MONTIRBOX.COM

Cara merawat baterai kamera agar tahan lama

Cara merawat baterai kamera - Kamera dimasa sekarang ini bisa dibilang hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, coba bayangkan kalau tidak ada kamera, kita tidak bisa update foto, mengabadikan momen berharga bersama keluaraga, selfi bersama teman, membuat video, bahkan emak-emak yang lagi masak sekarang butuh kamera agar tetap dibilang eksis lalu hasilnya di upload ke media sosial :D

Sebuah kamera tentu membutuhkan sesuatu agar berfungsi dan dapat digunakan dengan baik, yaitu baterai. agar sebuah baterai dapat bertahan lebih lama tentu dibutuhkan perawatan yang tepat agar baterai tersebut tidak cepat soak atau rusak sebelum waktunya. Berikut ini ada beberapa tips agar baterai kamera tahan lebih lama. silahkan disimak artikelnya dibawah ini


Cara merawat baterai kamera agar tahan lama


Baca Juga

Tentang pengisian daya
• Isi ulang unit baterai sebelum menggunakan kamera untuk pertama kalinya.
• Sebaiknya isi daya unit baterai di lokasi dengan suhu ruang antara 10°C hingga 30°C sampai lampu CHG (Pengisian) padam. Daya unit baterai mungkin tidak terisi secara efektif di luar kisaran suhu tersebut.
• Lampu CHG (Pengisian) bisa menyala di situasi berikut:
– Unit baterai tidak terpasang dengan benar.
– Unit baterai rusak.
• Saat suhu baterai rendah, lepaskan baterai lalu tempatkan baterai di dalam lingkungan yang hangat.
• Saat suhu baterai tinggi, lepaskan baterai lalu tempatkan baterai di dalam lingkungan yang dingin.

Penggunaan efektif unit baterai 
• Kinerja baterai akan menurun di lingkungan suhu rendah (kurang dari 10°C). Karenanya, waktu pengoperasian unit baterai lebih singkat di tempat dingin. Sebaiknya lakukan tindakan berikut untuk memastikan masa pakai unit baterai yang lebih lama: Simpan baterai di saku dekat tubuh Anda untuk menghangatkannya, lalu memasukkannya ke dalam kamera dengan segera sebelum Anda mulai memotret.
• Baterai akan cepat habis jika Anda menggunakan pemutaran, maju cepat, dan mundur cepat dengan sering.
• Nonaktifkan kamera setiap kali Anda tidak memotret atau memutar pada kamera. Baterai akan habis jika pemotretan dalam kondisi siaga.
• Sebaiknya sediakan unit baterai cadangan untuk dua atau tiga kali perkiraan waktu pemotretan, dan lakukan uji coba pemotretan sebelum melakukan pemotretan yang sebenarnya.
• Anda mungkin tidak dapat mengaktifkan kamera atau daya unit baterai tidak dapat diisi secara efektif jika bagian terminal unit baterai kotor. Dalam hal ini, bersihkan debu dengan kain lembut secara perlahan untuk membersihkan unit baterai.
• Pastikan unit baterai tidak terkena air. Unit baterai tidak kedap air.

Tentang sisa daya baterai
• Jika unit baterai habis dengan begitu cepat meskipun indikator sisa daya tinggi, isi penuh lagi unit baterai. Indikator daya yang tersisa akan ditampilkan dengan benar. Perhatian bahwa hal ini bisa tidak ditampilkan dengan benar dalam situasi berikut:
– Menggunakan kamera untuk waktu yang lama di suhu tinggi
– Membiarkan kamera dalam kondisi unit baterai terisi penuh
– Menggunakan unit baterai yang sering digunakan

Cara Penyimpanan
• Habiskan daya baterai sebelum disimpan, kemudian simpan di tempat yang kering dan sejuk. Untuk mempertahankan fungsi unit baterai, isi penuh daya baterai, lalu habiskan sepenuhnya di kamera minimal sekali setahun sewaktu disimpan.
• Agar noda tidak tertinggal di terminal, tidak terjadi hubungan arus pendek, dll., pastikan Anda menggunakan kantong plastik bila menyimpan atau membawa kamera untuk menjauhkannya dari benda logam.

Masa Pakai
• Masa pakai baterai unit terbatas. Kapasitas baterai akan menurun seiring waktu dan penggunaan berulang kali. Jika berkurangnya waktu penggunaan antara pengisian daya semakin nyata, sebaiknya ganti dengan baterai baru.
• Masa pakai unit baterai akan bervariasi terganutng pada bagaimana unit baterai digunakan.

Labels: TIPS

Thanks sudah membaca Cara merawat baterai kamera agar tahan lama. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara merawat baterai kamera agar tahan lama"