MONTIRBOX.COM

Bosen Lemot! Baca 15 Cara Mudah Bikin Ponsel Android Makin ngebut

Cara Mempercepat Kinerja Android – Semakin lama ponsel digunakan, semakin banyak aplikasi yang diinstal, maka akan semakin menurun pula performa smartphone android kamu. Apalagi jika perangkat smartphone android milik kamu tidak digunakan dengan komponen pendukung yang berspesifikasi tinggi. Tentu saja, lemot adalah salah satu hal yang wa jr sekali terjadi. So, kalau kamu bosen pakai smartphone lemot, silahkan coba 15 cara mudah bikin ponsel android makin ngebut berikut ini.


Cara Mempercepat Kinerja Android


Baca Juga

1. Hapus Semua Koleksi Aplikasi Minim Fungsi

Umumnya, banyak pengguna android yang tergiur denagn aplikasi-aplikasi bertampilan menarik dengan tagline promo yang bikin penasaran saat menjelah di situs penyedia aplikasi, playstore. Setelah itu, mereka coba download aplikasi tersebut. Ternyata fungsi dari android itu tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Bahkan android yang didownload tersebut ternyata benar-benar tidak bisa digunakan.

Nah, aplikasi seperti inilah yang sebenarnya sangat jarang digunakan tapi masih terus dipasang yang akan mengganggu kinerja perangkat android. Karena beban memori berat maka yang terjadi adalah android akan lemot. Solusinya, hapus saja semua aplikasi yang tidak digunakan.

2. Pilih Aplikasi yang Ringan

Jangan memaksakan diri untuk menggunakan aplikasi berat kalau sepesifikasi RAM dan memori internal android kamu kecil. Meskipun aplikasi tersebut sangat menarik, urungkan saja niatmu dan ganti dengan aplikasi sejenis yang memiliki versi lebih ringan. Beberapa aplikasi denagn istilah ‘Lite’ biasanya adalah jenis aplikasi yang cocok untuk kamu gunakan.

3. Nonaktifkan Bluetooth

Fitur ini memang berguna untuk mengirim dan menerima file denagn praktis, tapi jika sedang tidak digunakan untuk apa dinyalakan? Matikan saja agar ponsel android kamu makin ngebut dan tidak lemot.

4. Hapus Aplikasi Penghemat Baterai

Sebenarnya, tak ada aplikasi baterai saver yang benar-benar optimal, kecuali yang sudah bawaan dari sistem android. Maka dari itu lebih baik aplikasi seperti ini langsung kamu copot pemasangannya sjaa.

5. Jangan Gunakan Aplikasi Booster

Iming-iming aplikasi ini akan membantu mempercepat kinerja android, tapi kenyataannya dalam aplikasi itu kebanyakan berisi iklan yang bahkan bisa langsung muncul di layar walau aplikasi tidak digunakan. Hapus saja aplikasi seperti ini, tidak bikin ponsel android makin ngebut tapi malah jadi tambah lemot. Cukup kamu hapus cache saja dari menu setelan android sudah beres untuk meringkankan RAM android.

6. Hapus Cache

Cache sebenarnya berguna untuk mempercepat akses kamu ketika membuka satu aplikasi maupun website, tapi kalau cache sudah menumpuk efeknya akan sebaliknya.

7. Hapus Apliasi Bloatware

Aplikasi blotware adalah aplikasi bawaan yang sudah terpasang semenjak ponsel masih dalam pabrikan. Untuk menghapus aplikasi ini, perangkat kamu harus di-root terlebih dahulu.

8. Hapus Aplikasi di Backgroud

Ketika kamu menggunakan satu aplikasi lalu menutupnya, terkadang aplikasi masih terbuka di latar belakang. Aktifitas ini akan membuat baterai terkuras dan HP menjadi lemot, karena kinerja RAM terbebani.

9. Hapus file tak penting

Kalian suka foto dan mengkoleksi video? Kalau memori internal atau eksternalmu besar sih tidak masalah, nah kalau hanya sedikit? Maka agar ponsel android makin ngebut dan tidak lemot, hapus saja yang dirasa kurang penting.

10. Hapus Chatting WA

Jangan biarkan riwayat pesan WA kamu menumpuk. Hapus secara berkala, sisakan beberapa pesan yang penting-penting saja.

11. Matikan fitur Save Otomatis di WA

Ada fitur di WA dimana file berupa foto, vide, dll akan tersimpan di galeri secara otomatis ketika dibuka. Nah ini juga akan menyebabkan perangkat kamu lemot, matikan fitur tersebut agar aman.

12. Instal Update Sistem

Penyebab android kamu lemot mungkin karena versinya telah usang, coba cek update versi terbaru di menu Setelan  Tentang Ponsel  Update Sistem.

13. Gunakan Launcher Ringan

Jika dirasakan laundher bawaan kamu lemot, agar ponsel android makin ngebut cari launcher yang soft dan ringan di playstore. Jangan gunakan yang ada iklannya.

14. Instal Satu Game Saja

Kalau kamu suka game, jangan terlalu banyak install game di perangkat kamu, pilih salah satu saja dan tamatkan dulu. Kalau sudah baru download dan install yang lain.

15. Jual

Kalau dengan Cara Mudah Bikin Ponsel Android Makin ngebut diatas smartphone kalian masih lemot, jual saja! Beli yang baru denagn spek yang lebih tinggi. Sampai jumpa!

Labels: GADGET

Thanks sudah membaca Bosen Lemot! Baca 15 Cara Mudah Bikin Ponsel Android Makin ngebut. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Bosen Lemot! Baca 15 Cara Mudah Bikin Ponsel Android Makin ngebut"