Skip to main content

Kenapa Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi?

Kenapa headset Bluetooth tidak terdeteksi? dibawah ini adalah beberapa penjelasannya untuk Anda

Bluetooth adalah metode populer untuk mentransfer data secara nirkabel antara dua perangkat seperti  ponsel, headphone, pemutar media dan speaker, atau iPad dan keyboard. Ini adalah salah satu teknologi nirkabel yang paling banyak digunakan di dunia. Menurut Bluetooth Special Interest Group. Lebih dari 4,6 miliar produk Bluetooth diperkirakan akan di produksi tahun ini saja, dan jumlah itu kemungkinan akan meningkat menjadi lebih dari 6 miliar per tahun pada tahun 2024.

Bluetooth sangat bagus saat berfungsi, tetapi jika Anda adalah seseorang yang suka bermain-main dengan gadget yang terhubung dengan ini, Anda tahu itu bisa membuat frustrasi ketika Bluetooth tidak terdeteksi dan tidak bisa dipasangkan ke perangkat. Berikut adalah beberapa penyebab umum kenapa headset bluetooth tidak terdeteksi, serta saran tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Kenapa headset bluetooth tidak terdeteksi?

Bluetooth bergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak agar berfungsi dengan baik. Jadi, jika perangkat Anda tidak dapat berbicara dalam bahasa Bluetooth yang sama, perangkat tersebut tidak akan dapat terhubung.

Secara umum, Bluetooth kompatibel dengan Bluetooth versi lama, Perangkat Bluetooth yang mendukung standar Bluetooth 5 masih dapat dipasangkan dengan perangkat yang menggunakan, katakanlah, Bluetooth 2.1 kuno, yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2007.

Pengecualiannya adalah gadget yang menggunakan versi hemat energi yang disebut Bluetooth Smart, yang bekerja pada protokol yang berbeda dari perangkat Bluetooth yang lebih lama. Perangkat Bluetooth Smart tidak kompatibel dengan versi sebelumnya dan tidak akan mengenali atau pairing dengan perangkat lama yang mendukung Bluetooth Klasik. 

Namun, jika perangkat mendukung Bluetooth 4.0 (dalam beberapa kasus), 4.2 (dalam banyak kasus) atau 5.0 dan lebih tinggi (dalam banyak kasus), perangkat tersebut bisa mengenali Bluetooth Smart dan Classic. Perangkat Bluetooth 4.0 akan secara resmi diberi label Bluetooth Smart Ready.

Kenapa headset bluetooth tidak terdeteksi
Gadget yang biasa menggunakan Bluetooth Smart antara lain gadget kesehatan pribadi seperti gelang kebugaran atau monitor detak jantung. Gadget ini hanya akan dipasangkan dengan smartphone atau tablet yang juga menggunakan Bluetooth Smart, atau Bluetooth Smart Ready.

Sebagian besar ponsel cerdas kompatibel dengan Bluetooth Smart termasuk iPhone yang menjalankan iOS 7 dan yang lebih baru, dan ponsel Android yang menjalankan 4.3 atau yang lebih baru. Pastikan ponsel Anda menjalankan versi terbaru dari sistem operasinya, tetapi jika perangkat Anda tidak cukup baru untuk menjalankan perangkat lunak yang relatif baru, Anda mungkin tidak dapat memasangkannya (pairing) dengan gelang kebugaran tersebut.

Perangkat juga dilengkapi dengan profil Bluetooth tertentu. Jika Bluetooth adalah bahasa umum yang menghubungkan perangkat, Anda dapat menganggap profil sebagai dialek yang terkait dengan penggunaan tertentu. Misalnya, Anda mungkin tidak akan dapat menghubungkan mouse dan kamera karena kamera tidak mendukung Profil Perangkat Antarmuka Manusia. Tetapi jika ponsel dan headset nirkabel mendukung Profil Hands-Free, Anda seharusnya dapat memasangkannya.

Namun, jika kegagalan pemasangan adalah masalah kesalahan pengguna, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membuat perangkat Anda saling berkomunikasi dengan mudahnya.

Apa yang dapat Anda lakukan tentang kegagalan pemasangan Bluetooth? Kenapa headset bluetooth tidak terdeteksi? dibawah ini Montirbox telah menghimpun 16 masalah yang mungkin salahsatunya menjadi penyebab kenapa headset bluetooth tidak terdeteksi:

1. Pastikan Bluetooth diaktifkan

Anda akan melihat simbol Bluetooth kecil di kanan atas layar jika Anda memiliki perangkat Android. Untuk iOS dan iPadOS, Anda harus masuk ke pengaturan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Bluetooth. Pengguna Windows akan menemukan Bluetooth di Pengaturan > Perangkat > Bluetooth (atau Anda mungkin memiliki pintasan di bilah tugas). Pengguna Mac akan menemukan ikon status Bluetooth di bilah menu.

