap kali ponsel Anda bekerja, meskipun hanya mengisi daya. IPhone Anda dirancang untuk menghilangkan panas, tetapi masalah baterai, terlalu banyak aplikasi yang berjalan, dan bahkan sinar matahari langsung dapat membuat ponsel Anda menjadi terlalu panas.

Sedikit kehangatan tidak masalah, tetapi lain hal jika iPhone Anda terasa seperti akan meleleh. Baterai mungkin memengaruhi komponen internal di ponsel Anda, atau masalah perangkat lunak dapat membuat prosesor bekerja dengan daya penuh.

Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan (iPhone No Service)

Kenapa iPhone cepat panas? Ini Penyebab dan Solusinya!

Beberapa alasan kenapa iPhone Anda menjadi cepat panas

1. Baterai rusak.

Baterai yang buruk menghasilkan energi secara tidak teratur. Ini mungkin terlalu banyak bekerja sendiri, dan panas jelas merupakan salah satu indikasinya. Jika Anda mendapatkan notifikasi bahwa baterai Anda harus diganti, perhatikan peringatan tersebut. Arahkan ke Pengaturan > Baterai untuk memeriksa ini.

2. Terpapar di bawah sinar matahari.

Sinar matahari langsung dapat meningkatkan suhu udara secara signifikan. Jadi hindari menggunakan perangkat iPhone Anda yang terlalu lama terkena sinar matahari langsung.

3. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan.

Memiliki banyak proses yang berjalan secara bersamaan membuat iPhone Anda bekerja lebih keras dan lebih panas. Klik dua kali tombol beranda iPhone Anda untuk menggulir setiap aplikasi yang saat ini terbuka (lalu geser ke atas pada aplikasi untuk menutupnya).

4. Streaming berat.

Menjaga layar Anda tetap terjaga adalah salah satu aktivitas paling boros daya yang dapat dilakukan ponsel Anda. Tidak mengherankan, streaming online menyebabkan panas berlebih.

5. Pengaturan kecerahan yang kurang optimal.

IPhone Anda harus menyesuaikan kecerahannya secara otomatis sesuai dengan cahaya sekitar. Kecerahan yang lebih rendah, sering digunakan saat berada di dalam, lebih mudah ditangani telepon daripada kecerahan tinggi.

6. Perangkat lunak atau aplikasi yang belum diperbarui.

Pembaruan dapat memberikan tambalan keamanan penting dan fungsionalitas yang ditingkatkan. Anda mungkin menjalankan aplikasi versi lama yang dapat membebani prosesor. Tetap perbarui perbaikan yang selalu dikerjakan pengembang.

Beralih ke Mode Pesawat, lepaskan ponsel dari pengisi daya, dan baca terus untuk mengetahui kenapa iPhone cepat panas, dan apa lagi yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan iPhone Anda dari kepanasan.

Apa yang terjadi ketika iPhone Anda menjadi cepat panas?

Masa pakai baterai iPhone Anda dan umur panjang secara keseluruhan akan terpengaruh saat terkena panas tinggi terlalu lama. Anda tidak akan langsung menyadarinya, tetapi ponsel Anda akan mulai berjalan lebih lambat dengan cepat, dan Anda tidak akan dapat terus menggunakannya selama yang Anda inginkan.

READ:  Fitur-fitur Tersembunyi di Ponsel Android

Untungnya, iPhone dirancang untuk dimatikan sebelum menjadi sangat panas. Ini akan mencegah ponsel pecah di bawah tekanan. Apple juga memiliki tips tentang iPhone yang terlalu panas.

Cara mendinginkan iPhone Anda

Metode terbaik untuk mendinginkan ponsel Anda mudah dikelola dan sebagian besar melibatkan menghilangkan faktor pemicu (sumber panas atau masalah perangkat lunak) dan membiarkannya duduk. Sesuatu yang lebih drastis hanya akan memperburuk keadaan.

