Skip to main content

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Earbud nirkabel Apple mana yang terbaik?

Siapa yang menang dalam pertempuran antara AirPods 3 dan AirPods Pro?

Setelah setahun penuh kebocoran dan kemunduran produksi, AirPods 3 akhirnya masuk ke Apple Store dan pengecer online besar. Sudah dianggap sebagai salah satu headphone nirkabel terbaik, pemutakhiran ini menerima banyak teknologi milik Apple, termasuk Adaptive EQ, Spatial Audio, dan pengisian daya nirkabel MagSafe. Ini juga memiliki masa pakai baterai paling lama dari model AirPods mana pun.

Dua tahun di tempat kejadian dan AirPods Pro tetap menjadi kesayangan kritis dan penjual teratas. Tunas ini memperkenalkan beberapa yang pertama untuk seri ini, dari active noise cancellation hingga fitur suara yang sama (misalnya, Adaptive EQ, Spatial Audio) yang disebutkan di atas. Selain itu, mereka adalah versi terkecil dari AirPods hingga saat ini.

Jika ada dua model yang menunjukkan relevansi Apple sebagai inovator audio dan pemimpin nirkabel sejati, Anda sedang melihatnya. Tetapi hanya satu yang dapat mengklaim gelar earbud nirkabel terbaik Apple. Lihat perbandingan AirPods 3 vs. AirPods Pro kami untuk mendapatkan lowdown penuh.

Baca Juga: Headset Bluetooth Terbaik Dibawah Harga 1,5 Juta (Dengan Keunggulan dan Kekurangannya)

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Earbud nirkabel Apple mana yang terbaik?

AirPods 3 vs. AirPods Pro

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Desain

Dibandingkan dengan AirPods asli, versi Pro telah mengalami perubahan desain paling banyak. Casing plastik tetap utuh, tetapi Apple membuat peningkatan penting seperti batang yang lebih kecil, ventilasi hitam untuk menyamakan tekanan, dan tahan keringat dan air IPX4. Kualitas build bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan, memang, itu selalu terjadi pada semua AirPods, termasuk model generasi ketiga.

Pindah ke versi terbaru, AirPods 3 hampir menduplikasi tampilan saudara kandungnya yang peredam bising. Satu-satunya perbedaan adalah gril mikrofon ekstra di bagian atas dan batang yang lebih panjang. Oh ya, dan itu tidak memiliki ujung telinga. Yang lainnya tetap sama, dari selubung plastik hingga peringkat IPX4.

Kasing pengisi daya sebagian besar identik, kecuali kasing AirPods 3 lebih kecil dan dilengkapi dengan perlindungan IPX4. Mereka terbuat dari bahan daur ulang yang sama dan memiliki detail yang sama, termasuk LED di bagian depan, port Lightning di bagian bawah, dan tombol pairing di bagian belakang.

Pemenang: AirPods Pro

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Kenyamanan dan kecocokan

Ujung telinga membuat semua perbedaan, itulah sebabnya AirPods Pro adalah model yang lebih pas. Ini menciptakan segel ketat di sekitar kanal, memungkinkan Anda berolahraga dengan kuncup dengan bebas dan tidak khawatir akan terlepas saat melakukan gerakan lateral. Apple bahkan membuat Ear Tip Fit Test untuk mencapai kesesuaian optimal dengan menganalisis telinga Anda dan menentukan ukuran tip terbaik.

Port suara berkontur AirPods 3 terletak dengan baik di telinga dan terletak di kanal, tetapi tidak sepenuhnya seperti AirPods Pro. Ini meningkatkan risiko kuncup jatuh. Montirbox menemukan AirPods 3 sedikit lebih nyaman. Anda bisa memakainya selama 4 jam berturut-turut sebelum kelelahan muncul; waktu itu terpotong dua saat memakai AirPods Pro.

Pemenang: AirPods Pro

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Kontrol

Kontrol untuk kedua model ini sama hebatnya. Anda mendapatkan Sensor Kekuatan Apple di bagian bawah setiap batang untuk input yang akurat, bersama dengan aktivasi suara "Hey Siri" yang sempurna untuk menjalankan perintah, bebas genggam. Ini juga keren bahwa Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti Umumkan Pesan dan Umumkan Pemberitahuan, yang membuat Siri membacakan pembaruan yang masuk. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mengontrol pemutaran dan fungsi lainnya saat tersambung ke Apple Watch .

Pemenang: Draw

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Audio

Apple membuat keputusan berani untuk memberikan AirPods 3 dua fitur audio utama yang ditemukan di AirPods Pro. Yang pertama adalah Adaptive EQ, yang menyesuaikan frekuensi secara real time agar pendengar dapat mendengar musik dengan lebih tepat. Audio Spasial adalah yang kedua dan teknologinya menghadirkan efek 360 derajat ke panggilan video, lagu tertentu di Apple Music, dan film di layanan streaming yang didukung: Apple TV+, Disney+, Netflix, HBO Max, Plex, dan Hulu.

Ada juga opsi untuk mempersonalisasi suara pada kedua model dengan memilih dari lebih dari 20 preset di pengaturan iPhone. Anda juga dapat berbagi audio antara dua pasang headphone Apple atau Beats.

