Cara memperbaiki tv rusak horizontal

Cara memperbaiki tv rusak horizontal - Kembali saya membuat artikel tentang tv tabung yaitu mengenai cara memperbaiki tv rusak horizontal. Tv yang rusak horizontal maksudnya tv yang mengalami kerusakan pada bahagian horizontal yang berfungsi untuk menggerakkan flyback dan membuat flyback menjadi bekerja. Ciri ciri tv yang rusak horizontal bermacam macam, ada yang tv nya hidup tapi gambar menyempit/melebar, ada yang tv nya mati sama sekali, cuma ada garis putih melintang dari atas sampai bawah layar, atau jika tv nya hidup tv akan mati lagi dengan kondisi komponen yang rusak/short, dan berbagai macam gejala lainnya. Disini saya ingin berbagi cara memperbaiki tv rusak horizontal khusus buat pemula seperti saya saja, yang sudah master boleh diabaikan :D.

Baca Juga : TV China - Kumpulan Solusi Berbagai Kerusakan

Untuk cara memperbaiki tv rusak horizontal sebenarnya gampang-gampang susah. Terkadang cukup hanya dengan mengganti sebuah komponen saja tv bisa langsung normal kembali, tetapi untuk memperbaiki tv yang rusak horizontal ini sering juga kita sampai berkali-kali mengganti komponen yang rusak tetapi tv belum normal juga, bahkan sampai memakan "korban" komponen yang baru saja kita ganti, syukur sukur hanya komponen kecil seperti transistor atau dioda, kalau kita tidak berhati hati dalam memperbaiki tv dengan kerusakan horizontal tersebut, tabung crt pun bisa menjadi korban.

Cara memperbaiki tv rusak horizontal
Source: Wikipedia

Bukannya saya menakut-nakuti ya sob, soalnya dulu saya pernah pengalaman memperbaiki tv rusak horizontal sampai sampai tabung tv nya rusak ditangan saya, waktu itu maklumlah masih pemula (sekarang juga :D), saya memperbaiki tv merk Thomson dengan kerusakan gambarnya terlalu melebar, saat itu saya berinisiatif mengganti capasitor dumper nya ke ukuran yang lebih kecil dengan harapan gambar menjadi normal, karena ukurannya jauh lebih kecil dari aslinya, saat saya tes nyala langsung filamennya putus, saya baru sadar akibat ukuran capasitor dumper yang terlampau kecil tegangan EHT ke tabung jadi melonjak yang mengakibatkan heater menjadi putus.

Baca Juga : Trik Melokalisir Kerusakan Primer atau Sekunder Pada Power Supply TV China

Komponen atau area mana saja yang termasuk dalam bagian horizontal pada sebuah board tv tabung?, Area sekitar flyback merupakan bagian dari horizontal, komponennya antara lain :

Flyback
Merupakan jantung dari sebuah televisi crt, komponen inilah yang memberikan tegangan super tinggi agar crt menjadi bekerja. Jika alat ini rusak tegangan B+ akan drop atau menjadi protek untuk tv type tertentu, jika fbt rusak transistor horizontal akan ikut rusak.

Transistor Horizontal
Komponen ini berfungsi sebagai penggerak flyback, jika alat ini rusak/short maka flyback tidak akan bekerja, B+ akan menjadi drop atau protek. Contoh transistor horizontal : D2499, D5297, D1887 dll.

Dioda Dumper
Komponen ini langsung terhubung dikaki colector transistor horizontal, sebagian tv ada yang memakai dan ada juga yang tidak, jika alat ini rusak tv tidak menyala, +B akan drop atau tegangannya menjadi protek.

Baca Juga : Cara Servis TV tabung yang benar

Capasitor Dumper/resonant
Kaki capasitor ini juga langsung terhubung pada kaki tengah colector transistor horizontal, jika capasitor ini mengalami kerusakan atau berubah nilai tv akan mati, layar akan membesar/mengecil kiri kanan, transistor horizontal menjadi short dll.

DYH (Defleksi Yoke Horizontal).
Alat yang berupa lilitan berbentuk sanggul yang menempel pada leher tabung crt ini jika mengalami kerusakan ciri cirinya adalah gambar dilayar jadi mengecil patah patah, bergaris horizontal dan vertikal pada layar, gambar menyempit/melebar kiri kanan, lilitan yang terbakar, jika rusak bisa menyebabkan tv protek atau B+ drop.

Driver Horizontal.
Rangkaian/alat ini berfungsi untuk men drive atau memberikan sinyal ke kaki basis transistor horizontal agar transistor tersebut bisa bekerja. Sedangkan driver horizontal ini mendapatkan sinyal dari IC jungle. Jika horizontal tidak bekerja pastikan basis colector horizontal mendapat sinyal dari driver horizontal, dan driver horizontal mendapat sinyal dari IC jungle.

Demikian tadi paparan singkat mengenai cara memperbaiki tv rusak horizontal dan beberapa bagian bagiannya, semoga artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi pemula seperti saya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara memperbaiki tv rusak horizontal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

close