Jika iPhone Anda menjadi panas, ikuti langkah-langkah berikut untuk mendinginkannya:

1.Bertindak cepat

Panas yang tinggi dapat merusak iPhone Anda. Perlakukan ini segera agar ponsel Anda tidak rusak:

Cabut telepon dan matikan. Pindahkan dari sumber panas apa pun, termasuk sinar matahari, dan letakkan di permukaan yang rata dan halus, tanpa jarak beberapa inci darinya. Setelah dingin selama beberapa menit, Anda dapat menyalakannya kembali, tetapi gunakan Mode Pesawat untuk sementara waktu.

2. Buka Casing

Casing iPhone Anda mungkin menghalangi aliran udara, jadi lepaskan agar panas lebih cepat keluar. IPhone Anda perlu didinginkan. Jauhkan ponsel dalam keadaan “telanjang” dan jauhkan dari ruang kecil tertutup atau sumber panas.

3. Lepaskan Charging

Anda ingin ponsel Anda bekerja sesedikit mungkin. Pengisian daya dapat meningkatkan suhunya. Tidak berbahaya bila dalam penggunaan biasa, namun menjadi masalah besar jika suhu iPhone Anda sudah menjadi 90 derajat.

4. Dinginkan atau Kipas iPhone Anda

Kipas atau tiup iPhone Anda untuk mengatur suhu. Ingatlah bahwa Anda harus mendinginkan telepon secara bertahap karena perubahan suhu yang cepat dapat menyebabkan pengembunan. Air akan terbentuk di dalam dan di sekitar telepon, menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada panas itu sendiri.

Cara menghentikan iPhone dari kepanasan

1. Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung dapat membuat iPhone Anda cepat panas. Membawanya keluar dari matahari dan ke tempat teduh seperti memberikan segelas air kepada orang yang sedang berolahraga. Tempat teduh adalah tempat iPhone dan komponennya tetap nyaman.

Kebalikannya juga benar: elektronik dapat mengalami malfungsi pada suhu rendah. Jangan biarkan ponsel Anda terkena suhu beku.

2. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi latar belakang dapat menghabiskan energi yang tersimpan di baterai Anda, membuat prosesor bekerja terlalu keras. Ini mungkin mengapa iPhone Anda terasa panas. Tutup aplikasi latar belakang untuk memastikan ponsel Anda tidak membuang banyak usaha untuk sesuatu yang tidak Anda gunakan.

Saat menutup aplikasi, Anda mungkin menemukan aplikasi yang tidak dikenal. iPhone tidak bisa terkena virus, tetapi mereka bisa menjadi mangsa kode berbahaya lainnya atau bahkan tidak berfungsi. Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan, Anda mungkin ingin memindai ponsel Anda dari malware dan memastikan ponsel Anda tidak melacak Anda.

READ:  WD Black SN850 2TB: SSD yang sangat cepat dan tahan panas

Untuk menutup aplikasi, buka ponsel Anda ke layar beranda. Ketuk dua kali tombol beranda lalu geser ke kiri dan kanan di layar ini untuk melihat setiap aplikasi yang terbuka. Gesek ke atas dengan jari Anda pada aplikasi untuk menutupnya.

Jika Anda ingin melindungi aplikasi tertentu, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan beberapa aplikasi di iPhone. Melakukannya akan meningkatkan keamanan dan privasi iPhone Anda, karena akan lebih sulit bagi orang asing untuk menemukannya.

3. Jangan simpan/dekatkan iPhone Anda di dekat perangkat lain

Pernahkah Anda meletakkan tangan Anda di atas atau di dekat perangkat ketika sedang bekerja dan bertanya-tanya apakah itu bisa merebus telur? Perangkat elektronik mengubah suhu udara di sekitarnya, dan iPhone Anda mungkin berbagi udara.

Katakanlah ponsel Anda ada di dalam tas dengan perangkat lain. Ke mana udara panas itu akan keluar? Tidak ada tempat untuk pergi, dan telepon Anda akan menanggung bebannya.

Jaga daya perangkat tetap mati saat disimpan, dan berikan banyak ruang pada ponsel Anda. Hal ini menjaga iPhone Anda dari kepanasan.

4. Gunakan mode Pesawat

Mode Pesawat menonaktifkan banyak fitur iPhone, termasuk proses yang menaikkan suhu. Dengan Mode Pesawat aktif, iPhone Anda tidak mempertahankan sinyal, mencari sinyal, atau mengirim dan menerima data melalui internet. Itu membantu mengatur suhu.