2. Tentukan proses penyandingan yang digunakan perangkat Anda

Proses untuk memasangkan perangkat dapat bervariasi. Terkadang, misalnya, melibatkan penyadapan kode ke ponsel atau komputer Anda. Di lain waktu, Anda cukup menyentuhkan ponsel secara fisik ke perangkat yang ingin Anda pasangkan (Anda akan melihat opsi ini dengan ponsel dan perangkat yang memiliki NFC, atau Near Field Communications, sebagai fitur. Ini biasanya ditemukan di ponsel Android) . 

Jika Anda tidak yakin tentang cara memasangkan perangkat, lihat panduan penggunanya; Anda biasanya dapat menemukannya dengan mencari secara online.

3. Aktifkan mode yang dapat ditemukan

Katakanlah Anda ingin memasangkan ponsel Anda dengan sistem infotainment mobil Anda sehingga Anda dapat menikmati panggilan, SMS, dan navigasi handsfree. Pertama, masuk ke pengaturan ponsel Anda dan ketuk Bluetooth; melakukannya akan membuat ponsel terlihat oleh mobil. Kemudian tekan tombol untuk mencari perangkat tersebut pada sistem infotainment mobil Anda, biasanya di setir.

Setelah menemukan ponsel Anda, mobil mungkin meminta kode numerik yang perlu Anda konfirmasi atau masukan di ponsel Anda. Setelah Anda melakukannya, perangkat harus dipasangkan. Ingatlah bahwa ponsel atau mobil Anda mungkin hanya tetap dalam mode dapat ditemukan selama beberapa menit; jika Anda terlalu lama, Anda harus memulai dari awal.

Jika perangkat Anda baru, perangkat akan sering berada dalam mode berpasangan saat Anda pertama kali menyalakannya. Indikator yang baik bahwa perangkat dalam mode berpasangan adalah jika berkedip. Jika perangkat telah dipasangkan dengan perangkat lain, Anda harus mengaktifkan mode penyandingan. 

4. Pastikan kedua perangkat berada dalam jarak yang cukup dekat satu sama lain 

Meskipun Anda tidak akan berpikir seseorang mungkin mencoba memasangkan iPad dengan keyboard jika keduanya tidak duduk bersebelahan, mungkin perlu dicatat bahwa Anda harus memastikan perangkat apa pun yang Anda coba pasangkan berada dalam jarak lima kaki dari satu sama lain.

5. Matikan dan hidupkan kembali perangkat

Soft reset terkadang dapat menyelesaikan masalah. Dengan ponsel, cara mudah untuk melakukannya adalah dengan masuk dan keluar dari mode pesawat.

6. Hapus koneksi Bluetooth lama 

Jika Anda mengalami masalah saat memasangkan ponsel dengan speaker, bisa jadi karena speaker mencoba terhubung dengan ponsel, laptop, atau tablet lain. Beberapa speaker dan headphone lama sangat sederhana; mereka hanya mencoba untuk terhubung dengan hal terakhir yang mereka pasangkan. Jika headphone atau speaker Anda sebelumnya dipasangkan dengan ponsel, laptop, atau tablet lain, matikan perangkat atau Bluetooth lain tersebut. 

Dan jika Anda tidak lagi berencana menggunakan headphone atau speaker dengan perangkat itu, putuskan sambungannya untuk mencegah masalah di masa mendatang. Di pengaturan iOS, Anda dapat menghapus perangkat dengan mengetuk namanya lalu Lupakan Perangkat ini. Di pengaturan Android, ketuk nama perangkat, lalu Lepas pasangan. Setelah melepas perangkat, mulailah dari langkah 1 pada daftar ini.

Beberapa speaker dan headphone dapat menyimpan pasangan untuk beberapa perangkat. Namun, ada batasan jumlah informasi penyandingan perangkat yang dapat disimpan. Jika Anda mengalami masalah saat memasangkan headphone atau speaker yang telah dipasangkan ke banyak perangkat sebelumnya, Anda mungkin perlu menyetel ulang headphone atau speaker untuk menghapus semua pemasangan sehingga Anda dapat memulai dari awal. Cari "reset" dan nama perangkat Anda untuk instruksi dari pabrikan pada model spesifik Anda.

Kenapa headset bluetooth tidak terdeteksi

7. Isi daya kedua perangkat yang Anda coba pasangkan

Beberapa perangkat memiliki manajemen daya cerdas yang dapat mematikan Bluetooth jika tingkat baterai terlalu rendah. Jika ponsel atau tablet Anda tidak dapat disandingkan, pastikan ponsel atau tablet yang Anda coba pasangkan memiliki cukup daya.

8. Hapus perangkat dari telepon dan temukan kembali

Jika ponsel Anda melihat perangkat tetapi tidak menerima data darinya, terkadang membantu untuk memulai dari awal. Di pengaturan iOS, Anda dapat menghapus perangkat dengan mengetuk namanya lalu Lupakan Perangkat ini. Di pengaturan Android, ketuk nama perangkat, lalu Lepas pasangan. 

