Skip to main content

Tips dan Cara Menjadi Seorang Youtuber Pemula

Tips dan Cara Menjadi Seorang Youtuber Pemula - Apakah Anda ingin menjadi Youtuber? YouTube telah meledak selama beberapa tahun terakhir dengan jutaan jam ditonton setiap hari. Tidak hanya itu, pembuat konten mulai menghasilkan ratusan ribu dolar setiap bulan dan YouTubers dengan bayaran tertinggi menghasilkan hingga jutaan dolar tiap bulannya. Tidak heran mengapa semua orang mencoba untuk memulai saluran YouTube mereka sendiri.

Jika Anda pemula dan ingin menjadi seorang Youtuber, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Anda harus menentukan konten apa yang akan Anda buat. Tidak ada saluran yang dapat bertahan jika tidak memiliki fokus. Setelah Anda menentukan konten yang akan Anda buat, Anda harus menentukan peralatan apa yang akan Anda gunakan untuk mengambil dan mengeditnya. Ini bisa menjadi keputusan sulit untuk dibuat dengan begitu banyak produk di luar sana.

Berikut adalah cara menjadi Youtuber pemula serta beberapa peralatan dasar yang diperlukan untuk membantu memulai saluran YouTube Anda:

Tips dan Cara Menjadi Seorang Youtuber Pemula


Kamera HD / Webcam

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Webcam atau kamera adalah suatu keharusan bagi seorang Youtuber. Sama seperti mikrofon, kamera dengan kualitas atau piksel yang rendah akan membuat pemirsa meninggalkan konten Anda untuk mencari chanel orang lain, terutama jika konten Anda didasarkan pada video dan lanskap berkualitas tinggi.

Tidak ada yang mau melihat wajah yang buram juga, dan dengan banyaknya webcam HD yang tersedia dipasaran dengan harga yang terjangkau, tidak ada alasan untuk tidak mendapatkannya. Ketika pemirsa melihat wajah Anda, mereka lebih cenderung terhubung dengan Anda dan tetap menonton saluran Anda. Suara saja tidak menggambarkan siapa Anda.

Jika Anda ingin memulai saluran YouTube, pastikan Anda memiliki kamera yang bagus yang mampu mengambil bidikan dan menampilkan diri atau permainan yang Anda buat dengan kualitas gambar yang terbaik.

Mikrofon Berkualitas Tinggi

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Apa pun konten yang Anda rencanakan untuk dibuat, Anda memerlukan mikrofon berkualitas tinggi untuk menangkap suara. Jika Anda seorang musisi atau penyanyi, melihat ke mikrofon studio profesional akan membantu memberi Anda suara jernih tanpa terlalu banyak kompresi.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan jenis mikrofon yang tepat jika Anda seorang vlogger yang sering melakukan banyak perjalanan diluar, memiliki mikrofon yang portabel, dan dibuat tahan lama. Jika bepergian bukan bagian Anda, Anda dapat membuat konten langsung dari rumah sendiri dengan bermain video game atau membuat komentar.

Sekali lagi, suara Anda adalah salah satu fitur penjualan utama saluran Anda, dan yang tidak memiliki mikrofon yang baik atau tidak ada mikrofon, kontennya akan sering dilompati. Jangan biarkan saluran YouTube Anda gagal sebelum dimulai, dapatkan mikrofon dengan kualitas yang tinggi.

Perangkat Lunak Pengeditan

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Tips menjadi Youtuber bagi seorang pemula berikutnya adalah tentang pentingnya masalah software editing. Mendapatkan perangkat lunak, pengeditan yang baik, dan mempelajari cara menggunakannya dapat membantu Anda membuat transisi yang mulus pada saluran YouTube Anda, menambahkan efek lucu, dan secara keseluruhan menciptakan suasana profesional tentang apa yang Anda buat.

Meskipun orang tidak mengharapkan kesempurnaan saat melihat konten Anda, mereka berharap melihat bahwa Anda peduli dan berupaya memberikan yang terbaik bagi pengguna konten Anda. Mengedit konten dengan perangkat lunak pengeditan yang baik adalah penting ketika memulai saluran YouTube.

Komputer yang Mumpuni

Cara Menjadi Youtuber Pemula

Akhirnya, Anda akan membutuhkan mesin yang dapat menangani semua pekerjaan yang akan Anda lakukan. PC Anda adalah stasiun kerja Anda dan Anda perlu memastikan bahwa ia dapat menangani perangkat lunak pengeditan yang Anda pasang di sana, bersama dengan semua video, foto, dan klip suara yang akan Anda tambahkan.

Tanpa workstation yang baik, Anda tidak akan pernah bisa mengeluarkan konten berkualitas. Investasikan budget untuk perangkat komputer yang mampu untuk memastikannya dapat memenuhi kebutuhan chanel YouTube Anda.

Memulai dan memelihara saluran YouTube bisa menjadi pekerjaan yang menegangkan, tetapi menyenangkan, sekaligus mendapakan penghasilan. Ingatlah selalu untuk bersenang-senang saat melakukannya, dan jangan masuk ke dalamnya berharap untuk menjadi kaya secara instan. Ini adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak pekerjaan, keberuntungan, dan peralatan yang tepat untuk diselesaikan.

Pastikan Anda mendapatkan sendiri mikrofon, webcam, beberapa perangkat lunak pengeditan, dan akhirnya PC untuk menangani semua pekerjaan. Jika Anda memiliki semua ini, Anda berada di jalur yang benar menuju pembuatan saluran YouTube yang bagus.

Bagaimana sobat Montirbox, konten apa yang akan Anda buat? mudah-mudahan dengan artikel tentang tips dan cara menjadi seorang Youtuber pemula kali ini bisa menambah wawasan bagi Anda, terutama yang ingin berkecimpung di dunia vlogger atau Youtuber.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close