5. Matikan Bluetooth

Bluetooth adalah fungsi lain yang memerlukan daya konstan dari ponsel Anda, baik itu mencari perangkat atau tetap berpasangan dengan satu perangkat. Matikan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya agar ponsel Anda tidak bekerja terlalu keras.

Untuk mematikan Bluetooth, geser ke atas dari bagian bawah layar dan ketuk ikon Bluetooth agar tidak menyala.

6. Jangan tinggalkan di bawah bantal

IPhone dirancang khusus untuk pembuangan panas. Tetapi kurangnya aliran udara yang tepat dapat membuat ponsel Anda melampaui batas.

Jika iPhone Anda cepat panas, menyimpannya di bawah bantal dan seprai hanya akan memperburuk keadaan. Anda mungkin tidak bangun untuk memperhatikan bahwa ponsel Anda terlalu panas.

Meskipun ini biasanya berarti mati otomatis, dalam kasus yang jarang terjadi, telepon dapat mencapai suhu yang berbahaya. Mungkin keamanan iPhone Anda tidak memadai, dan aplikasi aneh mencegahnya mati. Komponen mungkin gagal, lonjakan daya dapat terjadi, dan bahan yang mudah terbakar di sekitar telepon dapat terbakar.

Sekali lagi, ini adalah kasus yang jarang terjadi. Namun yang terbaik adalah mengontrol apa yang Anda bisa: biarkan ponsel Anda bernafas agar tidak terlalu panas, dan tambahkan aplikasi keamanan seluler yang dirancang khusus untuk iOS.

READ:  Radiasi WiFi dan Bahaya Radiasi WiFi Terhadap Kesehatan

7. Sesuaikan pengaturan kecerahan ponsel

Kecerahan tinggi dapat menguras baterai ponsel Anda dengan cepat. Kecerahan biasanya menyesuaikan diri berdasarkan kondisi lingkungan, tetapi mungkin fungsi itu telah dimatikan secara tidak sengaja. Anda menginginkannya.

Untuk memeriksa apakah masih aktif, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks. Gulir ke bawah ke bawah dan pastikan Kecerahan Otomatis diaktifkan.

8. Perbarui aplikasi Anda

Selalu perbarui aplikasi Anda sehingga Anda selalu memiliki versi terbaru dari setiap aplikasi. Buka App Store, ketuk ikon profil di kanan atas, gulir ke bawah ke Pembaruan yang Tersedia, dan ketuk Perbarui Semua. Tidak ada risiko dalam melakukan ini, karena semua pengaturan dan data Anda tetap utuh di seluruh versi aplikasi.

9. Kurangi streaming

Waktu aktif yang konstan mungkin membebani ponsel Anda. Tidak hanya ponsel yang dirancang untuk selalu berada di saku Anda, mata Anda juga dapat mengambil banyak hal. Jika panas ponsel sesuai dengan waktu pemakaian perangkat, cari perangkat lain untuk streaming… atau mulai masuk ke podcast.

10. Gunakan mode daya rendah

Mode daya rendah mengurangi pengurasan baterai untuk membantu menghemat masa pakai baterai, seperti menjaga layar tetap menyala untuk waktu yang lebih singkat.

Ketuk Pengaturan, gulir ke bawah ke Baterai (ikon hijau), dan ketuk Mode Daya Lebih Rendah. IPhone Anda sering menonaktifkan fungsi ini, jadi Anda harus mengaktifkannya kembali jika ingin terus menggunakannya. Ikon baterai di kanan atas akan tampak kuning saat dalam mode daya rendah.

11. Restart atau Mulai ulang ponsel Anda

Me-restart iPhone Anda mungkin mematikan proses yang membebani ponsel sebelumnya, jadi periksa untuk melihat apakah itu membuat perbedaan.

Bagaimana sobat Montirbox, sudah tahu penyebab kenapa iPhone cepat panas? setelah membaca artikel ini mudah-mudahan tidak ada lagi pertanyaan kenapa iPhone cepat panas tersebut, karena sudah diberikan keterangan secara rinci pada artikel ini, beserta solusinya.

Sharing Is Caring:

Leave a Comment