Jadi, model mana yang terdengar lebih baik? Kami percaya ini adalah AirPods Pro. Anda akan mendapatkan suara yang seimbang dan hidup dari salah satu pasangan AirPods. Namun, sekali lagi, ear tip ikut berperan, bersama dengan ANC, untuk menghasilkan suara penuh tanpa gangguan di semua format media. Anda tidak akan mendapatkan isolasi kebisingan dari AirPods 3, yang berarti suara eksternal akan masuk ke dalam soundscape dan tidak membiarkan Anda mendengar lagu seperti yang diinginkan musisi untuk didengarkan.

Pemenang: AirPods Pro

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Aplikasi dan fitur khusus

Ternyata dua versi AirPods terbaru membawa banyak fitur yang sama, sebagian besar terkait dengan chip H1, yang menawarkan integrasi iOS yang sangat baik dan konektivitas yang kuat. Ini termasuk Adaptive EQ yang disebutkan di atas, Announce Messages/Notifications, berbagi audio, aktivasi suara "Hey Siri", dan Audio Spasial. Anda juga dapat menambahkan Enhanced Find My ke daftar, fitur baru yang diperkenalkan pada pembaruan iOS 15 terbaru yang membantu pengguna melacak AirPods yang hilang saat mereka berada di dekat iDevices atau MacBook.  

Namun, AirPods Pro memiliki lebih banyak trik di balik tudung porselennya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ear Tip Fit Test hanya tersedia di AirPods Pro. Apa lagi?

Mari kita mulai dengan fitur terbesar dari semuanya: ANC. AirPods Pro menawarkan beberapa peredam bising terbaik di kategorinya, menghilangkan antara 85 hingga 90% kebisingan sekitar. Frekuensi rendah dan menengah dijinakkan secara efektif, dan meskipun frekuensi tinggi tidak dapat dihindari, mereka tidak akan mengalihkan perhatian Anda dari apa pun yang sedang dimainkan. Mode Transparansi adalah satu lagi eksklusif dan berfungsi dengan baik untuk meningkatkan kesadaran Anda akan lingkungan sekitar. Terakhir adalah Conversation Boost, tambahan terbaru melalui pembaruan iOS 15 yang menggunakan mikrofon AirPods Pro untuk meningkatkan volume orang yang berbicara di depan Anda, sehingga Anda dapat mendengarnya lebih jelas saat mengobrol.  

AirPods 3 mungkin tidak memiliki Mode Transparansi, tetapi mendukung Live Listen, salah satu fitur tersembunyi yang jarang dipromosikan Apple. Live Listen mengubah iPhone Anda menjadi mikrofon, mengirimkan suara ke earbud. Ini pada dasarnya adalah versi yang lebih lemah dari mode mendengarkan sekitar Apple, tetapi cukup untuk menguping percakapan yang terjadi beberapa meter dari Anda.

Pemenang: AirPods Pro

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Daya Tahan Baterai

Apple memperbaiki salah satu masalah terbesar seri ini pada AirPods 3: masa pakai baterai. Waktu bermain telah ditingkatkan menjadi 6 jam, satu jam lebih lama dari model sebelumnya. AirPods Pro tidak hanya menghasilkan 4,5 jam dengan ANC aktif, tetapi mematikan fitur hanya memperpanjang waktu mendengarkan hingga 30 menit. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak biaya dari kasing AirPods 3 (30 jam) dibandingkan kasing AirPods Pro (24 jam).

Kedua model hadir dengan teknologi pengisian cepat yang sama, menghasilkan satu jam penggunaan setelah pengisian 5 menit, serta pengisian nirkabel. Apple mengumumkan bahwa kasing AirPods 3 mendukung pengisian daya MagSafe, dan laporan terbaru mengonfirmasi bahwa mereka menjual AirPods Pro dengan Magsafe Charging Case. Apakah kasing AirPods Pro yang lebih lama mendukung fitur ini tidak diketahui.

Pemenang : AirPods 3

AirPods 3 vs. AirPods Pro: Kualitas Panggilan

Pengalaman menelepon luar biasa, apa pun AirPods yang Anda pilih. Setiap model memiliki mikrofon pembentuk sinar yang melakukan pekerjaan luar biasa dalam menangkap vokal dan meminimalkan gangguan latar belakang. AirPods 3 memiliki jala akustik yang menutupi mikrofon untuk ketahanan angin yang lebih kuat. Namun, AirPods Pro adalah headset panggilan yang unggul dan menghasilkan percakapan yang terdengar jernih di semua lingkungan.

Pemenang : AirPods Pro

Pemenang keseluruhan: AirPods Pro

Hanya karena AirPods 3 kalah dalam pertempuran ini tidak membuatnya menjadi model yang kurang elit. Montirbox memberikannya peringkat 4,5 dari 5 karena beberapa alasan. Upgrade dalam audio saja sepadan dengan harganya, dari Adaptive EQ hingga Spatial Audio hingga speech codec untuk kualitas suara full HD. Akses ke sebagian besar fasilitas perangkat lunak yang sama dengan AirPods Pro, bersama dengan pengisian daya MagSafe dan satu jam tambahan waktu bermain mempermanis kesepakatan. Sayangnya, kurangnya ANC dan kecocokan yang tidak dapat diandalkan harus membujuk Anda untuk mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk mitra yang lebih premium.

Itu tadi sedikit cuplikan pembahasan tentang Earbud nirkabel Apple mana yang terbaik antara AirPods 3 vs. AirPods Pro. Semoga bermanfaat.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close