Skip to main content

Seagate FireCuda 530 1TB: SSD dengan heatsink ultra-cepat dan kompatibel dengan PS5

Untuk memuaskan mereka yang mencari SSD super cepat khususnya bagi pemilik konsol Sony PS5, Seagate menawarkan seri FireCuda 530 dalam versi dengan pendingin. Seri dengan lembar teknis yang solid, tanpa kompromi.

Seagate FireCuda 530 yang dijual dengan heat sink tidak berbeda dengan yang dijual tanpa heat sink. Oleh karena itu, ada SSD dalam format M.2 2280 yang beroperasi pada interface PCIe 4.0 dengan dukungan untuk standar NVMe 1.4. Pada versi yang disebut "with heat sink", ada radiator yang cukup sederhana pada pelat logamnya yang halus hanya dihiasi dengan garis oranye, karakteristik Seagate SSD yang ditujukan untuk para gamer. Tidak terlalu tebal (9,84 mm untuk versi 1 TB ini), memungkinkan penggunaan Seagate FireCuda 530 dapat di aplikasikan pada konsol Sony PS5.

Berbeda dengan versi 2 TB dan 4 TB, versi 1 TB ini diisi dengan chip yang ditempatkan di bagian depan SSD, sedangkan bagian belakangnya tidak. Ada empat chip memori 3D NAND TLC dengan 176 layer dari pabrik Micron. Chip yang cukup baru yang mengambil alih dari 96 layer. Perubahan ini memungkinkan Micron untuk memproduksi chip berkapasitas lebih besar dengan footprint yang sama. Cukup untuk mengurangi biaya untuk kapasitas chip yang sama.

Pengelolaan empat chip NAND dipercayakan kepada pengontrol Phison PS5018-E18 yang diukir dalam 12 nm dalam perjalanan untuk menjadi standar yang cukup standar pada SSD PCIe 4.0 kelas atas. Ini dapat ditemukan misalnya pada Corsair MP600 Pro dan MSI Spatium M480. Akhirnya, chip memori cache 1 GB melengkapi paket.

Seagate FireCuda 530 bergaransi 5 tahun atau setelah pemakaian 1275 TB write data, mana yang lebih dulu. Pemakaian write data setidaknya dengan penggunaan normal saja tentu kita pasti sampai pada akhir 5 tahun, jauh sebelum menyelesaikan setengah dari garansi barang.

Seagate FireCuda 530

Mengelola cache SLC

Sistem cache SLC untuk mempercepat pekerjaan write bersifat dinamis. Ini menggunakan sepertiga dari ruang kosong seolah-olah itu adalah memori SLC, dengan demikian zona akselerasi dapat menjadi cukup lebar. Di luar ruang yang nyaman ini, kecepatan write antara 700 MB dan 1250 MB/dtk, dengan osilasi yang signifikan, sebuah hasil yang cukup baik di lapangan.

Manajemen Termal 

Batas termal telah ditetapkan pada 95° C, tetapi throughput secara otomatis berkurang ketika chip mencapai 65° C. Mekanisme yang mencegah panas berlebih. Dalam praktiknya, heatsink Seagate FireCuda 530 melakukan tugasnya dengan sempurna, SSD tidak melebihi 45° C selama pengujian secara intensif. Poin bagus untuk model ini yang, seperti yang kami garis bawahi dalam pengujian versi 2 TB tanpa heat sink, cenderung melepaskan banyak kalori.

Seagate membidik pasar premium dengan SSD ini. Dalam versi 1 TB-nya, Seagate FireCuda 530 memiliki rata-rata kecepatan hingga 7,3 Gb/s untuk read berurutan dan 6 Gb/s untuk write. Akses acak pada file kecil dapat mencapai 800.000 IOPS read dan 1.000.000 write IOPS.

Pada pengujian Benchmark, hasil sekuensial cukup dekat dengan yang diklaim oleh Seagate, dengan hasil uji mencapai rata-rata 7,4 GB/s read dan 5,8 GB/s write. Hasilnya sama bagusnya dengan kapasitas yang lebih besar (pada tes 64 GB vs 1 GB), menjadikan model ini diantara yang tercepat di pasar.

Penyalinan manual seperti biasa memberikan hasil yang lebih sedikit, SSD lebih gesit dalam menyalin banyak file sekaligus, dengan kecepatan baca (read) dan tulis (write) 1,86 Gb/dtk. Sekali lagi, Seagate FireCuda 530 menghadirkan layanan terbaiknya.

Kesimpulan

Seagate FireCuda 530 memiliki banyak keunggulan, sangat cepat, kecepatan stabil, pemanasan termal terkontrol. Seagate FireCuda 530 1TB berkinerja baik di segmen SSD premium. Ini menjadikannya pendamping yang ideal untuk game kelas atas atau PC kreatif, tetapi juga pilihan yang menarik untuk PS5, model ini sepenuhnya kompatibel dengan konsol Sony.

Keunggulan

  • Kecepatan baca (read) dan tulis (write) yang sangat tinggi.
  • Penyerap panas yang efisien.
  • Cache SLC yang agak besar.
  • garansi 5 tahun.
  • 1275 TB write endurance

Kelemahan

  • Tidak ada yang khusus.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close