Jika Anda menghapus perangkat dari mobil, Anda mungkin perlu mematikan mobil setelah menghapus perangkat, membuka dan menutup pintu mobil, dan menunggu beberapa menit sebelum mencoba memasangkan kembali perangkat.

Setelah melepas perangkat, mulailah dari langkah 1 pada daftar ini.

9. Menjauh dari router WiFi

Hambatan potensial lain untuk berhasil memasangkan adalah gangguan dari perangkat yang menggunakan spektrum yang sama, seperti router WiFi Anda. WiFi telah dirancang untuk mengatasi hal ini, tetapi mungkin bukan ide yang baik untuk menempatkan perangkat Anda langsung di atas router.

10. Menjauh dari perangkat rumah pintar Anda

Beberapa perangkat rumah pintar menggunakan teknologi nirkabel yang disebut Zigbee. Anda menemukan Zigbee di hub rumah pintar, termasuk Amazon Echo Show dan Echo Plus, serta berbagai kunci pintu pintar, bola lampu, sakelar di dinding, sensor buka/tutup, colokan, dan banyak lagi. Seperti WiFi, perangkat Zigbee menggunakan spektrum yang sama dengan perangkat Bluetooth dan dapat mengganggu pemasangan. Jauhi perangkat Zigbee Anda saat mencoba memasangkan. 

11. Menjauh dari port USB 3.0

Interferensi dari USB 3.0 juga dimungkinkan. Laptop yang lebih baru, misalnya, sering kali memiliki port USB 3.0 berkecepatan lebih tinggi, jadi jika koneksi tidak terjadi, coba pasangkan gadget Bluetooth Anda jauh dari komputer.

12. Pastikan perangkat yang ingin Anda pasangkan dirancang untuk terhubung satu sama lain 

Baik itu headset, speaker, mouse, keyboard, kamera, atau lainnya, perangkat Anda memiliki profil khusus yang menjelaskan apa yang dapat dihubungkan dengannya. Jika Anda tidak yakin, periksa manual pengguna.

13. Unduh driver

Jika Anda mengalami masalah memasangkan sesuatu dengan PC Anda, Anda mungkin tidak memiliki driver yang tepat. Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan pencarian online untuk nama perangkat yang Anda coba pasangkan bersama dengan kata "driver."

14. Perbarui firmware perangkat keras

Beberapa sistem audio otomotif diketahui tidak dapat dipasangkan dengan ponsel karena driver Bluetooth dalam sistem ini tidak berfungsi dengan Bluetooth 4.0. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara mendapatkan firmware terbaru untuk perangkat keras Anda, hubungi produsen perangkat.

15. Batasi data yang dibagikan antar perangkat

Perangkat Android dan Windows memungkinkan Anda memilih informasi yang Anda bagikan antar perangkat. Jadi, misalnya, Anda dapat memilih untuk berbagi audio ponsel, audio media, kontak, dan pesan teks dengan mobil Anda. Jika Anda tidak perlu membagikan semua data, membatalkan pilihan satu atau beberapa jenis informasi dapat memungkinkan perangkat untuk dipasangkan. 

Untuk perangkat Android 10, buka Pengaturan > Perangkat yang terhubung dan pilih perangkat. Jika ada opsi untuk dipilih, itu akan muncul. Untuk Windows, buka Control Panel > Hardware and Sound > Devices and Printers > klik kanan pada perangkat Bluetooth yang dimaksud dan pilih Properties. Kemudian pilih tab Layanan untuk memilih jenis informasi yang akan dibagikan.

16. Hapus cache Bluetooth

Terkadang aplikasi akan mengganggu operasi Bluetooth dan membersihkan cache dapat menyelesaikan masalah. Untuk ponsel Android, buka Pengaturan > Sistem > Lanjutan > Atur Ulang Opsi > Atur Ulang Wi-fi, Seluler & Bluetooth. Untuk perangkat iOS dan iPadOS, Anda harus melepas semua perangkat Anda (buka Pengaturan > Bluetooth, pilih ikon info dan pilih Lupakan Perangkat Ini untuk setiap perangkat) lalu mulai ulang ponsel atau tablet Anda.

Baca Juga : Cara Menggunakan Headset Bluetooth i12

Tidak semua perangkat nirkabel menggunakan Bluetooth

Ingatlah bahwa tidak semua perangkat nirkabel menggunakan Bluetooth. Alternatif termasuk spesifikasi Wireless Gigabit, Wireless HD, ANT+, ZigBee, NFC serta Wi-Fi Direct. Teknologi lain ini biasanya tidak akan berfungsi dengan ponsel, tablet, atau PC Anda tanpa beberapa jenis perangkat keras tambahan.

Oke sobat Montirbox, itu tadi 16 penyebab kenapa headset bluetooth tidak terdeteksi, mudah-mudahan salah satunya yang Montirbox paparkan diatas adalah salah satu kendala yang sobat alami Kenapa headset bluetooth tidak terdeteksi pada perangkat Anda.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close