MONTIRBOX.COM

3 Kali Lebih Cepat! Begini 9 Cara Mempercepat Waktu Charger Smartphone

Mempercepat Waktu Charger Smartphone – Baterai adalah salah satu perangkat dari smartphone yang mana sangat sering mengalami masalah. Berbagai macam hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan pada baterai smartphone, seperti karena seringnya digunakan untuk aktifitas aplikasi besar yang menyita banyak daya baterai utnuk menampilkan fitur dan grafis, dan lain sebagainya. Kerusakan pada baterai akan berakibat pada penurunan pada penyimpanan daya serta kecepatan saat men-charge baterai smartphone, yang mana akan berlangsung sangat lama. Kondisi tersebut tentu menjadi satu hal yang menjengkelkan, bukan?



Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat waktu charger smartphone tersebut. Setidaknya 9 cara agar baterai cepat penuh saat dicas akan kami ulas di artikel terbaru kali ini. Mari simak selengkapnya!

Cara Mempercepat Waktu Charger Smartphone



1. Jangan Asal Pakai Charger

Smartphone keluaran terbaru sebagian besar memang memiliki port USB charger yang sama, bentuknya pipih memanjang dan ada sedikit lengkungan pada bagian atas. Tapi meskipun bentuknya sama, kemampuan charger untuk menyalurkan daya dari sumber listrik berbeda untuk setiap type-nya. Perbedaan ini bukan asal-aslaan saja, karena juga disesuaikan dengan si perangkat smartphone.

Smartphone dengan fitur fast charging pun tidak akan bisa cepat terisi jika daya charger tidak sesuai dengan standart bawaannya. Misal pada charger bawaan memiliki daya bawaan sebesar 2A, lalu kamu pakai charger 1A. Tentu pengisian akan terasa lebih lama.

2. Hindari Men-Charge dengan Power Bank

Gunakan PB hanya pada saat darurat saja. Ingat PB bukanlah charger bawaan yang pasti cocok dengan smartphone kamu. Alhasil, pengiaan akan lama dan seiring seringnya kamu mencas HP dengan PB bahkan akan menjadi pemicu masalah kerusakan baterai smartphone kamu.

3. Jangan Cas HP dengan Laptop/PC

Sama seperti saat kamu menggunakan powerbank, kebiasaan men-charge HP denagn laptop juga tidak akan bisa mempercepat waktu charger smartphone. Sebaliknya, kebiasaan ini justru akan membuat baterai rusak.

4. Jangan Gunakan HP saat Charging

Men-charge HP sambil digunakan untuk beraktivitas apapun itu adalah satu hal yang sia-sia saja, bahkan lebih buruk dari itu, baterai smartphone kamu tidak akan bisa awet dan tahan lama. Jangankan untuk membuka aplikasi, sedangkan ketika layar menyala saja itu sudah menyedot daya. Untuk itu agar mempercepat waktu charger smartphone, hendaknya berhenti dulu menggunakan gadget kamu tersebut.

5. Matikan Aplikasi/Fitur yang Tidak Penting

Meskipun smartphone tidak digunakan, beberapa fitur yang masih menyala akan tetap aktif bekerja, contohnya seperti WiFi, Bluetooth, GPS, dsb. Lebih baik matikan semua fitur tersebut sementara, selama proses charging berjalan, agar baterai ceapt terisi penuh.

6. Aktifkan Airplane Mode

Atau mode pesawat! Nah,ini adalah cara simple yang fungsinya sama seperti poin sebelumnya. Dengan menyalakan mode pesawat, maka segala aktifitas nirkabel smartphone kamu akan berhenti.

7. Gunakan Mode Battery Saving

Khususnya utnuk perangkat android versi Lollipop dan selanjutnya, mode ini sangat berguna untuk menghemat daya baterai dan memperceapt waktu charger smartphone. Ktika diaktifkan mode ini akan otomatis membatasi seluruh kerja aplikasi yang berjalan di latar belakang serta menurunkan kinerja smartphone untuk sementara.

8. Matikan Smartphone

Lebih aman lagi, matikan saja smartphone kamu selama proses pengisian daya baterai. Cara tersebut terbukti ampuh untuk mempercepat waktu charger smartphone, karena saat HP mati maka daya akan dokus tersimpan di baterai dan tidak digunakan untuk aktifitas lainnya.

9. Jangan Gunakan Stop Kontak Paralel

Usahakan men-cjarge smartphone pada stop kontak yang tidak dicoloki oleh perangkat listrik lainnya. Cari stok kontak yang sendirian. Dengan begitu aliran listrik tidak akan terbagi, dan tentunya akan mampu memperceapt waktu charger smartphone kamu.

Labels: GADGET

Thanks sudah membaca 3 Kali Lebih Cepat! Begini 9 Cara Mempercepat Waktu Charger Smartphone. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "3 Kali Lebih Cepat! Begini 9 Cara Mempercepat Waktu Charger Smartphone"