Skip to main content

Nintendo Switch sudah bisa menjalankan OS Android

Nintendo Switch sudah bisa menjalankan OS Android - Nintendo Switch adalah salah satu konsol paling populer pada generasi saat ini. Dari segi penjualannya, Nintendo Switch menempati urutan pertama setelah Playstation 4 dan Xbox One. Nintendo Switch merupakan konsol generasi saat ini yang memiliki banyak fitur dan yang paling utama adalah Nintendo Switch  bisa untuk dimodifikasi dari segi operating system.

Sudah hampir satu setengah tahun yang lalu para hacker game telah meretas sistem Nintendo Switch agar bisa menjalankan program Linux pada perangkat tersebut. Kemudian beberapa bulan yang lalu pula seseorang bisa berhasil melakukan porting windows 10 pada konsol game portabel Nintendo Switch ini. Dan sekarang kita kembali mendapat kejutan, Nintendo Switch sudah bisa menjalankan program Android layaknya seperti sebuah ponsel pintar saja!.

Baru-baru ini sekelompok developer game yang menamakan dirinya Switch Root telah berjaya memodifikasi sistem operasi Switchroot LineageOS 15.1 agar bisa menjalankan sistem operasi Android. Switchroot LineageOS 15.1 pada dasarnya mengubah Nintendo Switch menjadi tablet Android Oreo 8.1, hal ini memungkinkan kita untuk menjelajahi web, menonton video, menjalankan emulator, atau melakukan apa pun yang sobat lakukan seperti layaknya sebuah perangkat Android.

Nintendo Switch

Yang terbaik dari semuanya, perangkat lunak ini dijalankan dari kartu microSD. Jika suatu saat kita tidak ingin menggunakan program android, sobat tinggal mengeluarkan kartu micro sd dari konsol, dan Nintendo Switch yang kita punya akan kembali normal seperti bawaan pabrik, dan tetap bisa menjalankan program-program sesuai platform aslinya.

Selain bisa menjalankan program Android dengan baik, diketahui bahwa pihak Switch Root telah berhasil pula menambahkan suatu fitur yang diberi nama 'Shield' pada konsol tersebut. Nantinya apabila fitur tersebut kita aktifkan, maka para pengguna dapat menikmati game-game eksklusif dari Nvidia Shield seperti GTA V, Tomb Raider, dan game-game eksklusif lainnya.

Namun ada beberapa informasi yang didapat bahwa perangkat lunak ini masih memiliki kelemahan, terutama yaitu Switchroot LineageOS 15.1 hanya bisa bekerja pada model Nintendo Switch pada keluaran lama, karena perangkat lunak ini menggunakan chip exploit yang di patch Nintendo pada pertengahan tahun 2018.

Seperti yang diinformasikan oleh xda-developer, itu artinya jika sobat memiliki konsol Nintendo Switch yang dibeli sebelum bulan Juli 2018, itu mungkin bisa diretas. namun jika sobat memiliki konsol yang dibeli setelah masa itu, bisa dipastikan hingga saat ini perangkat konsol Nintendo Switch yang sobat punya tidak akan bisa menjalankan sistem operasi Android.

Jadi tunggu apalagi sob, silahkan coba di cek apakah konsol Nintendo Switch yang sobat punya memiliki keluaran produksi sebelum bulan juli 2018 atau sesudahnya, kalau sebelum masa tersebut berarti sobat telah beruntung bisa menanamkan sistem operasi Android pada konsol Nintendo Switch tersebut. Semoga beruntung.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close