--> Skip to main content

Windows Hello dan Cara Install Windows Hello di Komputer

Windows Hello dan Cara Install Windows Hello di Komputer - Jika Anda seorang pengguna Windows 10 mungkin bertanya-tanya, apa itu Windows Hello? atau bagaimana cara menginstall Windows Hello?.  Disini Montirbox akan memandu Anda mempelajari sistem keamanan ramah-pengguna Microsoft, termasuk semua yang perlu Anda ketahui mulai dari pengaturan hingga penggunaan dan potensi masalah yang mungkin Anda miliki.

Apa itu Windows Hello? 

Di tingkat dasar, Windows Hello adalah cara berbeda untuk masuk ke perangkat Windows Anda yang jauh lebih nyaman daripada kata sandi tradisional. Tergantung pada perangkat Anda, Windows Hello dapat memberi Anda akses untuk masuk menggunakan sidik jari Anda, pemindaian iris atau pengenalan wajah dari webcam Anda. Masuk dengan cara ini jelas jauh lebih nyaman karena Anda tidak perlu berpikir untuk mengingat apa kata sandi Anda, atau berurusan dengan kerumitan mengetik sebelum Anda masuk ke Windows.

Baca Juga : Cara Melindungi Komputer Dari Cyber Attack
Windows Hello

Apakah Windows Hello aman? 

Ada beberapa argumen bahwa Windows Hello lebih aman, karena Anda tidak akan tergoda untuk menggunakan kata sandi sederhana yang mudah ditebak untuk laptop atau mesin desktop Anda tetapi akan bergantung pada berbagai opsi biometrik sebagai gantinya. Microsoft mengatakan bahwa Windows Hello sangat aman,  Anda dapat menggunakan sidik jari, wajah, atau iris untuk login dengan keamanan “enterprise grade”, tanpa apa pun yang dapat dicuri peretas atau individu jahat lainnya.

Orang lain tidak dapat melihat Anda memasukkan pin atau kata sandi dan mendapatkan akses seperti itu. Mereka juga tidak bisa hanya menggunakan foto wajah Anda untuk mengelabui sistem, karena Windows Hello dirancang secara cerdas untuk hanya bekerja untuk orang sungguhan. Demikian pula, jika seseorang mencuri laptop Anda, mereka tidak akan bisa masuk ke perangkat Anda, kecuali mereka juga dapat menggunakan wajah Anda, sidik jari atau iris untuk mengaktifkan Windows Hello. Data biometrik pengguna juga tidak dikirim ke cloud. Ini disimpan di perangkat. Jadi peretas tidak dapat dengan mudah meretas ke server Microsoft untuk mendapatkan akses ke data Anda.

Cara Install Windows Hello

Anda harus memenuhi kriteria tertentu untuk menginstal Windows Hello di perangkat komputer Anda. Hal yang paling utama adalah jelas Anda wajib menggunakan OS Windows 10 untuk memulai,  dengan tetapi Anda juga membutuhkan teknologi yang tepat pada perangkat Anda, webcam atau sensor sidik jari. Untuk install Windows Hello, lakukan langkah-langkah pengaturan sederhana dengan membuka sign-options dari dalam Windows. Untuk melakukannya, klik tombol Windows pada keyboard Anda dan ketik “Sign-in options” untuk menemukan pengaturan yang relevan.

Atau alternatif lainnya cara install Windows Hello, silahkan ikuti langkah ini:

- Klik tombol Windows
- Klik roda pengaturan di kiri bawah
- Di bawah pengaturan Windows, klik Akun
- Dari navigasi sebelah kiri, klik “sign-in options”

Perlu dicatat bahwa tidak semua mesin akan kompatibel dengan Windows Hello. Bahkan jika Anda memiliki webcam, Anda tidak perlu memiliki webcam yang tepat untuk mencentang kotak. Kamera perlu memiliki teknologi untuk menangani pencitraan inframerah-dekat (near-infrared).

Di bawah opsi masuk, Anda dapat mengklik untuk memilih dari berbagai opsi Windows Hello. Memilih untuk masuk menggunakan kamera Anda, sidik jari, kata sandi atau metode lain. Setelah Anda memilih opsi yang Anda sukai, Windows kemudian akan berbicara dengan Anda melalui proses – apakah itu memindai sidik jari Anda, mendaftarkan wajah Anda atau membuat PIN. Untuk pendaftaran sidik jari, Anda biasanya perlu meletakkan jari Anda pada pembaca, angkat itu, pasang kembali dan ulangi pada berbagai sudut sampai mesin memiliki pemindaian yang baik.

Perlu dicatat bahwa jika Anda tidak memiliki pemindai sidik jari di dalam mesin Anda, Anda dapat membeli aftermarket yang bisa Anda colokkan ke perangkat untuk digunakan dengan Windows Hello. Pastikan itu kompatibel dengan Windows Hello.

Baca Juga : Cara Melihat Password Yang Tersimpan di Google Chrome dan Memperbaruinya


Kamera Windows Hello tidak berfungsi?

Anda mungkin menjumpai di mana Windows Hello tidak akan bekerja dengan kamera yang Anda miliki, Anda masih memiliki opsi untuk masuk melalui PIN. Jika Anda mengalami bahwa kamera Anda tidak berfungsi, maka ada sejumlah langkah untuk memperbaikinya:

Atur ulang pengenalan wajah (Reset facial recognition)

Kembali ke pengaturan masuk dan klik untuk menghapus pengenalan wajah, lalu klik untuk “Reset” pengaturan itu. Reboot atau nyalakan ulang komputer Anda dan hidupkan kembali.

Unduh driver dan pembaruan

Jika mungkin periksa dan unduh driver terbaru untuk webcam Anda dari pabrikan yang relevan. Periksa juga pengaturan Pembaruan Windows (klik tombol Windows dan cari “check for updates”) dan pastikan mesin Anda memiliki pembaruan terbaru yang diinstal.

Run atau jalankan pemecah masalah (troubleshooter)

Klik start menu dan klik roda pengaturan, kemudian buka Update and Security dan klik “Troubleshoot”. Dari sana Anda kemudian dapat menjalankan pemecahan masalah perangkat keras dan perangkat.

Oke sobat Montirbox, itu tadi postingan artikel mengenai Windows Hello dan cara Install Windows Hello di komputer. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close