6 Alasan Kenapa Kulkas Tidak Dingin

Kenapa kulkas tidak dingin? apa yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin? Ketika lemari es Anda tidak dingin, Anda harus segera mengatasi masalah tersebut agar barang yang mudah rusak pada kulkas Anda tidak menjadi lebih buruk. Beberapa masalah dapat diselesaikan dengan beberapa perawatan sederhana sementara yang lain memerlukan intervensi profesional, jadi untuk membantu Anda, kami telah menyusun daftar 6 alasan lemari es Anda tidak dingin.

Kenapa Kulkas Tidak Dingin

Mencari tahu persis apa yang salah sangat penting untuk mendiagnosis dan menangani masalah dengan benar. Inilah sebabnya mengapa Montirbox telah menyediakan daftar lengkap yang mencakup banyak kemungkinan alasan kenapa kulkas tidak dingin dan Anda bisa menemukan solusi perbaikannya.

Kenapa Kulkas Tidak Dingin

1) Pengaturan Termostat Mati

Apakah Anda bertanya-tanya mengapa kulkas Anda tidak dingin? Kelihatannya seperti hal yang jelas, tetapi terkadang tombol termostat disetel terlalu rendah sehingga menyebabkan suhu lemari es Anda naik. Ini mungkin terjadi jika Anda memiliki anak atau tamu rumah yang tidak pengertian yang bermain-main dengan termostat.

Seringkali orang menemukan nomor termostat membingungkan dan akibatnya salah arah saat melakukan penyesuaian. Ingatlah bahwa angka menunjukkan tingkat daya, jadi angka yang lebih tinggi akan membuat lemari es Anda lebih dingin.

2) Ventilasi Tertutup

Suhu udara di dalam lemari es Anda dipertahankan melalui serangkaian ventilasi internal dan eksternal. Untuk menjaga suhu yang konsisten, ventilasi ini harus tetap terbuka. Seringkali orang tanpa sadar akan memblokir ventilasi baik saat menyimpan makanan di dalam atau menyimpan benda lain di sekitar lemari es (misalnya kantong belanjaan).

Ventilasi ini mungkin sebagian terhalang oleh kotoran seperti kotoran atau makanan yang tumpah. Ventilasi apa pun yang tersumbat dapat memengaruhi suhu internal, jadi penting untuk menjaganya sejelas mungkin.

READ:  Kode Remot Joker: Cara Pintar Mengontrol Semua Perangkat Elektronikmu!

3) Kumparan Kondensor Kotor

Ingin tahu mengapa kulkas Anda tidak mau dingin tetapi lampu menyala? Kumparan kondensor melepaskan panas dari dalam lemari es. Jika gulungannya kotor, lemari es harus bekerja lebih keras untuk melepaskan panasnya.

Kumparan kondensor harus dibersihkan setahun sekali dan dapat dibersihkan lebih banyak lagi jika Anda memiliki banyak debu atau bulu hewan peliharaan di dapur Anda. Koil yang kotor dapat memengaruhi kinerja, tetapi Anda dapat dengan mudah membersihkannya menggunakan penyedot debu atau sikat panjang. Membersihkannya harus memungkinkannya kembali secara efektif untuk melepaskan panas dari dalam.

4) Motor Kipas Kondensor Rusak

Jika lemari es tidak cukup dingin, mungkin ada masalah dengan motor kipas kondensor. Motor kipas kondensor bekerja dengan menarik udara di atas kumparan kondensor untuk mendinginkannya. Tanpa kipas yang berfungsi, lemari es Anda dapat dengan mudah menjadi terlalu panas dan tidak dingin dengan benar.

Anda dapat menemukan motor kipas kondensor Anda di belakang atau di bawah lemari es Anda. Jika motor kipas tidak berfungsi, kemungkinan besar akan memerlukan perbaikan profesional.

5) Motor Kipas Evaporator Tidak Bekerja 

Alat ini bisa menjadi penyebab kenapa kulkas tidak dingin. Tergantung pada model kulkas Anda, lemari es Anda akan memiliki satu atau lebih motor kipas evaporator. Jika unit kulkas Anda hanya memiliki satu kipas, itu akan ditempatkan di kompartemen freezer. Motor kipas evaporator mengedarkan udara dingin dari kumparan evaporator ke seluruh kompartemen. Jika motor kipas tidak berfungsi, Anda mungkin memiliki lemari es yang dingin, tetapi tidak ada pendingin di kompartemen lemari es.

6) Mainboard atau Papan Kontrol Rusak

Kulkas modern menggunakan setidaknya dua papan sirkuit: papan kontrol utama dan papan kontrol suhu. Kerusakan pada salah satu papan kontrol ini dapat menyebabkan masalah suhu. Masalah ini tidak mudah untuk didiagnosis atau diperbaiki oleh pemula, jadi Montirbox sarankan untuk menghubungi profesional layanan jika Anda mencurigai kegagalan papan kontrol, kecuali Anda mengerti sistem kerja elektronika dan bisa memperbaikinya sendiri.

READ:  Kapasitor Bank: Fungsi dan Cara Kerjanya

Baiklah sobat Montirbox, itu tadi beberapa penyebab dan alasan kenapa kulkas tidak dingin. Jika Anda ingin mendapatkan solusi lainnya, untuk tingkat lebih lanjut silahkan baca di Kulkas Tidak Dingin? Ini Yang Paling Sering Rusak dan Cara mengisi freon kulkas sendiri dirumah. Montirbx mengharapkan yang terbaik untuk masalah kulkas Anda, dan berharap menemukan solusi dalam mencari penyebab kenapa kulkas tidak dingin pada artikel yang disampaikan saat ini.

Sharing Is Caring:

Leave a Comment